5 Makanan Pembuat Awet Muda, Cobain Yuk

Posted on

ArenaWanita.com – Kulit yang tampak cerah, sehat dan merona memancarkan aura sehat cantik dan awet muda. hal ini tentu menjadi idaman setiap orang terutama kaum wanita. Industri kosmetik dan kecantikan pun menjamur berlomba-lomba mengeluarkan berbagai macam produk yang menjanjikan kulit mulus dan awet muda.


Tetapi banyak orang tidak sadar tidak ada yang bisa menandingi kualitas kulit yang sehat dari hasil pola makan diet penuh nutrisi dan gaya hidup sehat. Sebagai organ tubuh yang terbesar, kulit anda butuh perawatan dan nutrisi tepat untuk kesehatan oftimalnya. Banyak hasil penelitian yang menemukan bahwa konsumsi makanan atau minuman sehat tertentu bisa membantu kulit agar awet muda.

Bahkan ada beberapa buah-buahan dan sayuran yang bisa memerangi semua masalah yang berkaitan dengan usia. Anda tentunya penasaran bukan untuk mengetahuinya? Karena tidak hanya murah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang akan ArenaWanita.com informasikan berikut ini.

Maka anda juga akan mendapatkan kulit yang tampak muda dan selalu sehat dengan cara yang jauh lebih aman. Apa sajakah makanan super yang dapat membantu mengontrol penuaan membuat anda terlihat lebih muda. Berikut informasinya.

Alpukat

Makanan pembuat awet muda yang pertama adalah alpukat. Alpukat memiliki kemampuan menagkal radikal bebas hingga kedalam sel-sel dalam tubuh. Ya, para ilmuan sepakat mengatakan bahwa alpukat bisa menjadi senjata dalam memerangi penuaan dan penyakit. Dalam sebuah uji coba penelitian minyak dari buah alpukat terlihat bahwa buah terwsebut memiliki kemampuan untuk memerangi radikal bebas, walaupun berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan dini, penyakit jantung dan kanker. Kemampuan minyak alpukat memerangi radikal bebas telah sampai kedalam mitokondria yakni busa-busa kekuatan kecil dalam sel kita mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi energi.

Alpukat Ternyata Bisa Bikin Awet Muda

Secara umum tidak semua antioksidan dapat memerangi radikal bebas hingga kedalam mitokondria. Jadi radikal bebas akan terus merusak mitokondria sehingga dapat menyebabkan berhentinya produksi energi serta meruntuhkan dan mematikan sel didalam nya. Penelitian sebelumnya yang dilakukan di Mexico produsen terbesar alpukat didunia, menunjukan bahwa alpukat menurunkan kadar kolestrol dan lemak tertentu terkait dengan diabetes. Selain tinggi, kandungan vitamin E alpukat kaya akan antioksidan yang membantu melindungi kulit. Alpukat membantu meregenerasi sel-sel kulit agar tetap segar dan tampil muda.

Kacang Merah

Makanan pembuat awet muda yang kedua adalah kacang merah. Kacang ini memang tidak terlalu disukai rasanya, tapi kacang merah kaya akan serat dan fotasium yang membantu mengurangi kadar kolestrol. Dengan demikian selain mengurangi resiko penyakit jantung, ia juga dapat membantu membuat kulit tetap segar. Selain serat dan fotasium ,kacang merah mempunyai vitamin B terutama asam polat dan vitamin B1, kalsium , fosfor, zat besi dan protein. Setiap 100 gram kacang merah kering yang telah direbus, dapat menyediakan protein sebesar 19% dan 21% dari angka kecukupan protein untuk lelaki dan perempuan 20 hingga 45 tahun. Disamping unggul asam polat kacang merah merupakan sumber serat yang unggul pula.

Kacang Merah Bikin Awet Muda

Tiap 100 gram kacang merah kering menyediakan serat sekitar 4 gram yang terdiri atas campuran serat larut dan tak larut air. Serat larut secara signifikan menurunkan konsentasri kolestrol kadar gula garah. Untuk mendapatkan khasiat yang sempurna dari kacang merah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mengolahnya. Sehabis direndam buanglah air rendaman kacang merah. Kemudian rebuslah kacang merah dalam panci tertutup selama 3 menit dan diamkan selama 2 jam agar airnya mengendap. Lalu gantilah air rendaman itu dengan air yang matang dan diamkan selama semalam. Esok harinya kacang merah siap untuk dimasak menjadi makanan yang lezat. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan kemampuan kacang merah untuk memproduksi gas dalam usus yang akan membuat perut terasa kembung.

Cokelat Hitam

Makanan pembuat awet muda berikutnya adalah dark chocolate atau cokelat hitam. Setiap dark chocolate setidaknya mengandung 70% cacao yang dilengkapi protein dan vitamin B. Satu gigitan kecil coklat hitam akan membantu anda membakar lemak tubuh dan meningkatkan kelembaban kulit serta rambut. Tidak banyak yang tau kalau cokelat mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan penelitian terbaru menyebutkan, konsumsi cokelat dapat mengurangi kerutan pada wajah, hanya saja bukan berarti seluruh jenis coklat memiliki khasiat tersebut. Hanya dark chocolate yang memiliki kandungan flavanol tinggi, dimana kandungan antioksidan diperoleh dari biji coklat asli.

Cokelat Hitam Bikin Awet Muda

Coklat berasal dari tanaman cacao dengan kandungan flavanol yang tinggi dan termasuk kedalam golongan flavanol fitokemikal. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir di gemail (kamis 5 nivember 2009) menikmati dark coklat setiap hari, dapat melindungi kulit dari penuaan dini. Selain itu coklat hitam juga bisa melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Penelitian your fein dermatology London menemukan kandungna didalam dark coklat dipercaya dapat menurunkan resiko kanker kulit. Dari penelitian tersebut partisipan mengkonsumsi coklat dengan kandungan flavanol tinggi dapat menghalau datangnya kerutan akibat paparan sinar UV, bila dibandingkan partisipan yang makan coklat dengan kandungan flavanol rendah.

Brokoli

Makanan pembuat awet muda berikutnya adalah brokoli. Manfaat brokoli untuk kecantikan memang belum begitu dikenal masyarakat luas. Sebagian masyarakat tau bahwa brokoli sangat bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan antioksidan yang tinggi. Seperti sayuran hijau lainnya, brokoli dapat melakukan keajaiban bagi kulit anda karna kehadiran serat makanan, vitamin, mineral dan antioksidan. Manfaat brokoli untuk kecantikan antara lain adalah menjaga kesehatan kulit. Brokoli kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan E. Vitamin C merangsang produksi kolagen sehingga menjaga kulit anda sehat. Sedangkan vitamin E melindungi membarsel kulit dan mencegah kerusakan radiasi ultra violet.

Brokoli Bikin Awet Muda

Disamping itu brokoli juga meningkatkan regenerasi kulit dan perbaikan. Brokoli mengandung zat yang disebut glukorapanin yang akan di konversi menjadi sulporapane yang menyebabkan kulit sehat dan memperbaiki kerusakan kulit. Sebagai anti ezing brokoli diketahui mengandung vitamin C memiliki sifat antioksidan yang melawan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan pada kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus yang merupakan awal dari proses penuaan, kerutan dan figmentasi pada kulit. Selain itu juga manfaat brolkoli dengan kandungan zat-zat lainnya seperti betakaroten yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, vitamin E dan vitamin B kompleks yang ada memberi cahaya alami dan menjaga kulit tetap awet muda dan segar bercahaya.

Berry-Berryan

Dan makanan pembuat awet muda yang terakhir adalah aneka buah berry. Berry adalah jenis buah berdaging yang paling umum ditemui, dimana keseluruhan dining ovarium menjadi matang dan bisa dimakan. Beberapa buah berry yang terkenal berkhasiat membuat awet muda diantaranya adalah bilberry, blackberry, blueberry, cranberry, huckleberry, strawberry, dewberry, mulberry dan lingonberry. Buah – buah berry tersebut kaya akan kandungan vitamin D, membantu memperlancar sirkulasi darah serta kandungan mineralnya yang mencegah penuaan dini.

Berry-Berryan Bikin Awet Muda

Kandungan kalium dalam buah-buah berry ini juga melawan peradangan, sehingga dapat mencegah dan menyembuhkan jerawat lebih cepat. Buah-buah berry juga mengandung fitokimia dan flaponoid yang membantu melawan kanker. 1 mangkuk strawberry misalnya akan mengandung 100 ml vitamin C, setara dengan 1 gelas jus jeruk lengkap dengan kalsium, magnesium, folat dan fotasium dengan jumlah kalori yang sedikit. Selain itu kandungan lutein yang terdapat dalam buah-buah berry diketahui penting untuk penglihatan. Buah-buahan berry ini bisa membantu tubuh membangun serat kolagen yang bisa membuat kulit awet muda.

Baca juga:

Demikian beberapa makanan pembuat awet muda. Silahkan mencoba ya! dan rasakan bedanya. Semoga informasi diatas tadi bermanfaat bagi anda.