Berikut Ini Adalah Aneka Olahan Gurita Lezat dan Enak

Posted on

ArenaWanita.com – Hewan laut bertentakel yang satu ini mungkin sudah sering anda lihat di film-film atau buku cerita. Iya, octopus atau gurita adalah hewan laut yang sangat unik, namun siapa sangka jika gurita juga bisa diolah menjadi aneka kuliner yang nikmat. Namun, sebelum diolah yuk kita ikuti bagaimana metode menangkap gurita yang dilakukan oleh para pelayan tradisional.


Alat-alat yang digunakan cukup sederhana, hanya berupa harpon atau pistol panah yang dibuat sendiri dari kayu. Bentuknya seperti senapan dengan plontar yang terbuat dari karet. Anak panahnya sendiri terbuat dari besi yang ujungnya telah diruncingkan dengan bantuan batu asah. Setelah semua persiapan selesai, saatnya pencarian gurita dimulai.

Para nelayan akan menyusuri bibir pantai dengan formasi menyebar, hal ini dilakukan karena gurita adalah hewan yang pintar bersembunyi diantara celah-celah karang dan gerakannya sangat cepat jika berpindah posisi. Gurita adalah kelompok cephalopoda yang dikenal memiliki kecerdasan yang tinggi. Mereka bisa berkamuflasa meniru lingkungan sekitarnya untuk menghindari incaran pemangsa.

Cara bergerak hewan ini juga unik, yaitu dengan menyemburkan air seperti cara kerja mesin jet. Karena tidak memiliki tulang atau cangkang internal atau eksternal gurita mampu memafulasi tubuh untuk memasuki calah sempit seperti lubang-lubang dibatu karang ini.

Eitss, tapi rupanya para nelayan memang memiliki naluri yang sangat tajam. Begitu merasakan gerakan gurita, mereka akan menyelam dan menembakan panah harponnya. Walau tak langsung berhasil dalam sekali tembak, pantang bagi mereka melepasakan buruan. Begitu tertembak gurita akan menyemprotkan tinta sebagai cara memepertahankan diri. Sebagian besar spesies gurita bisa melepaskan tinta hitam tebal yang membingungkan predator dan memberikan gurita kesempatan untuk melarikan diri.

Dalam sekali perburuan selama 2 sampai 3 jam, sekelompok nelayan bisa mendapatkan 5 sampai 10 ekor gurita. Berat basah seekor gurita dewasa bisa mencapai 3kg per ekornya, harganya sendiri berkisar 40 ribu rupiah sampai 60 ribu rupiah per kilogram. Tidak heran para nelayan bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan setiap harinya.

Asinan Gurita

Melimpahnya pasokan gurita dari laut, membuat masyarakat kabupaten Kaur mempunyai suatu cara agar daging gurita bisa disimpan dalam waktu lama dengan mengolahnya menjadi asinan. Asinan gurita ini disebut dengan nama G.E.G.I.T oleh masyarakat setempat. Proses pengawetan asinan sendiri mempunyai hasil akhir yang mirip denga ikan asin pada umumnya. Namun cara pembuatannya ternyata lebih sederhana dibanding proses ikan asin. Pertama gurita yang masih segar dicuci terlebih dahulu dalam air tawar, hali ini dilakukan untuk melarutkan kadar garam yang terdapat dalam daging gurita.

Asinan Gurita

Selanjutnya gurita dibelah menjadi 2 agar jeroan atau isi perutnya bisa dikeluarkan sampai tak tersisa. Proses ini sangat penting, karena jika ada bagian jeroan yang tersisa dapat membuat daging gurita mudah membusuk. Setelah semua bagian isi perut telah dikeluarkan, selanjutnya daging gurita diiris tipis hingga membentuk lemberan. Diperlukan keahlian khusus untuk melakukan proses ini, agar bentuk asli gurita yang unik tidak rusak. Kemudian daging gurita kembali dicuci dengan air bersih, untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel. Selanjutnya bagian kepala serta tentakel gurita yang paling luar direntangkan dengan menggunakan batang bambu.

Proses ini dilanjutkan hingga seluruh bagian gurita membentang sempurna. Yang unik dari proses pengawetan ini adalah tidak adanya proses pemasakan dengan api. Proses pengeringan daging gurita dilakukan hanya dengan menjemur dibawah terik matahari. Penejmuran sendiri dilakaukan selama 3 sampai 4 hari tergantung itensitas cahaya matahari, hingga menghasilkan daging gurita yang benar-benar kering. Walaupun tidak menggunakan bahan pengawet, asinan gurita ini bisa bertahan hingga lebih dari 6 bulan jika disimpan dalam lemari es. Harga perlembar asinan gurita ini beda-beda, mulai dari 25 ribu hingga 125 ribu rupiah tergantung ukurannya. Tertarik menjadikan asinan gurita sebagai buah tangan? Anda bisa menemukan penjual asinan gurita ini disepanjang jalan Pantai Linau.

Sate Gurita

Anda mengaku sebagai penggemar sate? Jika iya, beranikah anda mencoba olahan sate yang satu ini hmmm, ini dia sate gurita. Anda bisa menemukan hidangan unik ini direstaurant Etek Sir. Restauran yang berlokasi dijalan utama kabupaten Kaur ini adalah salah satu restauran yang menyajikan sate gurita. Sate yang mungkin tidak kita temui ditempat lain. Dalam sehari restauran Etek Sir bisa menghabiskan 4 ekor gurita besar berukuran 3 kg, dari seekor gurita berukuran 1 kg bisa diolah menjadi 30 tusuk sate. Bumbu yang dipakai untuk nmembuat gurita ini menjadi sate yang lezat tidaklah rumit.

Seperti bumbu sate biasa, yakni kacang, kecap, gula merah, jeruk nipis, garam serta merica. Bumbu-bumbu terseburt diaduk menjadi satu dengan air mentah, lalu direbus hingga matang untuk dijadikan bumbu saos kacang. Meskipun bumbunya biasa, rahasia kelezatan sate ini tergantung bagaimana kita mengolah gurita yang menjadi bahan utama sate. Gurita yang akan dijadikan sate harus gurita basah yang segar, bukan gurita yang sudah disimpan lama dilemari es.

Sate Gurita

Pertama cuci dulu daging gurita segar hingga bersih, kemudian direbus dalam air tawar selama 10 menit. Setelah direbus tekstur daging gurita akan berubah menjadi kenyal namun tidak alot, sehingga mudah dipotong menjadi bagian kecil berbentuk dadu. Potongan daging gurita siap disusun dalam tusukan seperti sate pada umumnya. Sate gurita kemudian dilumuri dengan saos kecap baru dibakar diatas bara api yang tidak terlalu panas agar matangnya merata hingga kedalam serat daging gurita. Setelah matang sate gurita tinggal diberi saos kacang dan siap untuk disantap.

Bagi yang suka pedas kita bisa menambahkannya dengan sambal atau potongan cabe diatas saos kacangnya. Hmmm, aroma sate dan saosnya yang nikmat sungguh menggoda. Rasa gurita sendiri mirip dengan daging cumi-cumi, namun sensasi tekstur daging gurita yang kenyal dan gurih akan membuat anda ketagihan dan sulit berhenti makan. Mengenai harga untuk mendapatkan satu porsi sate gurita kita cukup mengeluarkan uang 25 ribu rupiah untuk satu porsinya. Tertarik mencoba?

Gurita Asam Manis

Gurita Asam Manis

Masih membahas tentang olahan gurita, selanjutnya ada gurita asam manis. Masakan ini merupakan perpaduan olahan kuliner Melayu dengan Cina. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah gurita segar yang telah direbus, bawang, jahe, tomat, nanas, timun, wortel, daun bawang dan saus tomat. Pertama tumis daging gurita hingga kecoklatan lalu sisihkan. Selanjutnya tumis semua bumbu dan campur dengan sedikit air agar tidak terlalu kental lalu masak hingga matang. tuang bumbu asam manis keatas daging gurita yang telah ditumis. Gurita asam manis yang mengundang selera ini siap untuk dinikmati. Bagaimana tertarik untuk mencoba?

Gulai Gurita

Gulai Gurita

Olahan gurita yang satu ini dijamin mengundang nafsu makan anda, ini dia gulai gurita. Bahan utama yang diperlukan adalah daging gurita segar yang telah direbus hingga berubah warna. Bumbunya adalah santan, sereh, daun salam serta bumbu halus yang terdiri dari cabe, bawang, lengkuas, ketumbar, pala, jahe serta kunyit, tak ketinggalan garam serta gula. Cara membuatnya tak sulit, pertama rebus santan dan semua bumbu hingga tercampur rata. Setelah bumbu mengental masukan daging gurita lalu aduk dan masukan garam serta gula. Terakhir masukan daun bawang dan tomat, agar rasa gula menjadi segar. Hmmm, perpaduan rasa gurita dan bumbu tradisional khas Melayu benar-benar berpadu menciptakan olahan kuliner yang unik dan lezat.

Gurita Balado

Gurita Balado

Olahan gurita khas Kaur yang terakhir adalah gurita balado. Memang membicarakan hidangan Melayu dari pulau Sumatera serasa tak lengkap tanpa kehadiran yang pedas-pedas. untuk olahan kuliner yang satu ini tidak menggunakan gurita segar, melainkan gurita kering alias asinan gurita. Sedangkan bahan-bahan pelengkapnya adalah bawang merah iris, cabe yang diulek kasar, tomat, daun bawang serta pete.

Baca juga:

Pertama rebus dulu potongan gurita kering dalam air matang selam 10 menit. Setelah daging gurita lunak, angkat dan ditirskan. Selanjutnya tumis semua bumbu hingga harum dan masukan daging gurita, tambahkan sedikit air jika terlalu kering dan masak selama 10 menit. Tak perlu ditambahkan garam, karena daging gurita kering sudah memiliki rasa yang asin. Nah gurita balado yang pedas dan nikmat siap untuk dinikmati.


Kata Kunci Halaman Ini:

resep gurita, Cara memasak gurita, resep masak gurita, olahan gurita, resep masakan gurita, masak gurita, resep olahan gurita, aneka olahan gurita, masakan gurita, resep memasak gurita