7 Prinsip Meditasi untuk Mendapatkan Pikiran Positif

Posted on

ArenaWanita.com | Meditasi untuk Mendapatkan Pikiran Positif – Hanya dengan pikiran positif orang dapat melakukan  meditasi,  dan  sebaliknya dengan bermeditasi kita akan memiliki pikiran yang positif.  Meditasi dikatakan  sebagai  eksekutor utama penghilang stres.


Bila kita mengalami stres yang luar biasa, misalnya karena tekanan kerja dari atasan dan dari bawahan sekaligus, masalah keluarga, anak yang nakal (tepatnya  kurang ajar) dan bermasalah di sekolah, tagihan yang menumpuk, dan sebagainya, maka baiklah kita sisakan waktu beberapa saat untuk melakukan meditasi. Meditasi dapat dikaitkan atau dibarengkan dengan ritus doa, apa pun agama kita.

Dalam meditasi, semua hal yang membebani dan menjadi masalah sehari-hari kita kosongkan dulu dari pikiran kita. Ini tidak berarti kita lari dari masalah. Meditasi justru merupakan metode penyelesaian masalah, tetapi dengan kondisi mental dan pikiran positif dan ‘dingin’.

Meditasi dapat menjadi solusi masalah dengan jalan yang luar biasa. Kita mengosongkan pikiran dulu untuk menenangkan dan mendinginkan suasana hati. Kemudian kita menghadapi (memikirkan) setiap masalah yang ada dengan kondisi pikiran yang tenang dan positif.

Jadi meditasi adalah aktivitas mengosongkan pikiran tetapi tidak seperti melamun yang hanya menghabiskan waktu sia-sia. Meditasi dengan tujuan dan target yang jelas. Ini telah terbukti selama ratusan tahun mampu menyem¬buhkan mental dan pikiran.

7 Prinsip Meditasi untuk Mendapatkan Pikiran Positif

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Winconsin Amerika Serikat terhadap para biksu menunjukkan bahwa para biksu menghasilkan lebih banyak gelombang gamma, yaitu gelombang yang dihasilkan otak saat orang tersebut bahagia. Ini berarti dengan membiasakan bermeditasi kita membiasakan hidup bahagia sepanjang masa. Dan dengan demikian kita juga akan awet muda.

Berikut disajikan sejumlah prinsip yang perlu diperhatikan ketika kita melakukan meditasi:

  • Sebaiknya kita bermeditasi di tempat atau ruangan yang tenang. Akan lebih baik lagi jika kita bermeditasidi tempat terbuka, misalnya di pantai, pinggir sungai, taman, dan lainnya.
  • Seyogianya ketika bermeditasi kita menggunakan pakaian yang longgar (tidak terlalu ketat). Pakaian yang tipis dan berbahan katun lebih baik digunakan saat bermeditasi sebab akan memperlancar peredaran udara pada pori-pori permukaan tubuh.
  • Posisi meditasi sebaiknya duduk atau bersila di lantai atau duduk di kursi. Yang penting sesuai tingkat kenyamanan kita sendiri, bahkan ternyata terlentang pun bisa (terutama untuk meditasi relaksasi).
  • Lemaskan semua otot tubuh, terutama bahu, tangan, dan kaki. Posisi ini akan membuat peredaran darah dan sirkulasi udara dalam tubuh benar-benar normal dan lancar. Tentu pelemasan perlu dilakukan secara perlahan-lahan.
  • Mata boleh ditutup tetapi tidak perlu terlalu rapat. Dengan demikian kita masih bisa menatap remang-remang benda di sekitar kita.
  • Biarkan napas kita mengatur kecepatannya sendiri. Biarkan pernapasan berjalan secara natural. Namun yang penting irama napas kita menjadi alat berkonsentrasi. Setiap ada gangguan pikiran (yang lari kemana-mana), kita segera kembali ke (irama) napas kita.
  • Mulailah dengan memvisualisasikan objek-objek yang menyenangkan. Kita bayangkan hamparan laut yang membiru, air terjun tinggi yang gemuruh, riak-riak aliran sungai yang bergemericik, kicauan burung di hutan yang sejuk, dan seterusnya dan sedalam-dalamnya. Kita akan merasakan seolah-olah tengah berada di tempat tersebut. Saat lain kita dapat membayangkan diri kita sebagai sebuah handuk basah yang dilemparkan di lantai, dan sebagainya. Dengan cara ini kita sedang menghipnotis diri sendiri untuk lebih rileks dan tenang.

Baca juga:

Saat itulah masalah-masalah yang membebani diri kita sementara kosong atau lepas dari pikiran. Pada tahap ini kita juga dapat melakukan membayangkan dan menyadari semua bagian tubuh kita, dari ujung rambut sampai ke ujung kaki, menyebutkan nama masing-masing dan berterima kasih kepadanya. Jadilah akhirnya kita bersyukur kepada Tuhan Sang Pemberi segalanya itu, termasuk yang telah kita alami sepanjang hari.


Kata Kunci Halaman Ini:

cara mendinginkan hati, cara mengosongkan pikiran saat meditasi, cara mendinginkan pikiran, cara mendinginkan hati dan pikiran, mendinginkan pikiran, Cara mendinginkan masalah, carA meditasi untuk membangun pikiran positif, cara meditasi pikiran positif, tips mengosongkan pikiran saat meditasi, cara bermiditasi dan berfikiran positif