5 Tips Menjalankan Hidup Sehat

Posted on

ArenaWanita.com | Tips Menjalankan Hidup Sehat Setiap orang pasti ingin selalu sehat, dan pasti tidak ada orang ingin sakit apalagi kalau sampai menderita penyakit yang berbahaya akan membuat orang tersebut sangat menderita. Pada ulasan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan 5 tips menjalankan hidup sehat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita mau menjalankan hidup sehat setiap hari, misalnya mulai dari memperhatikan pola makan, menjaga waktu istirahat yang cukup, melakukan olahraga secara teratur, dan lain-lain, dan ini semua yang menjadi landasan bagi kita untuk menjalankan hidup sehat.

Penting bagi setiap kita untuk menyadari akan arti sehat yang sesungguhnya, sebab seseorang yang dikatakan sehat itu harus sehat secara jasmani maupun rohani, karena bila hanya sehat jasmani saja tetapi rohaninya tidak sehat maka ada yang kurang pengertian hidup sehat dalam diri kita.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kita kenali dengan benar bila kita benar-benar ingin menjalankan hidup sehat.Kita harus mengenali diri kita secara fisik maupun secara kejiwaan

Kenapa kita harus mengenali diri kita secara fisik maupun kejiwaan?. Karena ini akan menjadi dasar atau landasan penting dalam upaya kita untuk menjalankan hidup sehat.

Dengan mengenali kondisi fisik maupun kejiwaan kita maka setiap keputusan yang kita ambil untuk memulai hidup sehat akan tepat. Misalnya dengan mengenal kondisi fisik kita maka, kita akan tahu apa yang baik untuk dilakukan dan apa yang tidak boleh.

Contoh sederhananya, kalau kita tahu bahwa umur kita sudah memasuki usia diatas empat puluh tahun, maka langkah yang tepat yang akan kita ambil ialah mulai mengurangi berbagai makanan yang berlemak atau makanan yang terlalu banyak karbohidrat, mulai mengurangi minum minuman yang terlalu manis, dan lain sebagainya.

Hal lain misalnya kalau kita tahu kondisi fisik kita bahwa ternyata kita memiliki gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka kita mulai mengurangi makan makanan yang bisa memicu tekanan darah tinggi seperti makanan yang terlalu asin, goreng-gorengan, mengurangi merokok dan lain lagi.

Jadi dengan mengenal keadaan diri kita secara fisik maupun kejiwaan akan sangat membantu kita dalam menjalankan hidup sehat. Sebenarnya tidaklah sulit untuk mengenal keadaan diri sendiri, tetapi yang menjadi sulit adalah komitmen untuk menjalankan hidup sehat itu sendiri, jadi bila ingin menjalankan hidup sehat maka harus “action” atau bertindak dan memiliki komitmen untuk tetap taat pada aturan cara hidup sehat.

Memperhatikan Pola Makan Makanan yang Sehat

Memperhatikan pola makan makanan yang sehat

Menjalankan hidup sehat setiap hari juga tidak terlepas dari pola makan kita sehari-hari, dimana makanan yang kita konsumsi harus memiliki gizi serta nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuh setiap hari, dan makanan yang kita makan juga harus lebih bervariatif. Hal ini harus kita lakukan karena ada makanan-makanan tertentu yang sebenarnya lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, akan tetapi karena kita tidak terbiasa makan makanan tersebut maka kita akan sulit untuk memakannya, walaupun itu sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Contoh sederhana, kalau kita terbiasa makan steak daging, atau makanan-makanan lain yang banyak mengandung kolesterol, dan itu menjadi makanan kesukaan, maka kita harus bisa mulai menguranginya dan menggantinya dengan makan makanan seperti ikan, karena ikan itu baik untuk kesehatan tubuh sebab banyak mengandung Omege 3.

Kalau kita tidak terbiasa makan sayur, maka sekarang saatnya untuk menjalankan gaya hidup yang sehat, kita harus memaksa diri untuk mulai menyukai mengkonsumsi sayur-sayuran yang lebih banyak.

Kalau selama ini mungkin sarapan pagi selalu nasi uduk atau nasi goreng, maka mulailah untuk menggantinya dengan makan roti gandum atau sereal.

Melakukan Penyesuaian Dalam Mengkonsumsi Makanan Sesuai Umur

Melakukan penyesuaian dalam mengkonsumsi makanan sesuai umur

Kita tahu bahwa makanan yang mengandung, karbohidrat, protein, vitamin, lemak, mineral serta air, itu baik untuk tubuh. Tetapi bila tingkat umur kita sudah mulai lanjut usia maka harus ada pembatasan dalam mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Sebut saja makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang berlebihan, walaupun sebagai sumber penghasil energi, tetap harus dikurangi jumlahnya karena kegiatan fisik kita sudah tidak seperti anak-anak yang masih mudah atau masih remaja.

Cara mengatasinya bagaimana ? Caranya sederhana, mulailah dengan mengurangi porsi makan kita seperti nasi putih takarannya harus mulai dikurangi, atau nasi putih mulai diganti dengan makan nasi merah.

Untuk menambah asupan vitamin serta mineral makanlah makanan yang mengandung vitamin yang alamiah seperti, buah-buahan, dan sayur-sayuran yang segar.

Mulai membiasakan diri untuk lebih banyak minum air putih 6 – 8 gelas dalam sehari

Mulai membiasakan diri untuk lebih banyak minum air putih 6 – 8 gelas dalam sehari

Protein memang sangat diperlukan, tetapi untuk orang yang sudah mulai lanjut usia maka asupan protein juga sudah harus mulai dikurangi, caranya dengan mengganti menu makanan sumber protein hewani dengan makanan yang mengandung sumber protein nabati, seperti kacang-kacangan, tahu, tempe.

Melakukan Olahraga yang Teratur

Melakukan Olahraga yang teratur

Baik untuk menjalankan hidup sehat maka olahraga harus tetap dilakukan secara teratur, dan itu harus menjadi sebuah hobi baru misalnya membuat jadwal olahraga 4 kali dalam seminggu, dan tidak boleh terlewatkan.

Olahraga bisa dilakukan sesuai dengan kemanpuan kita, misalnya saat usia sudah mulai lanjut maka lakukanlah olahraga ringan saja seperti jalan pagi 45 menit sampai 1 jam tanpa perlu lari lagi dan hal ini akan sangat baik untuk membantu mengencangkan otot tubuh.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Tempat Tinggal

Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal

Saat kita berolahraga maka alangkah baiknya pilihlah tempat yang bersih pada lingkungan rumah, halaman, atau tempat dimana kita tinggal.

Lingkungan yang bersih, secara jasmani akan membuat kita terhindar dari berbagai penyakit seperti, alergi debu, flu, bronkitis, atau infeksi kulit, dan lainnya. Juga bila lingkungan bersih akan memberi pengaruh seperti mengurangi stres, frustrasi, atau depresi. Selain itu lingkungan yang bersih secara psikis akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Ok itu adalah 5 tips menjalankan hidup sehat yang bisa kita lakukan setiap hari, dan saya berharap artikel ini bermanfaat buat semua pembaca setia arenawanita.com.

Baca Juga: