5 Cara Komunikasi yang Baik Dengan Bayi

Posted on

ArenaWanita.com | 5 Cara Komunikasi yang Baik Dengan Bayi | Mengobrol dengan bayi mungkin kedengarannya aneh. Orangtua pun tak ajarang yang canggung melakukannya dikarenakan mereka menganggap bayi tidak akan paham atau peduli serta tidak mampu merespon apa yang dibicarakan.

Memang benar, ia tentu belum memahai kata-kata, namun memberikan rangsang atau stimulus bicara ini mampu meningkatkan kemampuan verbalnya.

Pentingnya berkomunikasi dengan bayi adalah untuk merangsang otaknya agar menyerap banyak kosakata yang nantinya digunakan sebagai bahasa ibu saat ia sudah bisa bicara. Untuk mempermudah anda berkomunikasi dengan buah hati anda, berikut ini beberapa 5 cara komunikasi yang baik dengan bayi.

Komunikasi yang Natural

Berkomunikasilah sewajar mungkin. Jangan sampai anda berkomunikasi dengannya hanya karena tuntutan peran sebagai orangtua. Namun pada dasarnya para orangtua sudah dibekali kemampuan secara alami ketika mereka punya anak. Rasa cinta dan kasih sayang terhadap anak inilah yang akan membuat orangtua mampu berkomunikasi dengan anak, tidak hanya melalui bahasa verbal namun juga sentuhn, pelukan dan lain sebagainya.

Sering Ajak Bayi Anda Mengobrol

Walaupun ia belum memahami kalimat anda, namun hal ini tetap perlu dilakukan agar keapuan verbalnya juga terasah. Ajak ngobrol tentang apa saja yang baik, misalnya saat anda menyusui, tanyakan kabarnya, apakah dia sudah nyaman saat anda menyusuinya, dan lain sebagainya.

Cara Komunikasi yang Baik Dengan Bayi

Penggunaan Kalimat yang Baik

Maksudnya di sini adalah anda cukup menggunakan kalimat pendek sederhana namun kaya akan makna terlebih dahulu. Ini bertujuan agar bayi lebih cepat memahami maksud ucapan anda. Jangan dulu menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Atau pilih saja satu kata yang menjelaskan tentang sesuatu.

Hindari Kalimat Negatif

Jangan sekalipun anda mengucapkan kata atau kalimat yang berarti buruk atau jorok. Bayi akan mudah sekali mnyerap setiap kata yang dia dengar. Sehingga ketika anda mengobrol dengan siapapun, hindari menggunakan kata yang tidak baik yang bisa di dengar bayi.

Hindari Penggunaan Empeng

Kesalahan yang cukup fatal adalah dengan memberi empeng pada bayi. Karena bayi yang terlalu lama menggunakan empeng cenderung memiliki perkembangan bahasa yang lebih lambat.

Baca juga:

Demikian informasi tentang 5 cara komunikasi yang baik dengan bayi. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda.

Kata Kunci Halaman Ini:

cara berkomunikasi dengan bayi, kata yg baik untuk bayi, bagaimana cara bayi berkomunikasi?, cara berkmunikasi dengan bayi dan batita, cara berkomunikasi dg bayi, cara berkomunikasi yang baik, cara kominkasi dalam inggeris kepada bayi, cara komunikasi dengan bayi

Baca Juga: