10 Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami

Posted on

ArenaWanita.comCara merawat rambut rusak secara alami sebenarnya sangat mudah. Faktanya, ada banyak rambut rusak di sekitar kita. Bukan hanya karena perlakuan yang tidak semestinya seperti mengecat, meluruskan, atau mengeriting rambut.

Lebih dari itu, rambut rusak juga bisa dikarenakan terlalu sering terkena panas sinar matahari, terlalu sering terkena zat polutan dan debu, atau kelewat sering keramas menggunakan shampo yang salah.

Jika rambut Anda dalam kondisi rusak, berikut ini adalah 10 jurus merawat rambut rusak yang bisa Anda lakukan.

1. Tonik cuka apel

Oleskan campuran 1-1 dari air hangat dan cuka sari apel pada rambut Anda. Bilas secara menyeluruh dengan menggunakan air mengalir setelah 5 menit untuk menyingkirkan bau sari apel.


2. Terapi terapi baking soda

Terapi terapi baking soda

Buat campuran dari 3 sdm baking soda dan air. Bilas rambut Anda dengan ramuan ini setelah keramas. Biarkan untuk sementara waktu, minimal selama 5 menit sebelum bilasan akhir dengan air bersih yang netral. Terapi ini akan membantu menghilangkan kelebihan shampo dan produk styling dari rambut Anda.

3. Labu Labu Botol

Oleskan ekstrak beberapa jus labu botol pada rambut Anda. Biarkan ramuan ini menempel pada rambut selama setengah jam, lalu cuci secara menyeluruh dengan air bersih.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun

Oleskan campuran madu dengan minyak zaitun pada rambut. Gunakan jari jemari Anda untuk meratakannya ke seluruh helai rambut, biarkan selama 2 jam sebelum Anda keramas dengan shampo.

5. Amla

Sebagai salah satu cara merawat rambut rusak secara alami, amla bisa diandalkan. Amla adalah sejenis buah yang banyak digunakan sebagai obat di India. Pohonnya mirip tanaman cereme, dengan nama ilmiah Phyllanthus emblica.

Untuk penggunaan sebagi perawatan rambut, ambil setengah cangkir bubuk amla, tambahkan dua sendok makan minyak jarak dan satu buah telur penuh dan buat menjadi campuran halus. Oleskan pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama sekitar 30 menit sebelum keramas.

6. Hindari Air Panas

Hindari Air Panas

Jangan keramas menggunakan air panas, karena akan membuat rambut kering dan rapuh, akibat hilangnya minyak pelindung dari rambut. Jika memang sangat membutuhkan mandi dengan air panas, atur suhu yang hanya sedikit lebih hangat daripada suhu tubuh Anda.

7. Pengobatan telur

Gunakan telur utuh untuk pemulihan rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut kering atau rapuh, gunakan putih telur untuk melembabkan rambut Anda. Gunakan ½ cangkir setiap campuran telur (putih telur, telur keseluruhan) dalam keadaan rambut basah. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin.

8. Kondisioner madu

Kondisioner madu

Inilah salah satu cara merawat rambut rusak secara alami yang cukup efektif. Oleskan campuran 1 cangkir kondisioner Anda dengan 2-3 sendok makan madu pada rambut. Diamkan selama 30 menit, lalu cuci secara menyeluruh. Campuran ini akan menutup kutikula rambut Anda dan memberikan rambut Anda yang bersinar menakjubkan.

9. Bubuk henna

Cara merawat rambut rusak secara alami menggunakan bubuk henna banyak dilakukan wanita-wanita India. Buatlah campuran dari satu cangkir bubuk henna yang telah dicampur satu sendok makan air jeruk nipis dan sebutir putih telur. Oleskan campuran ini pada rambut, biarkan selama kurang lebih setengah jam dan kemudian keramas dengan shampo.

10. Kuning telur

Kuning telur

Campuran madu ½ cangkir, 1-2 sdm minyak zaitun dan 1-2 sdm kuning telur yang dioleskan merata pada rambut dapat membantu mengisi obligasi protein keratin rambut yang rusak karena terkena debu, zat polutan, dan sinar matahari.

Itulah 10 cara merawat rambut rusak yang bisa Anda lakukan. Anda mau mencobanya? Bersiaplah mendapatkan rambut sehat melalui cara merawat rambut rusak secara alami.


Kata Kunci Halaman Ini:

cara menjadi wanita tercantik, Tips agar bayi tidak menangis di malam hari, cara membersihkan jerawat, CARA MENDEKATI YANG KITA CINTA, makanan yg baik untuk anak dua tahun, mode rambut terbaru untuk wanita bermuka bulat