6 Bahan Alami Penghilang Bekas Jerawat

Posted on

ArenaWanita.com | Jerawat adalah masalah kulit yang umum bagi semua orang.  Baik perempuan maupun laki-laki. Remaja ataupun dewasa. Banyak faktor yang menyebabkannya.

Di antaranya faktor hormonal, stress, serta kebiasaan makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Tidak ada salahnya Anda mencoba cara menghilangkan bekas jerawat dengan memakai bahan-bahan alami ini :

Pepaya

Pepaya merupakan sumber vitamin A dan antioksidan, yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat tanpa efek samping. Caranya hancurkan buah papaya mentah dengan blender, lalu oleskan pada wajah secara merata.

Bahan Alami Penghilang Bekas Jerawat Pepaya

Buah papaya juga merupakan eksfoliator (bahan pengelupas) yang mampu mengangkat kotoran yang terdapat pada pori-pori. Pada saat yang sama, enzim dalam papaya akan membantu mengurangi peradangan jerawat dan membuat kulit menjadi halus dan lembut.

Anggur

Anggur yang kaya akan vitamin C, juga sangat efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Caranya, ambil beberapa buah anggur yang dingin, lalu potonglah menjadi dua, kemudian gosokkan pada area yang berjerawat.

Biarkan selama 10-15 menit, kemudian cuci dengan air dingin. Selain meringankan peradangan, cara ini juga dapat membantu menutup pori-pori kulit yang terbuka. Jangan lupa untuk memasukkan anggur dalam diet Anda, untuk mendukung perawatan dari luar.

Bahan Alami Penghilang Bekas Jerawat Anggur

Mentimun

Mentimu kaya akan vitamin A,C, dan E, serta kalium yang dapat membantu mengatasi jerawat. Selain itu, mentimun juga bersifat mendinginkan dan menenangkan kulit, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat.

Caranya, ambil satu buah mentimun berukuran kecil. Kupas, kemudian hancurkan dengan blender sehingga menjadi pasta. Tambahkan satu sendok teh yoghurt, kemudian aplikasikan pada wajah yang berjerawat. Biarkan selama setengah jam atau lebih, kemudian bilas hingga benar-benar bersih.

Bahan Alami Penghilang Bekas Jerawat Mentimun

Atau, ambil satu-dua buah mentimun segar, potong kecil-kecil, kemudian rendam dalam air selama satu jam. Nutrisi yang terkandung dalam mentimun, seperti vitamin A, kalium dan klorofil, akan luruh dalam air. Saring airnya dan minum, sisakan sedikit untuk mencuci wajah yang berjerawat.

Minyak Pohon Teh

Bahan alami lain yang populer untuk mengobati jerawat adalah minyak pohon the. Minyak pohon the bersifat antiseptik yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit yang rusak dan iritasi.

Caranya, oleskan minyak pohon the pada wajah yang berjerawat. Lakukan secara teratur tiga kali sehari, niscaya jerawat akan sirna. Minyak pohon teh mampu membunuh bakteri dan mikroorganisme lain yang menyebabkan jerawat.

Bahan Alami Penghilang Bekas Jerawat Minyak Pohon Teh

Madu

Madu memiliki sifat antiseptic dan melembabkan, sehingga bagus untuk kulit. Termasuk mengatasi masalah jerawat. Caranya oleskan madu secara merata pada kulit wajahnya.

Biarkan setengah jam, kemudian bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin untuk menutup pori-pori wajah.

Bahan Alami Penghilang Bekas Jerawat Madu

Anda juga dapat menggunakan madu yang dicampur dengan bubuk pala dalam jumlah sama. Oleskan campuran tersebut pada seluruh wajah yang berjerawat, dan biarkan selama setengah jam. Kemudian bersihkan wajah. Gunakan masker madu plus bubuk pala tersebut secara teratur hingga jerawat kering tanpa bekas.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, yang merupakan antibiotic alami. Karena itulah, bawang putih dapat digunakan untuk mengatasi jerawat.  Caranya, anda bisa langsung menggosok bawang putih mentah pada kulit yang berjerawat beberapa kali sehari, kemudian bersihkan.

Bahan Alami Penghilang Bekas Jerawat Bawang Putih

Atau, ambil 2-3 siung bawang putih dan hancurkan menjadi pasta. Oleskan bawang putih tersebut pada bagian yang berjerawat, Untuk kulit sensitive, campurkan yoghurt kedalam pasta bawang putih sebelum diaplikasikan.

Baca juga

Jangan tunggu nanti, silakan langsung dicoba untuk menjaga wajah anda. Demikianlah tulisan mengenai 6 Bahan Alami Penghilang Bekas Jerawat yang dapat disajikan untuk AW’ers. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Source : Nyata Edisi 2182 Minggu ke I Mei 2013

Baca Juga: