Aneka Kuliner Khas Padang Bukittinggi

Posted on

ArenaWanita.com – Perjalanan dari bandara Minangkabau menuju Bukittinggi ditempuh sekitar 2 jam. Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan-pemandangan alam yang sangat indah.

Nah, memasuki kota Padang Panjang anda bisa mampir dulu di rumah makan Sate Mak Syukur. Ada sate Padang dengan citarasa yang aduhai dengan menu sate daging usus dan lidah.

Daging sapi yang sudah yang sudah dibumbui lalu dibakar diatas bara api lalu diletakan bersama ketupat yang sudah potong-potong.

Terakhir disiram dengan kuah sate yang sangat menggugah selera, diatambah lagi taburan bawang goreng. Aromanya yang nikmat membuat kita lupa sudah berapa tusuk yaa sate yang dilahap. Selamat mencoba.

Sate Mak Syukur

Berkunjung ke Bukittinggi jangan lewatakan menu minuman khasnya yakni Ampiang Dadiah. Minuman ini terbuat dari fermentasi susu kerbau yang diolah dengan cara tradisional. dadiah ini sama seperti yoghrut pada umumnya, hanya saja yoghrut terbuat dari susu sapi dan di fermentasikan dengan bakteri buatan. Sementara dadiah terbuat dari susu kerbau yang difermentasikan didalam tabung bambu tanpa tambahan bakteri buatan.

Dadiah disajikan dengan tambahan daging melinjo, beras ketan, santan dan es serut, terakhir disiram oleh gula aren cair. Meminum ampiang dadiah seketika bikin seger tenggorokan. Rasa gula aren yang manis bercampur dengan rasa dadiah yang asam plus emping dan beras ketan yang kenyal ketika digigit. Minuman kuno ini bisa ditemui dipasar atas Bukittinggi tak jauh dari jam gadang. Satu porsi ampiang dadiah dihargai 15 ribu rupiah.

Ampiang Dadiah

Nah, masakan di Bukittinggi yang spesial dan lezat ada Itiek Lado Mudo. Warung makan itik lado mudo ini memang berada di Lembah Ngarasiano kian indah nan permai itu. Itiek artinya (itik) atau (bebek) dan lado mudo artinya (cabe hijau). Masakan ini adalah itik atau bebek yang diungkep, kemudian dimasak dengan bumbu rempah khas Minang salah satunya cabe hijau.

Proses memasak itik ini butuh waktu hingga 3 jam loh agar mendapatkan daging itik yang empuk. Soal rasa,hmmm nikmat banget deh pokonya. Ada sensasi rasa tersendiri ketika bumbu yang sudah meresap kedalam daging itik yang empuk, bersentuhan dengan lidah yang seakan tak mau berhenti bergoyang. Harga itik lado mudo mulai dari 40 ribu untuk porsi komplit. Warung ini buka mulai pukul 8 pagi hingga 8 malam.

Itiek Lado Mudo

Mumpung berada di Bukittinggi mampirlah ke warung Pical Sikai yang legendaris ini. Warung pical sikai hanya menjual 2 menu masakan sejak awal berdiri 67 tahun lalu, yakni Lontong Pical dan Lamang Tapai. Lamang tapai terbuat dari lamang ketan yang dicampur dengan ketan hitam hasil fermantasi, masyarakat Minang menyebutnya tapai ketan hitam. Lamangnya yang gurih bercampur dengan tapai ketan hitam memberikan sensasi rasa yang berbeda, manis, kecut dan gurih seolah menyatu dalam kelezatan yang unik. Pokonya jika ke Bukittinggi jangan pernah melewatkan makanan yang satu ini ya?

Lamang Tapai

Menu lainnya adalah Lontong Pical. Terbuat dari bahan sayuran segar seperti repung, jantung pisang dan lobak. Ditambah beberapa irisan lonten dan bumbu, lalu siram kuah kacangnya. Untuk satu porsi lamang tapai atau lontong pical dibandrol seharga 11 ribu rupiah. Warung ini buka mulai pukul 07 pagi hingga 06 sore. Alamatnya gak jauh dari Jam Gadang yakni dijalan Panorama Bukittinggi.

Lontong Pical

Nah, itulah tadi beberapa kuliner khas dari Tanah Minang yang lezat. Yang dapat AW’ers coba bila berkunjung kesana. Selamat mencoba dan terimaksaih.

Kata Kunci Halaman Ini:

kuliner khas bukittinggi, resep khas makanan bukit tinggi, cara buat pical khas padang, kuliner malam bukit tinggi, Lontong pical sikai, materi tentang masakan khas bukittinggi, penanganan lontong bukit tinggi, pical lontong

Baca Juga:

loading...