Berikut Ini Adalah 7 Langkah Mudah Memilih Kosmetik Yang Aman

Posted on

ArenaWanita.com – Mengetahui cara memilih kosmetik yang aman adalah hal yang sangat penting bagi wanita. Kosmetik telah menjadi salah satu hal wajib bagi seorang wanita. Dengan memakai kosmetik dalam berbagai kesempatan, ini akan mendukung penampilan wanita agar terlihat lebih cantik.


Selain itu, kosmetik juga akan membuat wajah terlihat lebih segar. Saat ini ada banyak sekali produk – produk kosmetik yang dijual bebas di pasaran mulai dari toko – toko kosmetik hingga toko online. Produk tersebut bisa berupa krim kecantikan, bedak, lotion, hingga krim pemutih. Semua kosmetik yang Anda cari saat ini dapat ditemukan dengan mudah.

Sayangnya, tidak semua produk kosmetik yang ditawarkan di pasaran cocok dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika tidak cocok, kulit akan menimbulkan reaksi seperti iritasi, gatal – gatal, dan kulit menjadi kemerahan.

Selain itu, yang lebih membahayakan lagi adalah jika kosmetik tersebut mengandung zat yang berbahaya seperti merkuri. Bahan ini tentu dapat berdampak buruk pada kulit wajah Anda dan kesehata tubuh secara keseluruhan.

Belum lagi, ada juga kosmetik yang belum melewati tahap uji resmi dari laboratorium tertentu dan produknya sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Salah satu hal yang paling berbahaya adalah banyak kosmetik yang memalsukan merek kosmetik yang sudah terkenal sehingga produk mereka bisa ikut laris terjual.

Ketika mendengar hal ini, Anda tentu merasa takut dan bimbang dalam memilih kosmetik. Agar kulit wajah tetap cantik dan sehat, mau tidak mau Anda tentu harus memilih kosmetik yang aman. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa tips atau cara memilih kosmetik yang aman untuk menghindari kemungkinan – kemungkinan buruk tersebut.

Pilihlah Produk Berlabel Halal

pilihlah-produk-berlabel-halal

Sebagian produk mulai dari makanan hingga kosmetik biasanya sudah dilengkapi dengan label halal pada bagian kemasannya. Label halal ini tentu berasal dari nomor sertifikat halal Lembaga Sertifikasi Halal di Indonesia (LPPOM MUI).

Adanya label halal dapat membuktikan bahwa produk tersebut sudah diuji oleh lembaga tersebut untuk mengetahui apa saja kandungan yang terdapat di dalam produk kosmetik tersebut.

Memiliki Kode Legal

Produk makanan maupun kosmetik yang aman tentu seharusnya adalah produk legal. Untuk menangani hal itu, Indonesia sudah memiliki sebuah lembaga yang khusus menangani tentang kelegalan suatu produk yakni Badan Pengawas Obat dan Makanan Departemen Kesehatan RI.

Jika suatu produk kosmetik tidak memiliki kode legal dari BPOM, maka tidak ada pihak yang bertanggung jawab pada produksi kosmetik tersebut. Kode kelegalan produk dari BPOM memang tidak sama. Untuk kode CD mewakili kosmetik produk lokal, CL untuk produk kosmetik impory, TR untuk produk yang termasuk jamu tradisional, dan TL untuk produk yang termasuk jamu import.

Dilengkapi Dengan Petunjuk Pemakaian

dilengkapi-dengan-petunjuk-pemakaian

Ketika Anda ingin memilih suatu produk kosmetik, selalu perhatikan apakah di dalam kemasannya terdapat aturan atau petunjuk pemakaian. Aturan pemakaian sangatlah penting karena bertujuan agar hasil yang didapat lebih maksimal dengan standar keamanan produk. Tanpa petunjuk pemakaian, bisa saja Anda memakai kosmetik tersebut terlalu banyak dan akhirnya justru membuat kulit menjadi tidak sehat.

Terdapat Tanggal Kadaluarsa

terdapat-tanggal-kadaluarsa

Adanya tanggal kadaluwarsa pada produk kosmetik sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk memastikan dan mengetahui umur efektif produk yang akan mempengaruhi tingkat kualitasnya. Selain itu, jika produk sudah melebihi tanggal kadaluwarsa maka kosmetik tersebut sudah tidak boleh dipakai karena dapat membahayakan kulit.

Terdapat Nama dan Alamat Produksi

Jika sebuah produk kosmetik tidak dilengkapi dengan nama dan alamat produksinya, Anda perlu meragukan kosmetik tersebut. Suatu produk yang memiliki nama dan alamat produksi yang jelas tentunya akan membuat Anda tahu di mana lokasi produksi kosmetik tersebyt. Nama dan alamat juga bisa menjadi informasi penting jika akan diadukan kepada pihak yang berwajib bila ada masalah dengan produk.

Memperhatikan Komposisi Bahan

Ketika membeli suatu kosmetik, selalu perhatikan ingredients atau komposisi bahan yang digunakan apda kosmetik tersebut. Jangan sampai produk kosmetik tersebut mengandung merkuri, hidroquinon, rhodamin B, dan beberapa unsur yang terlarang. Merkuri atau HG merupakan logam berat yang dapat membahayakan tubuh.

Hg akan membuat kulit mengalami bintik hitam, iritasi, dan alergi. Merkuri tidak bisa diuraikan oleh tubuh tetapi akan menumpuk di ginjal. Paparan merkuri jangka pendek dapat menyebabkan diare dan masalah pada paru – paru. Jika terjadi dalam jangka panjang, ini dapat merusak otak dan ginjal. Penggunaan bahan merkuri akdang masih ditemukan pada produk – produk kosmetik yang ilegal.

Selain merkuri, Hidroquinon juga dapat membahayakan kulit. Zat ini merupakan salah satu obat keras. Penggunaan obat ini sudah dilarang di luar negeri. Namun, Indonesia masih memberi tolerir dengan batas toleransi maksimal 2 persen.

Kulit yang terpapar hidroquinon akan menyebabkan iritasi kulit, kulit terasa panas, memerah. Jika sudah parah Hidroquinon juga dapat menyebabkan kanker darah, kanker hati, dan kerusakan ginjal.

Demikian beberapa cara memilih kosmetik yang aman untuk kulit wajah Anda. Jangan sampai Anda salah memilih produk karena hal ini dapat membahayakan kulit wajah Anda. Jika kulit wajah sampai bermasalah, hal ini tentu justru akan menimbulkan masalah baru.


Kata Kunci Halaman Ini:

tutorial hijab pashmina headband