5 Langkah Mudah Membuat Dapur Selalu Bersih Bersinar

Posted on

ArenaWanita.com | Langkah Mudah Membuat Dapur Selalu Bersih Bersinar – Setiap rumah memiliki bagian terpentingnya masing-masing. Salah satu bagian terpenting dalam sebuah rumah adalah dapur. Ya, dapur memang menjadi ruangan yang patut diperhatikan kebersihannya, karena digunakan setiap kali memasak dan kotoran yang menempel pun pasti banyak di sana.

Apalagi jika orang rumah tersebut hobi memasak pastinya dapur akan sangat sering dipakai. Belum lagi jika memiliki kesibukan, urusan bersih-bersih dapur menjadi tak tersentuh. Untuk itu perlu waktu membersihkan dan berikut tipsnya:

  • Gantung dan simpan, maksudnya adalah menjaga dapur memang bukan pekerjaan yang gampang. Cukup rajin membersihkan dan merawat perabotan yang ada di dapur kita sudah bisa menjaga dapur agar tetap indah dan bersih. Misalnya dimulai dengan menata rapi perabotan, membersihkan rak dan dindingnya. Agar tidak terlihat penuh, taruh beberapa perlengkapan di rak yang tertutup atau bisa juga digantung di dinding.
  • Langsung bersihkan peralatan masak setelah dipakai, maksudnya adalah noda-noda sisa masakan tentunya akan sangat sulit dibersihkan jika dibiarkan begitu saja. Maka, bersihkanlah perabotan-perabotan seperti coffemaker, mixer, blender, penggorengan, dan sebagainya. Ingat, haruslah teratur membersihkannya.
  • Bersihkan tempat cuci piring setiap harinya, maksudnya kadang setelah selesai masak kita lupa untuk membersihkan area wastafel dan kompor. Padahal aren itu yang paling rentan kena noda. Maka, rutinlah untuk membersihkan aren tersebut karena jika tidak akan banyak kuman dan bakteri yang bersarang di sana.

Langkah Mudah Membuat Dapur Selalu Bersih

  • Bersihkan lemari es secara berkala, maksudnya karena hampir sebagian besar bahan-bahan masakan dimasukkan ke dalam lemari es maka jadikan prioritas untuk membersihkannya. Hal pertama yang dilakukan adalah cairkan bunga esnya dan bersihkan lemari es dengan lap yang sudah dibasahi dengan deterjen. Buang bahan makanan yang sudah rusak atau kedaluwarsa. Gantungkan kantong Banking soda di dalamnya agar tetap segar. Beri Hasan gantungan magnet agar terlihat menarik.
  • Bersih Bersinar, ya secara umum perhatikan tiap detail ketika membersihkan dapur. Seperti tempat cuci piring, rak piring, oven, lemari es, meja makan, dan juga lantai dapur. Lantai dapur juga kadang luput dibersihkan karena orang akan lebih tertuju membersihkan pada hal-hal yang berhubungan dengan peralatannya atau perabotan dapurnya saja. Gunakan wiper dan pembersih yang tepat agar dapur tetap bersih, wangi dan tentunya bersinar.

Langkah Mudah Membuat Dapur Selalu Bersih Bersinar


Dalam membersihkan dapur yang terpenting adalah niat rutin dan rajin dari diri kita terlebih dahulu. Jika hanya sekali atau benar-benar dalam keadaan sangat kotor baru dibersihkan tentunya akan sangat merepotkan, bukan? Kita malah akan membuang uang dengan mengganti perabotan yang sudah berkerak atau berjamur. Caranya bisa mengagendakan pembersihan dapur misalnya setiap habis masak untuk perabotannya, dan seminggu sekali untuk membersihkan tiap detail dapur.