5 Kuliner Serba Bulat yang Sedap dan Nikmat

Posted on

ArenaWanita.com | Kuliner Serba Bulat – Kekayaan kuliner di Indonesia memang tidak diragukan lagi yaa, mulai dari makanan Tardisional sampai makanan yang sudah berakulturasi dengan budaya luar negeri. Tapi ulasan yang berikut kami pilihkan yaitu kuliner makanan yang bentuknya bulat. Apa saja kira-kira?


Siapa yang tidak suka bakso hampir seluruh masyarakat Indonesia menyukai daging yang diolah dan dibentuk bulat-bulat ini. Konon bakso itu berasal dari bahasa Cina yang terdiri dari dua kata yakni Ba dan So, Ba artinya daging sedangkan So artinya seperti air sup atau kuah. Konon pula bakso sudah ada sejak akhir masa Dinasti Ming atau sekitar awal abad ke 17.

Menurut cerita, awalnya ada seorang pemuda daerah Puso yang berkreasi mengolah daging agar sang bunda yang sudah tua bisa mengunyah daging dengan mudah maka si pemuda melumatkan daging dan membentuknya menjadi bulat-bulatan. Maka si pemuda melumatkan daging dan membentuknya menjadi bulatan-bulatan. Sang bunda pun bisa menyantap daging lagi dan daging bulat itupun dijual dan mulai terkenal.

Kini bakso di Indonesia sudah lebih bervariasi ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, udang dan lainnya. Ada juga nih bakso yang berisi urat telur, keju, olahan cabe dll. Masyarakat Indonesia biasanya menyajikan bakso dicampur dengan mie bihun, tahu, telur dengan taburan seledri dan potongan daun bawang dan bawang goreng.

Bakso

Bakso

Kini kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat bakso adalah Solo dan Malang bahkan sampai disebut bakso Malang.

Tahu Bulat

Tahu Bulat

Kalo biasanya kita lihat tahu berbentuk kotak kalau yang ini tahunya berbentuk bulat. Karena bentuknya ini, tahu inipun terkenal dengan nama tahu bulat. Tahu bulat awalnya adalah hasil kreasi seorang warga di Tasimalaya Jawa barat. Beliau mencoba memodifikasi bentuk tahu berbeda dengan betuk tahu pada umumnya. Buah coba-coba itu ternyata mendatangkan keuntungan. Diawal tahun 2000-an, si pembuat mencoba menjual tester dari tahu bulat buatannya dan mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat. Tahu bulat langsung memilki pelanggan karena rasanya yang enak dan bentuknya yang tidak biasa.

Masyarakat berbondong-bondong membeli tahu bulat sampai harus mengantri, ini karena proses menggoreng tahu bulat cukup lama yakni sekitar 15 menit. Kini sudah banyak nih para pembuat tahu dan penjual tahu bulat terutama di wilayah Jawa.

Onde-Onde

Onde-Onde

Si bulat selanjutnya adalah onde-onde. Onde-onde juga penganan Indonesia yang berasal dari Tiongkok yang disebut ludu atau jindou. Zaman dahulu kue ini merupakan kue resmi di daerah Canghan atau Shian. selanjutnya kue ini dikenal luas hingga daerah Asia Timur dan Asia tenggara. Tak hanya Indonesia, negara Asia seperti Malaysia, Vietnam dan Filipina juga mengenal onde-onde dengan nama yang berbeda-beda.

Onde-onde yang terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang kemudian diberi isian berupa pasta kacang hijau. Setelah adonan  dan diberi pastah kacang hijau dibentuk bulat kemudian digulingkan kedalam wijen lalu digoreng. Kini isian onde-onde tidak hanya kacang hijau tapi ada juga yang mengisinya dengan keju pasta cokelat hingga pasta durian bahkan ada yang menggunakan tepung gandum sebagai bahan utamanya. Onde-onde dari tepung gandum ini adalah onde-onde khas daerah Solo Jawa Tengah. Ukuran besarnya pun variatif ada yang kecil, sedang sampai ukuran jumbo.

Klepon

Klepon

Berikutnya ada cemilan tradisional yang populer tak hanya di Indonesia namun di beberapa negara Asia lainnya. Klepon adalah kueh berbahan ketan diisi dengan gula kelapa atau gula merah cair dan direbus, kemudian digulingkan dalam parutan kelapa. Klepon berwarna hijau karena dicampur dengan pasta yang terbuat dari daun pandan. Berbeda dari masyarakat Jawa menyebut kue ini klepon, masyarakat Sumatera menyebut kue ini onde-onde. Untuk makan klepon harus hati-hati ya karena saat baru direbus biasanya berisi gula kelapa cair panas dan akan muncrat ketika kita menggigitnya. Tapi disitulah sisi serunya. Klepon yang cukup terkenal berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Biasanya klepon dijual di pinggir- pinggir jalan kota kecil.

Kacang Salut

Kacang Salut

Kuliner serba bulat yang terakhir adalah kacang salut. Kacang salut adalah kacang tanah yang dibalut dengan tepung dan mempunyai rasa yang sangat gurih. Kacang ini dikenal dengan nama lain seperti kacang atom atau kacang sukro.

Baca juga:

Kacang salut adalah pengembangan prodak kacang tanah yang dilakukan salah satu perusahaan yang memproduksi cemilan kacang di Indonesia. Proses pembuatan kacang salut ini berawal dari kacang tanah yang sudah dilepas dari kulitnya, kemudian digiling dengan adonan. Dalam proses  penggilingan kacang diberi taburan tepung kemudian kacang digoreng dan siap disantap. Kacang biasa disantap masyarakat Indonesia disaat segar dengan ditemani minuman ringan atau kopi.

Diatas tadi adalah penjelasan mengenai 5 Kuliner Serba Bulat yang Sedap dan Nikmat. Semoga bermanfaat yah AW’ers.


Kata Kunci Halaman Ini:

peyek kacang