9 Langkah Mudah Mengatasi Uban Prematur

Posted on

ArenaWanita.com – Dalam proses pertambahan usia, tumbuhnya uban merupakan hal wajar. Akan tetapi, kehadiran uban tak selalu berkaitan dengan usia matang. Banyak orang berusia belia sudah mengalami rambut beruban, atau disebut juga uban prematur.

Penurunan produksi pewarna rambut merupakan pemicu datangnya uban. Penurunan produksi ini bisa terjadi karena pertambahan usia atau kondisi kurang gizi yang bisa menyebabkan berkurangnya kadar pigmen. Akibatnya, rambut semakin pirang, lalu memutih dan menjelma jadi uban.

9 Langkah Mudah Mengatasi Uban Prematur

Selain itu, kondisi stres dan penyakit imunologi anemia pernisiosa atau kekurangan darah juga bisa jadi penyebab kemunculan uban lebih cepat. Adakah cara efektif mengatasi rambut beruban? Simak langkah-langkah berikut ini.


1. Menghindari stres

Hidup lebih rileks dipercaya dapat memperlambat tumbuhnya uban di kepala. Selama ini, stres atau tekanan diduga kuat bisa mempercepat kehadiran si rambut putih.

2. Menjaga kebersihan kulit kepala

Riset yang dilakukan berbagai lembaga dermatologi dunia menunjukan bahwa ketombe juga merupakan salah satu penyebab timbulnya uban. Gunakan sampo anti ketombe atau perasan jeruk lemon sebagai alternatif alami untuk mengusir ketombe.

3. Memperbaiki pola makan

Memperbaiki pola makan

Malnutrisi adalah salah satu penyebab timbulnya uban atau penuaan dini pada rambut. Diet secara berlebihan mengakibatkan kurangnya asupan gizi, sehingga tubuh dan rambut mengalami penuaan sebelum waktunya. Oleh karena itu, aturlah pola makan dengan baik dan seimbang untuk mencegah penuaan dini pada rambut dan tubuh Anda.

4. Mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan munculnya uban. Zat besi membantu tubuh memproduksi melanin yang dapat memberi zat warna pada rambut. Konsumsilah seafood, terutama kepiting, bayam, lemon dan jamur yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

5. Melakukan perawatan rambut secara teratur

Melakukan perawatan rambut secara teratur

Lakukanlah perawatan rambut untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada rambut. Usapkan campuran labu dan minyak kelapa murni kurang lebih satu jam pada rambut, lalu bilas. Lakukan secara teratur untuk mencegah terjadinya penuaan dini atau tumbuhnya uban pada rambut indah Anda.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Peredaran darah yang lancar penting untuk mencegah rambut memutih secara prematur. Tidak ada gunanya memakan semua vitamin dan mineral, jika semua itu tidak dapat mencapai kulit kepala dan rambut. Untuk memperlancar peredaran, berolahragalah secara teratur. Perlu juga diperhatikan untuk memijat kulit kepala dengan ujung jari setiap hari selama 5-10 menit.

7. Hentikan kebiasaan mencabut uban

Seringkali, orang mencabuti uban saat rambut telah menjelma menjadi dwi warna. Padahal, aktivitas ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan, karena bisa mengganggu aktivitas saraf di bawah kulit kepala. Akibatnya, sinyal saraf untuk memproduksi warna rambut jadi kacau.

8. Lakukan masker rambut

Lakukan masker rambut

Masker ini tak hanya membuat rambut terlihat lebih bersinar, melainkan juga dapat menutrisi akarnya, sehingga rambut jadi lebih sehat, tak mudah rontok, dan mencegah tumbuhnya uban di usia muda.

9. Kurangi pemakaian zat kimia

Zat yang terdapat pada produk pewarna atau pelurus juga bisa membuat rambut mengalami penuaan dini, sehingga selain terlihat kering dan kusam, uban pun tumbuh akan lebih cepat. Jadi, sebaiknya, hindari terlalu sering gonta-ganti warna rambut.


Kata Kunci Halaman Ini:

cara bikin krim pemutih alami