Aneka Kuliner Khas Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan

Posted on

ArenaWanita.com | Aneka Kuliner Khas Kota Banjarmasin – Berbicara mengenai kuliner Banjarmasin, tidak lengkap jika kita tidak mengenal dahulu tentang kota Banjarmasin.  Kota yang menjadi ibu kota Kalimantan Selatan ini mempunyai luas sekitar 98,46 km2 dengan penduduk asli suku Banjar.

Gangan Humbut

Kota ini mempunyai daya tarik tersendiri, selain terkenal dengan rawa, sungai, dan pasar terapungnya. Perpaduan budaya Melayu dan budaya asli Kalimantan membuat kota ini mempunyai banyak kuliner khas yang patut di telusuri dan nikmati. Mari kita nikmati bersama informasi menarik tentang Aneka kuliner khas kota Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Gangan Humbut merupakan sayur tradisional khas Banjarmasin yang terbuat dari tunas pohon kelapa. Humbut sendiri merupakan istilah lokal untuk menyebut pucuk dari batang pohon kelapa. Di Banjar, Humbut sudah menjadi masakan sehari – hari dan dijual di pasar – pasar tradisional karena bahannya mudah di dapat. Tidak heran menu ini digemari masyarakat Banjarmasin.

Gangan Humbut

Masakan unik ini diolah dengan cara yang sederhana. Gangan Humbut hanya menggunakan bumbu bawang merah dicampur dengan santan bersama humbut, kacang panjang, dan juga labu. Gangan Humbut sangat cocok dimakan bersama apa saja. Rasanya yang tidak terlalu manis, asin, dan gurih.  Sebagai gambaran Gangan Humbut ini mirip dengan sayur bening yang diberi santan.

Ikan Patin Bakar dan Ikan Lais Bakar

Ikan Patin Bakar Khas Banjar

Makanan khas Banjar lainnya yang mampung menggugah selera makan AW’ers adalah Ikan Patin Bakar dan Ikan Lais Bakar. Hidangan ikan bakar memang jamak dijumpai di berbagai rumah makan di Banjarmasin. Ikan Patin bakar ini paling enak dimakan ditambah dengan lalaban dan sambal. Karena rasanya yang begitu lezat, banyak pengunjung di luar Banjarmasin yang datang untuk mencicipi ikan Patin bakar khas Banjar ini.

Ikan Lais bakar memiliki rasa yang tidak kalah lezat loh AW’ers. Ikan Lais ini banyak terdapat di Sungai Kapuas dan anak Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Kalimantan. Maka tidak heran jiga ikan Lais bakar ini menjadi ciri khas kuliner Banjarmasin. Ikan bakar ini paling enak disajikan bersama sambal terasi. Namun, sambal yang dibuat dari terasi itu tidak terlalu terasa terasinya. Itulah yang membuat ikan Lais bakar khas Banjar menggoda nafsu makan anda.

Ikan Lais Bakar Khas Banjar

Apa yang menyebabkan Ikan Patin Bakar dan Ikan Lais Bakar ini memiliki rasa yang begitu lezat? Rahasianya ternyata terletak pada bumbu-bumbu khas yang digunakan. Terbuat dari bawang putih, kecap, saus tomat, garam dan gula yang dicampur menjadi satu, kemudian ikan dibakar dan dibumbui lagi berulang-ulang.  Setiap ikan dibalik di panggangan, minimal ikan dibolak-balik sampai 5 kali sampai matang. Itulah yang membuat lezat dan rasanya meresap.

AW’ers, ikan patin sendiri memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah dan mengurangi penyakit jantung koroner.  Selain nikmat ternyata Ikan Patin ini mempunyai manfaat untuk tubuh kita.

Soto Susu Banjar

Soto Susu Banjar

AW’ers pernah minum susu dan makan soto bukan? Namun bagaimana jika susu dan soto dipadukan menjadi suatu bentuk makanan? Unik bukan.

Nyatanya makanan unik tersebut menjadi salah satu makanan khas Banjar, Kalimantan Selatan. Namanya yaitu Soto Susu Banjar.  Soto unik ini dibuat dari campuran daging ayam kampung, mie putih, yang dicampur dengan seledri untuk menciptakan wangi soto yang merata. Selanjutnya kuah susu yang panas bisa langsung dimasukan kedalam potongan daging ayam dan mie putih.  Susu untuk kuah soto ini dicampur dengan rempah – rempah seperti jahe yang berguna untuk menghangatkan badan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tertarik untuk mencobanya?

Kue Tart Kelapa

Kue Tart Kelapa

Sobat AW’ers kuliner khas Banjar tidak hanya terdiri dari makanan berat saja. Banjar juga mempunyai kue khas yaitu kue Tart kelapa.  Di kota – kota besar kue Tart banyak disajikan di pesta ulang tahun. Menurut sejarahnya kue Tart memang merupakan simbol dari sebuah perayaan. Namun siapa sangka, kue Tart yang asalnya dari Barat menjadi kue khas dari kota Banjarmasin.

Baca juga:

Sesuai dengan namanya kue ini dibuat dari air dan daging kelapa, sehingga rasa kelapanya sangat benar-benar terasa.  Seperti kue tart lainnya, kue ini dibuat dengan loyang cetakan cukup besar. Kue Tart ini biasanya disajikan saat  hari yang spesial, misalnya hari raya keagamaan.

Demikian informasi Aneka Kuliner Khas Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan yang dapat ArenaWanita.com dapat berikan. Semoga bermanfaat.

Kata Kunci Halaman Ini:

Makanan khas banjarmasin, makanan khas kalimantan selatan, makanan khas kalimantan selatan dan penjelasannya, makanan khas daerah kalimantan selatan, makanan khas suku banjar, kuliner banjarmasin, resep gangan keladi khas banjarmasin, makanan khas banjar, Ciri khas kuliner banjarmasin, Tart kelapa banjar

Baca Juga: