5 Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami dari Tanaman Herbal

Posted on

ArenaWanita.com | Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami dari Tanaman Herbal – Kebersihan adalah sebagian dari iman. Ya, ungkapan itu memang menunjukkan bahwa kebersihan memang sangat penting dalam kehidupan ini.

Bersih tidak hanya berarti bersih dalam artian tanpa hal-hal yang mendukungnya seperti wangi. Bersih dan wangi saat ini sudah menjadi satu paket. Seperti halnya pengharum ruangan yang menambah dan mendukung kesan bersih pada suatu ruangan.

Pengharum ruangan akan memberi efek yang menenangkan tergantung dari aromanya. Pengharum ruangan sebelumnya lebih dipopulerkan dengan pengharum seperti aroma terapi yang digunakan untuk salon-salon dan pusat kebugaran untuk memberi efek menenangkan. Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai cara membuat pengharum ruangan:

  • Didihkan, yaitu rebus rempah-rempah beraroma harum seperti batang kayu manis, cengkeh, vanilla atau juga rosemary ke dalam pot atau kendi yang terbuat dari tanah liat. Pada saat direbus, akan menghasilkan uap panas yang beraroma sedikit agak pedas. Jika ingin menghasilkan wangi yang segar, bisa tambahkan dengan potongan buah jeruk atau lemon.
  • Tanam, yaitu tanam aromatik seperti mawar, melati, dan sebagainya. Bisa ditanam di dalam rumah dan akan menghasilkan wangi yang cukup intens. Tanaman herbal lainnya juga bisa dicoba seperti rosemary dan minta yang pada dasarnya mudah rubuh di dalam ruangan meskipun harumnya tidak sekuat bunga-bungaan.

Pengharum Ruangan Alami dari Tanaman Herbal


  • Potpourri yaitu menciptakan pengharum ruangan alami dengan potpourri terbilang mudah. Dengan metode ini dipercaya dapat cepat menimbulkan bau harum. Potpourri sendiri merupakan mangkuk yang berisi berbagai macam bunga-bungaan dan herbal kering. Jika ingin menambah aroma lain bisa menambah bunga mawar, lavender, peppermint, batang kayu manis, rosemary, chamomile, dan sebagainya. Juga bisa menambahkan wangi buah-buahan seperti lemon kering atau juga kulit jeruk. Pastikan semua bahan sudah benar-benar dikeringkan sebelum dicampurkan. Lalu, tempatkan potpourri di meja ruang tamu, atau di tempat strategis lainnya.
  • Sachet, yaitu membuat sachet pengharum ruangan sendiri. Caranya, gunakan kantung kecil dari kain dan isi dengan herbal dan juga bunga kering, seperti bunga lavender, sparmint, daun Ade dan sebagainya cocok untuk menyegarkan ruangan. Nah, sachet ini bisa ditaruh di mesin pengering untuk membuat cucian lebih wangi. Namun, bisa juga ditaruh di laci meja atau lemari, lemari pakaian, atau digantungkan di gorden, dan juga di kotak penyimpanan. Tidak hanya untuk pengharum saja, namun seperti aroma lavender bisa untuk mengusir hama dan ngengat.

Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami dari Tanaman Herbal

  • Bubu Karpet, yaitu kotoran-kotoran yang ada di kaki atau sepatu yang masuk ke dalam rumah terutama yang berkarpet akan mengotori karpet dan menimbulkan bau yang tidak sedap, bukan? Apalagi kita tidak punya waktu untuk membersihkan karpet tersebut. Nah, cara praktisnya adalah dengan memberi bubuk wangi. Caranya, campurkan enam bagian Banking soda, tiga bagian lavender kering, dan satu bagian tepung maizena ke dalam toples. Lalu, diamkan selama beberapa hari, dan setelah itu taburkan di atas karpet. Diamkan sekitar 1 jam. Setelah itu bersihkan dengan penyedot debu dan lihat hasilnya akan sangat memuaskan.

Kata Kunci Halaman Ini:

cara membuat pengharum ruangan alami dan bisa mengusir nyamuk, cara membuat pengharum ruangan dengan cara sederhana, cara membuat pengharum ruangan sederhana, cara membuat pengharum ruangan kayu wangi, cara membuat pengharum ruangan dari bunga dan daun kering, tips dan cara mempercantik dan memperindah kelas, cara membuat pengharum herbal, cara membuat parfum ruangan dari rempah rempah, cara membuat mesin pengahrum raungan sendiri, cara membuat aroma terapi pengharum ruangan