4 Bahan Makanan Berikut Ternyata Bisa Mencegah Nyeri Haid

Posted on

ArenaWanita.com | Bahan Makan Pencegah Nyeri Haid – Bagi para remaja putri dan wanita cukup dewasa tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah nyeri haid. Rasa tidak nyaman yang disertai dengan kembung, sakit kepala, sakit punggung dan mual adalah serangkaian gejala yang biasanya dialami wanita ketika sedang menstruasi. Hal ini terjadi akibat kontraksi otot dinding rahim sehingga terjadi peluruhan dinding rahim.

Disamping adanya rangsangan ke otak dari sel telur pada ovum juga menjadikan nyeri haid seringkali disertai dengan gejala emosional. Nyeri haid biasanya muncul 2 sampai 4 hari sebelum haid, bahkan ada yang seminggu sebelum haid.

Untuk beberapa wanita, nyeri haid bahkan dirasakan begitu parah hingga tidak dapat melakukan aktivitas keseharian. Padahal jika dibarengi dengan aktivitas olahraga saat haid, biasanya rasa nyeri akan terlupakan dan sirna dengan sendirinya. Namun, disamping itu untuk mengatasi nyeri haid sudah banyak tersedia obat-obatan yang bisa dengan segera mengatasi rasa nyeri yang mengganggu itu.

Akan tetapi bila anda khawatir akan efek samping dari obat-obatan kimia tersebut, tak ada salahnya anda mencoba beberapa bahan makanan pencegah nyeri haid berikut ini. Apa sajakah bahan-bahan makanan itu? Berikut informasinya.


  • Ikan

Bahan Makan Pencegah Nyeri Haid Ikan

Bahan makanan pertama pencegah nyeri haid adalah ikan. Berdasarkan penelitian, konsumsi minyak ikan 6 gram perhari dapat mengurangi rasa nyeri pada saat haid. Lemak ikan seperti omega 3 bersama dengan vitamin D dapat mengurangi rasa nyeri karena menstruasi. Kedua zat alami ini memiliki zat anti inflamasi yang membantu menenangkan kram dan kembung saat menstruasi.

Bahkan menurut penelitian Harvard and McLean Hospital omega 3 mampu berperan seperti anti depresi. Adapun ikan yang sangat baik dianjurkan untuk mengatasi nyeri haid anda adalah ikan-ikan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi seperti ikan salmon. Disamping omega 3 dan vitamin D, ikan juga mengandung banyak zat besi. Perlu anda ketahui umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10 mm hingga 80 mm perhari, tetapi biasanya dengan rata-rata 35 mm perharinya. Jadi jangan ragu untuk makan ikan ya selama haid.

  • Nanas

Bahan Makan Pencegah Nyeri Haid Nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang dipercaya dapat membantu meredakan nyeri dan kram saat menstruasi. Kita dapat mengkonsumsinya secara langsung atau membuat jus nanas untuk membantu meredakan kram dan nyeri otot pada saat menstruasi. Seperti kita ketahui sebelumnya, kram menstruasi disebabkan oleh kontraksi rahim yang membantu melepaskan lapisan dinding rahim dari tubuh. Pada nanas terdapat banyak kandungan bromelain yang bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot yang kram.

Khasiat enzim bromelain pada nanas memang sudah lama dikenal sebagai anti radang yang sangat ampuh. Selain untuk menghilangkan nyeri haid, konsumsi nanas secara teratur terutama dalam bentuk jus 1 setengah cangkir sehari, bermanfaat untuk meringankan nyeri sendi pada osteoarthritis. Dokter-dokter di Jerman sepakat untuk menjadikan bromelain sebagai obat pasca cedera. Hal ini karena sifat anti inflamasinya yang mengurangi pembengkakan.

  • Pisang

Bahan Makan Pencegah Nyeri Haid Pisang

Bahan makanan yang juga berkhasiat sebagai pencegah nyeri haid adalah pisang. Biasanya pisang dianjurkan untuk meringankan kram otot setelah berolahraga. Dengan logika yang sama, pisang juga bisa membantu menenangkan nyeri otot tentu selama menstruasi. Banyaknya kandungan potassium dan magnessium dalam buah pisang bisa mengurangi nyeri haid. Kandungan potassium pada pisang dapat menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh.

Pisang memang dikenal sebagai sumber potassium yang tinggi. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 400 mg mineral tersebut. Potassium merupakan mineral yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan menjaganya dari penembala. Orang dewasa perlu mengasup 4.700 mg potassium setiap harinya. Studi menunjukan, meningkatkan asupan potassium dan mengurangi sodium dapat mengurangi resiko struk sebanyak 21 % dan juga resiko penyakit jantung. Oleh karena itu disarankan untuk makan pisang yang kaya dengan melatonin sebelum tidur yang bisa mengatur ritme alami tubuh.

  • Teh Herbal

Bahan Makan Pencegah Nyeri Haid Teh Herbal

Minum teh pastinya hal yang menyenangkan untuk dilakukan setiap harinya. Dan ternyata hanya dengan minum teh yang menyenangkan tersebut, kita bisa mengatasi masalah yang selalu menghantui para wanita setiap bulannya. Tetapi tidak semua teh tentunya, beberapa teh herbal seperti teh hijau atau teh pepermint lah yang dipercaya mampu memperlancar aliran darah didalam tubuh saat menstruasi. Selain itu teh herbal seperti teh hijau dan teh pepermint sudah lama dikenal bisa meringankan kram mensturasi, sehingga nyeri menstruasi anda dapat hilang.

Tambahan lagi dengan meminum teh herbal ini bisa membantu mengatasi keluhan kembung. Bila sulit menemukan daun pepermint, ada satu jenis daun rempah juga yang bisa anda manfaatkan sebagai teh herbal untuk mengatasi nyeri haid, yakni daun peterseli. Anda cukup merebus dalam air panas selama 20 hingga 30 menit lalu diminum. Bisa juga ditambahkan sedikit gula saat meminumnya. Jika dilakukan secara rutin, maka rasa sakit akibat nyeri haid atau penyakit dismenorrhoe akan mulai berkurang dan membaik.

Demikian beberapa bahan makanan pencegah nyeri haid. Selain mengkonsumsi bahan makanan tersebut, olahraga ringan juga bisa membantu meredakan sindrom pramenstruasi. Joging atau sekedar jalan-jalan selama 30 menit sudah cukup untuk mengalihkan perhatian terhadap rasa nyeri maupun mengubah komposisi hormonal, sehingga nyerinya itu sendiri benar-benar berkurang. Selamat mencoba.