Anak Jarang Sikat Gigi – Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

Posted on

ArenaWanita.com | Anak Jarang Sikat Gigi Anak sering kali beranggapan bahwa menyikat gigi itu siksaan. Akibatnya, banyak anak yang enggan untuk menggosok gigi. Hal ini terjadi karena saat orang tua menyuruh anak untuk sikat gigi selalu dilakukan dengan cara memaksa atau memarahi.

Akibatnya, anak beranggapan bahwa menyikat gigi bukan kegiatan yang menyenangkan, tapi menakutkan dan meyeramkan. Jika hal ini terjadi, maka selamanya anak akan segan menyikat gigi.

Faktor Penyebab Anak Jarang Gosok Gigi

Penyebab Anak Jarang Sikat Gigi

Ada beberapa hal yang bisa membuat anak enggan untuk gosok gigi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Anak belum memahami arti kebersihan gigi.
  • Tidak adanya contoh yang baik dari orang tua.
  • Anak dipaksa dan diancam untuk menggosok gigi. Cara ini membuat anak beranggapan bahwa kegiatan menggosok gigi bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Akibatnya, anak akan malas untuk menggosok gigi.
  • Waktu menggosok gigi yang terlalu dekat dengan waktu tidur. Padahal, anak mungkin sudah terlalu mengantuk sehingga malas untuk sikat gigi.

Dampak Kebiasaan Jarang Sikat Gigi bagi Kesehatan Anak

Dampak Anak Jarang Sikat Gigi

Sikat gigi sangat penting untuk dilakukan karena banyaknya manfaat yang bisa diperoleh, khususnya bagi kesehatan mulut. Mulut manusia rata-rata mengandung lebih dari 6 miliar bakteri. Ketika bakteri itu menumpuk maka akan muncul berbagai macam gangguan dan penyakit pada mulut, di antaranya:

  • Sakit gigi,
  • gigi berlubang,
  • infeksi pada gigi
  • bau mulut, dan
  • penyakit gusi.

 Cara Mengatasi Anak yang Enggan Sikat Gigi

Cara Mengatasi Anak Jarang Sikat Gigi

Ada bebrapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi anak yang enggan menggosok gigi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mencari Penyebabnya

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh orang tua adalah mencari tahu penyebab anak enggan menggosok gigi. Keengganan tersebut bisa saja terjadi karena beberapa faktor, seperti anak sedang sakit, tidak memahami pentingnya menjaga kesehatan gigi, sikap orang tua yang salah, dan lain sebagainya. Untuk itu, ajaklah anak membicarakan masalah ini dan carikan jalan jeluarnya.

  1. Berilah Pemahaman

Berilah pengertian pada anak tentang pentingnya mengosok gigi. Jelaskan jenis-jenis gigi, proses kerusakan gigi, manfaat serta tata cara menggosok gigi, dan lain sebagainya. Sesuaikan gaya bahasa Anda dengan usia anak agar anak cepat memahami maksud tersebut.

  1. Melibatkan Anak

Sekali-kali, ajaklah anak ke pasar atau swalayan untuk berbelanja keperluan alat mandi. Di sana, biarkan anak memilih perlengkapan mandi sendiri, mulai dari sikat gigi, pasta, gelas untuk berkumur, sabun mandi, dan sebagainya. Dengan cara ini, anak akan merasa dihargai karena diberi kebebasan untuk memilih barang yang disukainya. Namun, Anda juga perlu menejlaskan bagaimana cara memilih perlengkapan perawatan gigi yang tepat dan aman.

  1. Jadikanlah Rutinitas

Jika sedang bepergian, jangan lupa untuk membawa perlengkapan perawatan gigi anak. Dengan demikian, anak-anak akan selalu terbiasa menggosok gigi secara rutin dimana pun ia berada.

  1. Berilah Pujian

Jangan lupa memberikan pujian kepada anak setiap selesai menggosok gigi. Katakan bahwa ini adalah sebuah prestasi karena ia telah berhasil merawat giginya. Bagaimanapun, pujian tersebut akan menjadi motivasi bagi anak untuk selalu menjaga kesehatan giginya.