Yuk Kita Intip Aneka Olahan Daging Sapi yang Sering AW’ers Makan

Posted on

ArenaWanita.com – Daging sapi sangat disukai karena selain rasanya enak dan gurih, ia juga memiliki gizi yang tinggi. Masyarakat Indonesia pun biasa memasak daging sapi dengan berbagai ragam masakan yang dapat merangsang selera makan.


Nah berikut ini beberapa hasil olahan daging sapi bisa di konsumsi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Dendeng

Yang pertama ada dendeng. Daging sapi yang diolah sedemikian rupa menjadi tipis aga kerring ini memiliki penggemar sangat banyak. Rasanya yang lezat membuat lidah masyarakat Indonesia ketagihan. Dendeng sapi biasanya di jual bermacam-macam rasa, ada yang manis, pedas dan terkadang produsen yang membuat rasa unik lainnya.

Cara membuat dendeng sapi adalah pertama-tama daging sapi harus dibersihkan dahulu dari urat-urat dan lemaknya. Kemudian daging di potong-potong sesuai ara serat daging. Lalu daging di lumuri dengan bumbu kemudian di remas-remas. Daging lalu dijemur sampai kering seperti dendeng. Langkah terakhir, goreng sampai garing atau kering, dendeng pun siap intuk di santap.

Dendeng

Daging Sei

Setelah dendeng Indonesia memiliki daging sei. Daging sei adalah daging sapi yang telah di potong-potong panjang, diberi garam lalu di gantung sampai sari pati air keluar dan daging menjadi kering. Setelah itu daging di asapkan dari pembakaran kayu kosambi. Sei adalah olahan khas dari Nusa Tenggara Timur, lebih spesifik lagi olahan daging ini berasal dari pulau Rote. Konon tekhnik pengasapan ini merupakan warisan leluhur. Sei tidak menggunakan banyak bumbu, rasa gurihnya hanya karena rasa asin dari garam. Dengan bumbu yang sedikit aroma asap dan Rasa daging bener-bener terasa.

Sayang sekali pembuatan daging sei di daerah asalnya kadang tidak continune. Hal ini antara lain karena keterbatasan bahan bakar kayu kosambi yang di gunakan sebagai sumber asap. Apalagi saat musim hujan. Jadi jangan tunggu kehabisan yaa, anda bisa membeli daging sei sapi khas NTT ini dengan harga sekitar 70 ribu rupiah perkilogramnya. Rasanya hmmm dijamin lezat deh.

Daging Sei

Sate Sapi

Siapa sih yang gak tau sate? makanan ynag masuk ke Indonesia pada abad ke 19 ini awalnya ada di pulau Jawa. Saat itu para pedagang Arab sedang melakukan perdagangan ke Indonesia, dan sate menjadi salah satu menu pavorit baik sate ayam maupun sate kambing. Nah kalau anda belum tau ada sate sapi juga loh. Untuk membuat sate sapi proses pemilihan daging sapi harus di perhatikan agar daging tidak kerasa keras saat di santap. Sebaiknya pilih daging sapi bagian khas dalam, supaya menjadi lembut daging harus di lumuri atau di rendam dengan bumbu-bumbu.

Proses pengolahan nya pun cukup sederhana, campur daging dengan bumbu biasanya untuk menambah rasa sedap rasa di lidah pada daging sapi bisa di tambahkan kecap garam dan merica juga di lumuri kedalam daging. Tips agar bumbu resep dengan baik sebaiknya masukan daging yang sudah di beri bumbu kedalam lemari pendingin selama setengah hari saja. Kalau sudah tinggal di tusuk ke tusukannya lalu dibakar. Harga sate sapi ini biasanya sekitar 25ribu rupiah perporsinya. Hmm,, selamat mencoba!!.

Sate Sapi

Rendang

Anda orang padang? Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan rendang. Makanan khas dari Sumatera Barat ini memang sudah menjadi pavorit masyarakat Indonesia dan juga masyarakat luar negri loh. Rendang adalah masakan berbahan daging sapi yang diolah dengan santan kelapa dan bumbu rempah-rempah ynag khas. Sesuai dari daerah asalnya yang identik dengan rasa pedas, rendang juga memiliki citarasa pedas. keunikan rendang adalah bumbu-bumbu alami yang bewrsifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen. Sehingga berfungsi sebagai bahan pengawet alami, karena bumbu-bumbu alami itulah rendang dapat di simpan satu sampai empat minggu.

Memasak rendang membutuhkan kesabaran, karena proses memasaknya cukup lama. Biasanya membutuhkan waktu selama 4 jam. Memasak rendang juga tidak sekali jadi loh. Daging dimasak dengan bumbu dan santan menggunakan tingkat panas api yang tepat. Selama proses memasak pun harus sering diaduk agar santan bumbu menyerap kedalam daging, bahkan setelah mendidih proses mengaduk harus terus dilakukan, sampai santan mengental dan akhirnya kering. Tekhnik memasak seperti ini dikenal juga dengan istilah karamelisasi.

Hingga kini masyarakat Indonesia tidak kesulitan jika ingin menyantap rendang. Hampir di seluruh wilayah di Indonesia terdapat rumah makan yang menjual masakan khas Padang seperti rendang. Dengan proses memasak yang khusus dan bumbu rempah yang beragam membuat citarasa rendang sangat kaya dan cocok di lidah masyarakat Indonesia.

Rendang

Bakso

Kita sampai diolahan daging sapi yang terakhir nih, apalagi kalau bukan bakso. Makanan khas rakyat Indonesia. Hampir setiap lapisan masyarakat Indonesia dipastikan menyukai makanan yang sati ini, bakso bisa berfungsi sebagai kuliner ringan maupun kuliner berat. Rasanya daging yang gurih dipadu dengan kuah kaldu dengan aroma yang khas membuat lidah masyarakat Indonesia selalu tergoda.

Bakso sapi terbuat dari campuran daging sapi yang sudah di giling dengan bumbu dan tepung tapioka. Semua bahan di giling sampai menjadi agak kenyal, dan akhirnya dibentuk menjadi bulatan-bulatan dan di rebus. Pada umumnya bakso disajikan dengan kuah kaldu sapi, dicampur mie, toge dan tahu. Kemudian ditaburi potongan daun seledri dan bawang goreng.

Bakso

Bakso sangat populer dan dapat di temukan di seluruh Indonesia, mulai dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Di Pasar tradisional dan supermarket juga menjual bakso dalam bentuk makanan beku. Masyarakat tinggal merebusnya dan mengolahnya sesuai masakan yang di inginkan. biasanya bakso juga pelengkap nasi goreng, mie goreng dan capcay atau jenis masakan lainnya. Selamat Mencoba!!.


Kata Kunci Halaman Ini:

hasil olahan daging sapi, olahan sate daging sapi, aneka olahan daging sapi, bumbu sate sapi lezat, bumbu sate sapi pedas, sate daging sapi pati, cara membuat dendeng daging yg d jual dipasar, cara membuat sari pati daging sapi, Harga sate sapi paertusuknya, hasil olahan dag