Aneka Nutrisi Untuk Mengurangi Stress

Posted on

ArenaWanita.com | Nutrisi Untuk Mengurangi Stress – Pasti anda pernah mengalami stress bukan? Mungkin karena pekerjaan atau permasalahan lain yang bisa membuat anda menjadi stress. Stress adalah suatu kondisi dimana mental kita sedang terganggu. Dan hal tersebut bisa melanda siapapun.

Ada banyak yang menjadi faktor penyebab dari stress ini. Bisa dikarenakan anda yang kurang istirahat akan menyebabkan stress, selain itu beban pikiran yang mengganggu anda dan terlalu menumpuk membuat anda semakin terpuruk dan akhirnya menyebabkan stress.

Tidak memiliki pengendalian emosi yang kuat juga bisa menimbulkan stress pada diri anda. Dan apabila kondisi yang demikian ini dibiarkan begitu saja, maka stress yang anda alami akan berakibat pada gangguan jiwa yang lebih parah dan tragisnya anda akan mengalami sakit jiwa.

Apakah anda ingin berada pada kondisi yang demikian? Tentu saja tidak bukan? Agar anda terhindar dari stress yang berkepanjangan dan akhirnya mengakibatkan sakit jiwa, maka anda perlu untuk melakukan ketenangan batin dan keimanan anda serta taqwa. Selain itu, anda juga perlu memberikan asupan nutrisi dalam diri anda.


Memang belum ada jenis makanan apa yang bisa memenuhi nutrisi untuk menghilangkan stress. Nah, di artikel ini disajikan beberapa nutrisi yang dipercaya mampu untuk mengurangi stress yang anda alami. Berikut nutrisi yang bisa anda konsumsi untuk menghindarkan stress dalam diri anda.

Asupan vitamin B-Kompleks

  1. Konsumsi vitamin C

Anda bisa mengurangi hormon yang dapat memicu timbulnya stres dalam diri anda, yaitu dengan memberikan nutrisi dengan kandungan vitamin C pada tubuh anda. Fungsi utama vitamin C adalah menjaga sistem kekebalan tubuh supaya tetap fit dan prima. Adapun sumber vitamin C dapat anda temukan pada jenis-jenis makanan berikut, jeruk, brokoli, kol, tomat, kentang, serta cabai.

  1. Asupan vitamin B-Kompleks

Bila dalam tubuh anda, asupan vitamin B-kompleks berkurang, maka akan menyebabkan mood anda menjadi semakin buruk. Hal ini terutama ketika anda sedang mengalami kecemasan atau depresi. Bila asupan vitamin B-kompleks dalam tubuh anda cukup, maka sistem syaraf anda akan berfungsi dengan baik. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B-kompleks dari jenis-jenis makanan berikut, beras merah, susu, sayuran hijau, seafood, telur, kacang-kacangan, serta daging.

  1. Magnesium

Satu lagi nutrisi tepat untuk mengurangi stres adalah magnesium. Dengan memasukkan nutrisi tersebut ke dalam tubuh kita, memang tidak secara langsung akan menurunkan stress yang anda alami. Dengan memberikan asupan nutrisi magnesium yang cukup ke dalam tubuh anda, maka kita akan terhindar dari stres, yang bisa saja terjadi dari kram otot serta cedera akibat stress yang anda alami. Dengan nutrisi magnesium yang cukup dalam tubuh anda akan membuat otot lebih relaks. Dan yang menjadi sumber makanan yang kaya akan nutrisi magnesium adalah wijen, kacang-kacangan, sayuran hijau, sereal.

Baca juga:

Nutrisi di atas memang belum semua yang bisa disajikan dalam artikel ini. Masih ada banyak nutrisi yang bisa anda tambahkan untuk mengurangi stres yang anda alami. Namun, setidaknya dengan ketiga asupan nutrisi yang cukup dalam tubuh kita, tentu kita akan terhindar dari stres dan kita juga akan terhindar pada kondisi yang lebih parah. Selamat mencoba.


Kata Kunci Halaman Ini:

aneka nutrisi, stress nutrisi