3 Tempat Kuliner Legendaris di Jakarta yang Wajib Kamu Coba

Posted on

ArenaWanita.com – Jakarta penuh dengan beragam tempat makan. Beberapa rumah makan mampu melewati ujian waktu dan bisa bertahan sampai sekarang. Rasa yang lezat menjadi kunci utama kuliner yang dijajakan, diburu pengunjung dari berbagai generasi. Berikut ini adalah 3 tempat kuliner legendaris di Jakarta yang wajib kamu coba.

Mie Ayam Yunus

Salah satu kuliner legendaris yakni Mie Ayam Yunus. Ini salah satu mie ayam terpopuler di Jakarta. Mie Ayam ini terletak di Jalan Tebet Barat Dalam, kondisinya selalu penuh setiap harinya. Menu rakyat mie ayam menjadi istimewa di tangan Yunus. Usaha mie ayam ini pertama kali dirintis oleh ayah Bapak Yunus (pemilik Mie Ayam Yunus) pada tahun 1940an.

Dalam sehari warung mie ayam Yunus butuh sekitar 50 kilogram ayam dan 100 kilogram mie. Menu favorit di tempat ini yakni Mie Ayam Bakso Special dengan harga per porsinya sekitar Rp 20.000,-. Daging yang lembut dan mie yang kenyal menjadi kunci pengunjung untuk kembali ke tempat ini.

Mie Ayam Yunus

Kuah mie terbuat dari rebusan tulang dan sumsum sapi. Di warung ini juga masih menggunakan sambel cabe putih, dimana ini membuat rasa mie ayam kian khas. Rasa yang khas membuat pengunjung jatuh hati dan setia untuk selalu kembali ke warung makan ini. Warung mie ayam ini juga ternyata menjadi langgangan beberapa selebritis tanah air.

Ketan Susu Kemayoran

Ketan Susu Kemayoran

Kuliner legendaris ada juga di kemayoran yaitu Ketan Susu Kemayoran. Warung ini berdiri sejak tahun 1958. Saat ini usaha tersebut dipegang oleh generasi ke tiga. Menu ketan susu sekarang sudah berbeda dengan ketan susu yang pertama kali dijual disini. Bedanya yakni dulu ketan tidak disajikan dengan susu.

Menyantap ketan susu biasanya ditemani dengan tempe dan juga teh poci. Kombinasi ketiganya membuat rasa kian jadi nikmat. Setiap hari warung ini menghabiskan 100 kilogram ketan dan 96 kaleng susu. Harga per porsi ketan susu adalah Rp 3.500, rata-rata kebanyakan orang memesan dua porsi ketan susu untuk sekali makan.

Restoran Miranda

Restoran Miranda

Restoran legendaris lain terletak di jalan Basuki Menten, Jakarta Pusat. Jendela antik dan lampu tua menjadi ciri khas restoran yang satu ini. Pengunjung seakan diajak berjalan mundur ke masa lalu.

Restoran ini awalnya bernama Tan Gui. Berdiri 45 tahun lalu. Nama Tan Gui diambil dari nama pendirinya Tan dan Gui. Pada tahun 1998 berganti nama menjadi Miranda. Restoran ini dijalankan oleh generasi kedua.

Baca juga:

Ada 6 menu special di tempat ini. Salah satunya yakni Steak Lidah Sapi. Steak disajikan dengan saos kental gurih, irisan daging lembut juga dipadukan dengan beragam sayur. Steak ini mampu menjadi magnet bagi para pengunjung.

Demikianlah beberapa tempat makan dan kuliner legendaris di Jakarta yang bisa ArenaWanita informasikan kepada AW’ers. Silakan coba satu-satu tempat legendaris tersebut dan jangan lupa bungkus untuk staff ArenaWanita.

Kata Kunci Halaman Ini:

kuliner legendaris jakarta, makanan legendaris di jakarta, restoran legendaris jakarta