5 Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Posted on

ArenaWanita.com – Pola hidup, makan dan tidur yang tidak teratur akan dapat menyebabkan tubuh kita mudah terserang penyakit. Dengan nilai kesehatan yang saat ini begitu mahal, ada baiknya jika kita melakukan langkah preventif dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap dalam kondisi yang fit. Salah satu cara yang kita lakukan adalah dengan banyak mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan.

Rasanya pahit, berwarna hijau dan berbentuk runcing, itulah pare. Mungkin buah ini dapat menjadi alternatif obat yang mudah dan murah bagi anda. Pare adalah salah satu tumbuhan yang berasa dari wilayah Asia Tropis yaitu daerah India bagian Barat. Dapat dengan mudah tumbuh dimana saja, seperti didataran rendah maupun ditanah terlantar. Di Indonesia biasanya buah ini banyak diolah menjadi sayur dalam menu makan sehari-hari.

Meskipun rasanya pahit, tapi tidak sedikit orang yang menyukai buah ini. Tapi taukah anda, bahwa buah ini mengandung banyak manfaat lain bagi kesehatan juga. Berikut 5 manfaat pare untuk kesehatan yang telaah ArenaWanita.com rangkum khusus untuk anda.

Mengurangi Jerawat

Manfaat pare yang pertama adalah dapat mengurangi jerawat. Kecil namun mengganggu, jerawat memang menyebalkan karena dapat membuat diri kita menjadi kurang percaya diri ketika berinteraksi dengan banyak orang khususnya lawan jenis. Jika anda merasa terganggu dengan jerawat, cobalah konsumsi buah pare karena buah ini dapat membantu menghilangkan infeksi kulit dan darah pada tubuh anda. Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya anda mengkonsumsi pare dengan cara di jus. Jangan bayangkan bagaimana rasanya jus ini. Tapi bayangkanlah jika wajah anda cerah dan bersinar tanpa adanya jerawat. Pastinya anda akan lebih percaya diri berinteraksi dengan banyak orang.

Mencegah Penyakit Jantung

Sakit pada bagian kepala, nyeri dada dan sesak nafas, itu adalah beberapa ciri gejala awal penyakit jantung. Penyakit ini menjadi penyebab nomor 1 kematian didunia setiap tahunnya. Saat ini penyakit jantung tidak hanya menghantui para orang tua, melainkan juga sudah mengancam para generasi muda di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena faktor gaya hidup yaitu banyaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung kolestrol. Dengan mengkonsumsi pare secara teratur, ternyata hal ini dapat bermanfaat untuk mengurangi jumlah kolestrol dalam tubuh kita, sehingga kemungkinan kita terkena penyakit jantung dapat diminimalisir.

5 Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Mempertajam Penglihatan

Manfaat dari buah pare berikutnya adalah dapat mempertajam penglihatan. Beberapa dari anda mungkin baru mengetahui hal ini, karena pada umumnya buah yang mengandung vitamin A lah yang baik dikonsumsi untuk mata. Padahal tidak demikian, lalu mengapa buah pare dapat mempertajam penglihatan kita? Hal ini karena dalam buah pare terdapat kandungan zat yang bernama beta karoten, yang berguna untuk mempertajam penglihatan mata. Selain itu zat beta karoten juga bermanfaat untuk mengurangi infeksi pada mata. Jadi bagi anda yang mempunyai masalah dengan penglihatan seperti miopi atau rabun jauh, mulai saat ini tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi pare secara rutin, agar penglihatan anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh proporsional adalah keinginan setiap orang. Selain agar lebih percaya diri, tubuh proporsional juga baik bagi kesehatan, karena memiliki berat tubuh yang berlebihan juga dapat menyebabkan sumber penyakit seperti penyakit jantung. Kemudian agar anda dapat menurunkan berat badan, selain berolah raga mungkin alternatif lainnya yang patut anda coba adalah mengkonsumsi pare secara rutin.

Karena perlu anda ketahui, pare kaya akan antioksidan yang dapat membersihkan racun berlebih dalam tubuh yang dapat menyebabkan anda mengalami kenaikan berat badan. Selain itu pare juga dapat membuat anda cepat kenyang dan juga menurunkan nafsu makan. Maka dari itu jika anda sedang menjalani program diet, alangkah baiknya memasukan pare kedalam menu diet anda, agar diet anda mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Meningkatkan Sistem Imun

Dimusim pancaroba seperti saat ini, seseorang lebih rentan jatuh sakit dikarenakan sistem imun tubuh yang tidak fit. Lalu bagaimana agar sistem imun tubuh kita tetap terjaga? Salah satunya adalah dengan cara mengkomsumsi vitamin C. Dan ternyata buah pahit seperti pare dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh seseorang, mengapa demikian? Jawabannya adalah karena pare kaya akan vitamin C. Lalu bagaiman cara yang paling tepat untuk mengkonsumsi pare agar dapat meningkatkan sisitem imun tubuh kita? Anda bias meminum air hasil rebusan buah pare yang sebelumnya sudah direbus. Karena air rebusan pare dapat melawan berbagai macam infeksi dan penyakit.

Baca juga:

Nah, Itulah tadi beberapa manfaat pare untuk kesehatan. Semoga informasi diatas tadi bisa menambah wawasan kita semua.

Baca Juga: