Aneka Kuliner Kota Pekalongan yang Wajib Anda Coba

Posted on

ArenaWanita.com | Aneka Kuliner Kota Pekalongan – Anda tentu mengenal kota Pekalongan bukan? Pekalongan merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah, tepatnya berada tengah-tengah jalur Pantura yang menghubungkan Jakarta, Semarang dan Surabaya.

Iya, daerah yang identik dengan sebutan kota batik ini, ternyata menyimpan beragam kuliner yang wajib AW’ers cicipi dan patut di acungi jempol, karena menggugah selera. Berikut ini informasi aneka kuliner kota pekalongan yang khusus disajikan untuk AW’ers:

Jika anda seorang vegetarian, kuliner khas Pekalongan yang satu ini dijamin cocok di lidah anda. Iya inilah kluban botok, yang merupakan makanan tradisional Pekalongan yang terbuat asli dari rempah-rempah bumi pertiwi Indonesia. Yang rasanya sangat khas pedesaan dan menjadi makanan yang paling digemari.

Kluban atau uraban merupakan sayuran yang terdiri dari kacang panjang, toge, kol, bayam atau kangkung, dengan bumbu lombok terasi serta ditambah kencur, dan ditambahkan parutan kelapa hingga memiliki rasa yang unik.

Sedangkan botok itu sendiri berisi tahu dan bonkrek, yang disiram dengan santan encer ke dalam pincuk daun pisang. Untuk menambah nikmat kluban botok ini, bagi yang suka pedas tinggal menambahkan sambal gula jawa ke atas kluban botok.

Kluban

kluban botok pekalongan

Dijamin kenikmatan kluban botok membuat anda tak akan pindah kelain hati. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, dengan tiga ribu rupiah anda sudah dapat menikmati sensasi sedapnya kluban khas tanah batik. Selamat mencicipi!!!.

Pecel Keong

Pecel Keong khas pekalongan

Selain kluban botok yang membuat anda yang tak bisa kelain hati, ada satu lagi kuliner Pekalongan yang wajib anda cicipi, ini dia pecel keong. Kuliner pecel ini sama seperti pecel pada umumnya. hanya saja pecel ini ditambahkan daging keong, keong yang ditambahkan dalam menu pecel ini tentunya bukan keong mentah atau hanya direbus belaka, melainkan sudah di modivikasi sedemikian rupa hingga menarik minat para penggemarnya. Keong yang sudah di bersihkan dan di ambil dagingnya, lalu dimasak oseng dengan sentuhan bumbu murni jawa, yakni dengan kunyit, jahe, cabe dan beberapa bumbu rahasia lainnya. Yang tentunya akan menambah gizi dan kelezatannya kuliner yang satu ini.

Selain lezat kandungan gizi pada keong juga baik pada tubuh kita. Kandungan gizi keong diketahui mengandung asam omega 3, 6 dan 9 yang baik untuk kecerdasan otak. Bila diolah dengan cara tepat, keong dapat menjadi sumber protein hewani yang berkualitas tinggi. Meski berharga rendah di pasar tradisional, daging keong jauh lebih murah dibanding daging ayam, kambing, kerbau, dan daging sapi. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, dengan lima ribu rupiah anda sudah dapat menikmati satu porsi keong, dan satu piring nasi putih hangat. Selamat mencoba!!!.

Keripik Tahu

Keripik Tahu gurih renyah khas pekalongan

Apa yang bisa anda lakukan dengan tahu? Di goreng untuk dijadikan lauk, di pepes tahu ataupun bacem tahu. Tapi ternyata, di Pekalongan tahu tak hanya bisa dinikmati sebagai pengganti lauk pauk, tapi juga bisa diolah menjadi cemilan kaya gizi. Ini dia keripik tahu khas Pekalongan. Keripik merupakan makanan ringan yang besifat kering dan renyah. Keripik memang cemilan yang cukup di gemari masyarakat, mulai dari anak- anak hingga ke orang tua. Jika anda ingin mencicipi keripik tahu ini, datanglah berkunjung ke Pekalongan.

Keripik tahu sudah menjadi cemilan khas daerah, sebagai salah satu alternatif makanan ringan yang sehat dan alami. Di toko makanaan atau oleh-oleh di Pekalongan, keripik tahu biasanya dipajang di etalase bersama jajanan lainnya, seperti halnya keripik tempe. Keripik tahu tak hanya renyah namun juga menyehatkan, karena terbuat dari bahan alami yaitu kedelai. Prosesnya juga dilakukan secara alami tanpa bahan pengawet atau kimia. Selamat mencoba!!!.

Kopi Tahlil

Kopi Tahlil khas pekalongan

Sudah puas memanjakan anda dengan beberapa kuliner khas Pekalongan yang memnggugah selera, tak ada salahnya jika anda merelaksasi kan lidah anda dengan sentuhan hangat minuman yang satu ini. Yaa,, inilah kopi tahlil, dilihat dari namanya kopi tahlil merupakan akulturasi budaya Arab di Pekalongan. Karena warga di Pekalongan terdiri dari berbagai suku, dan yang terbesar adalah Jawa dan Arab. Dan akulturasi ini juga membawa kebiasaan-kebiasaan agamis seperti tahlilan. Kopi tahlil ini merupakan minuman yang awalnya dipakai untuk suguhan orang di acara tahlilan, atau saat peringatan orang meninggal kalau orang islam.

Baca juga:

Lambat laun kopi tahlil dijadikan bisnis kuliner di kota Pekalongan. Kopi ini bukan sembarang kopi, terdapat bahan rempah-rempah yang di racik yang di rebus kedalam kopi. Kopi tahlil biasanya di santap dengan makanan pendamping seperti mendoan, kacang goreng, atau ketan kincu. Harganya sangat terjangkau, dengan uang tiga ribu rupiah anda sudah dapat menikmati hangatnya kopi tahlil yang di campur dengan susu kental manis. Kita bisa menikmati hangatnya kopi tahlil dimalam hari, apalagi sambil nongkrong dan berdiskusi bersama teman-teman anda. Hmmm!! Sungguh menggugah selera bukan.

Demikianlah informasi mengenai Aneka Kuliner Kota Pekalongan yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat

Kata Kunci Halaman Ini:

kluban pekalongan, pecel keong pekalongan, kluban botok, keong pekalongan, kandungan makanan khas pekalongan, jajan khas pekalongan dari pengawetan bahan hewani, cemilan hewani khas pekalongan, cara buat kluban pekalongan, sambel kluban orang pekalongan, cara bikin botok pekalongan

Baca Juga: