7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif

Posted on

ArenaWanita.com | Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif – Ada tujuh kebiasaan (seven habits) – menurut Stephen R.  Covey- yang bertumbuh, sebagai  satu continuum (kesinambungan), tidak terpisah-pisah, tidak sepotong-sepotong dan mengarah pada satu proses kematangan. Tahap-tahapnya mulai dari eksistensi manusia dari suasana ketergantungan (dependence), menuju kemandirian (inde­pendence), sampai tingkat kesalingtergantungan (interde­pendence).


ertama, jadilah proaktif (be proactive). Proaktivitas bukan agresivitas, bukan pula sekadar mengambil inisiatif, atau bereaksi, tetapi tindakan yang didasarkan atas perilaku dengan penuh tangggung jawab. Sifatnya adalah meluaskan, memperbesar lingkungan pengaruh.

Kedua, mulai dengan akhir dalam pikiran (begin with the end in mind). Artinya, menemukan misi pribadi, kemudian mendukungnya. Mulai dengan akhir dalam pikir­an adalah menentukan pilihan pribadi dengan citra atau paradigma dari akhir kehidupan, sebagai kerangka acuan, sebagai dasar memeriksa yang lain. Setiap tindakan yang dilakukan harus seiring dengan tujuan akhir kehidupan (secara praktis berarti keberhasilan).

Ketiga, dahulukan yang harus didahulukan (put first things first). Misi, peran dan tujuan sebagai arah tindakan harus diterjemahkan dalam kegiatan sehari-hari. Karena itu mesti dilakukan pilihan prioritas, dengan tujuan menciptakan nilai yang optimal dari kesempatan yang ada.

Keempat, berpikir menang/menang (think win/ win). Menang/menang bukan teknik, melainkan filosofi total interaksi manusia. Inilah kerangka pikir dan hati yang terus-menerus menemukan keuntungan bersama. Dasarnya adalah alternatif ketiga, selain kalah/kalah atau menang/ kalah, dengan solusi memberikan setiap orang memperoleh apa yang diinginkan. Karena itu menang/menang memper­satukan orang dalam cara-cara saling membantu dan saling mendukung.

7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif

Kelima, berusaha mengerti lebih dulu, baru di­mengerti (seek first to understand then to be understood). Resep kesaling-tergantungan ini menyarankan orang memahami persoalannya, sebelum membuat analisis, sebelum menentukan resep, atau sebelum kita mengajukan gagasan sendiri. Kebiasaan ini menuntut latihan untuk mendengarkan dengan sikap terbuka.

Keenam, mewujudkan sinergi (synergize). Mem­buat sinergi artinya bermaksud melihat dan menghargai bahwa perbedaan-perbedaan dalam hubungan bisa meru­pakan sumber informasi dan kreativitas. Menciptakan si­nergi adalah pengalaman kesalingtergantungan yang benar.

Menurut Covey, kebiasaan pertama hingga ketiga merupakan kebiasaan-kebiasaan pribadi (personal), yang membawa orang pada eksistensi ketergantungan pada kemandirian. Mengatasi ketiga kebiasaan itu berarti orang memperoleh  kemenangan  pribadi.   Keenam  kebiasaan sangat efektif perlu diasah terus. Itulah kebiasaan ketujuh (sharpen the saw). Inilah kebiasaan membarui diri terus-menerus, setiap hari sehingga menjadi kebiasaan yang alamiah dan spontan. Pada saat ini (sejak tahun 2005), Covey-melalui buku terbarunya yang berjudul The 8thHabit: From Effectiveness to Greatness – sudah menambah­kannya menjadi 8 kebiasaan. Kebiasaan ke-8 itu adalah menemukan suara panggilan jiwa kita dan mengilhami orang lain untuk menemukan suara kemerdekaan jiwa mereka, atau menemukan keunikan dan membantu orang lain menemukannya (“menjadi pribadi mulia”).

Baca juga

Pada diri orang-orang yang berhasil dalam hidup dan sekaligus berpribadi mulia, tentulah akan terus bertumbuh pikiran yang positif yang pasti akan menjaga dan mening­katkan kualitas kesehatannya. Mereka (dan semoga juga kita!) selalu murah senyum, tidak pernah membenci dan merugikan orang lain, dan berusaha selalu membantu proses tumbuh orang lain. Dengan demikian, orang lain pun akan senang bersahabat dengan kita. Bukankah itu menjadi kiat efektif untuk menjadi tetap awet muda ? Semoga saja.


Kata Kunci Halaman Ini:

Tujuh Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif, sangat efektif, kegiatan efektif sehari hari manusia, kegiata efektif sehari hari manusia, kebiasaan manusia, kebiasaan kebiasaan efektif, 7 keviasaan, 7 kebiasaan yang efektif, 7 kebiasaan manusia, 7 kebiasaan manuasi