5 Kesalahan Saat Menjalani Diet

Posted on

ArenaWanita.com5 Kesalahan Saat Menjalani Diet | Umumnya yang namanya diet selalu identik dengan turun berat badan, dan bonusnya adalah pola hidup yang sehat. Yuk segera rubah paradigma diet yang terbalik seperti itu. Sebenarnya diet sengaja dirancang untuk dapat memperbaiki dan mengatur pola makan yang acak-acakan akibat aktivitas kita.

Mari kita luruskan sejenak mindset awal diet. Diet sejak awal sudah ditujukan untuk dapat menjadikan gaya hidup kita jauh lebih sehat, maka dengan begitu yang namanya berat badan pasti akan turun dengan sendirinya sampai berhenti di bobot yang paling ideal.

Sebetulnya ketika diet, sering sekali ditemukan orang yang melakukan kesalahan diet seperti dibawah ini. Penasaran kesalahannya apa saja. Langsung saja baca 5 kesalahan saat menjalani diet dibawah ini.

 1. Jangan Selalu Memforsir Diri Sendiri

Baik, kita langsung saja buka dengan kesalahan yang pertama. Kesalahan pertama yakni, AW’ers selalu tidak pernah merasa sabar dengan yang namanya proses, sehingga pasti akan memilih untuk cara yang praktis dan cepat. Apakah sadar bahaya apa yang mengancam jika AW’er tidak makan, lalu minum obat untuk melangsingkan tubuh, dan diet super ketat. Hati-hati karena dengan cara seperti itu maka bisa dipastikan jika daya tahan tubuh malah akan cepat turun.

Alangkah baiknya jika AW’ers melakukan diet dengan cara bertahap. Tapi dari semua itu, yang terpenting adalah konsisten terhadap komitmen awal agar bisa hidup dengan sehat. Sekali lagi, jangan mencoba untuk diet yang ekstrim, karena umumnya diet cara seperti akan selalu diakhiri dengan dirawat di rumah sakit.

 2. Salah Fokus

Nah, kesalahan yang kedua adalah AW’ers sudah lupa dengan tujuan awal diet yang sebenarnya. Kebanyakan orang sangat berharap diet dapat menurunkan berat badan yang sesuai dengan apa yang diinginkannya. Sehingga melihat arah jarum timbangan menunjuk kearah kiri selalu menjadi sebuah harapan yang besar.

Perlu AW’ers ketahui jika berat badan berkurang bukan berarti sehat. Bisa saja terjadi kesalahan yang diakibatkan oleh kesalahan saat menjalani proses diet. Contohnya adalah kesalahan pola dan gaya makan., dimana dapat AW’ers seringkali mengalami nyeri lambung atau dehidrasi. Jadi cobalah fokus untuk pola hidup yang sehat, bukan untuk berat badan.

5 Kesalahan Saat Menjalani Diet

3. Tidak Mendapat Dukungan Dari Keluarga juga Teman

Pasti AW’ers sering melihat orang yang diet, tapi tidak mendapat dukungan dari orang-orang yang terdekat. Sudah pasti program dietnya akan gagal. Walaupun cuma berbentuk support saja, hal tersebut sangatlah penting untuk menentukan sukses tidaknya diet.

Teman ataupun keluarga yang memberikan dukungan lebih, malah dapat ikut-ikutan melakukan kebiasaan hidup sehat yang sedang anda kerjakan. Tapi walaupun tidak, sebenarnya yang namanya dukungan sangat bisa memperingan tekanan pikiran yang muncul ketika menjalani diet.

4. Kurang Ambisi

Terkadang adanya  dorongan agar dapat sehat dan langsing itu sangatlah besar dipikiran dan omongan, tapi yang terpenting itu adalah actionnya dan konsistensinya. Jika AW’ers memang serius dalam hal diet, maka coba buat sebuah rencana jangkan pendek dan panjang, supaya diet bisa dijalani dengan serius.

5. Jenis Makanan Yang AW’ers Konsumsi

Saat AW’ers sering merasa ngantuk dan mudah lemas ketika diet, harap perhatikan. Karena ciri-ciri tersebut merupakan tanda dari tubuh yang berarti sistem metabolisme AW’ers dalam keadaan buruk.

Metabolisme yang mengalami proses pelambatan dapat diakibatkan karena AW’ers lebih memilih menahan lapar ketika diet ataupun dengan tidak memakan buah dan sayur. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba pola makan 6 x sehari dibarengi dengan variasi makanan yang mengandung serat tinggi supaya metabolism untuk tubuh tetap terjaga dengan baik.

Bagaimana AW’ers sudah pahamkan dengan tulisan mengenai 5 Kesalahan Saat Menjalani Diet diatas ? Sebenarnya ada ga sih tips aman untuk diet ? Mungkin tulisan mengenai 8 Tips Diet Aman dan Berkelanjutan bisa menjadi bahan acuan untuk AW’ers. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: