Aneka Olahan Ikan Pari yang Bisa Membuat Perut Lapar

Posted on

ArenaWanita.com | Olahan Ikan Pari – Sahabat AW’ers kita akan menyusuri olahan ikan berjuluk burung dasar laut, yang mampu membuat anda tercengang dengan kelezatannya. Di Pelabuhan Karangsari Tuban Jawa Timur, ikan pari termasuk ikan yang sering terjaring jalar nelayan. Hasil tangkapan laut ini kemudian dijual dipelelangan ikan.


Populasinya besar dan tersebar diperairan Tuban, karena banyak tersedia plankton dan vito plankton yang aman dan digemari ikan ini. Seperti ikan laut kebanyakan, ikan pari juga kaya akan protein dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh kita.

Daging ikan pari juga rendah lemak dan merupakan sumber asam lemak omega 3 yang bagus untuk kesehatan otak. Nah, berikut ArenaWanita.com rangkum sajian informasi mengenai lezatnya olahan ikan berjuluk burung dasar laut ini.

  • Mangut Pari

Olahan pertama adalah Mangut Pari. Mangut adalah jenis masakan kuah dengan bahan dan rempah-rempah yang sangat khas. Biasanya, sang pembuat masakan lebih senang memilih pari berukuran kecil untuk diolah, sebab dagingnya lebih empuk dan lebih cepat matang saat dimasak. Mangut pari merupakan salah satu masakan khas Jawa dan untuk meraciknya harus menggunakan bumbu mangut ikan pari. Bumbunya ada ale atau jenis kecambah yang beraroma seperti petai dan mesoyi yang mirip rempah kayu manis, bumbu ini bisa dibeli dipasar tradisional. Sebelum diolah ikan pari harus dibakar terlebih dahulu, agar empuk dan bau amisnya hilang.

Ikan pari di asap kira-kira selama seperempat jam agar matang. Selama daging ikan pari di asap, saatnya mengolah bumbu siapkan kemiri, bawang putih, bawang merah, ketumbar, jinten dan rempah-rempah lainnya dan semua bumbu dihaluskan hingga merata. Setelah itu iris cabe merah dan daun bawang yang akan jadi hiasan mangut pari saat dihidangkan nanti.

Mangut Pari

Anda ingin tau rahasia resep mangut ikan pari? Ini dia nih sebagai rahasianya, yaitu perpaduan antara kunyit dan kencur sederhana kan! Nah, bumbu yang sudah dihaluskan tadi kini siap di gongso. Gongso adalah menumis masakan dengan waktu relatif yang lama, gongso selalu menghasilkan aroma yang sedap. Jika aroma sudah tercium, berarti saatnya mencampurkan santan. Alhasil membuat rasa masakan tambah gurih. Sebagai pelengkap, bisa ditambahkan tempe yang dipotong kecil-kecil menyerupai dadu.

Jangan lupa masukan bumbu rempah mangut pari yaitu ale dan mesoyi. Kemudian campurkan potongan daging pari yang sudah diasap. Selama 30 menit pari di gongso dengan bumbu racikan tadi, tapi ingat jangan terlalu lama supaya kuah mangutnya tidak gosong dan daging pari tetap utuh. Jika mangut pari hampir matang, campurkan potongan cabe merah, tomat dan daun bawang untuk mempercantik tampilan. Dan mangut pari pun siap dihidangkan.

  • Penyet Pari

Olahan yang tak kalah lezatnya adalah Penyet Pari. Olahan penyet merupakan ciri khas dari makanan Jawa Timur. Sebelum dijadikan penyet pari, daging ikan pari digoreng. Proses penggorengan pari asap ini tak boleh terlalu lama cukup 2 menit saja, agar kelembutan daging tetap terjaga. Belum lengkap rasanya jika masakan penyet pari tidak dipadukan dengan sambal.

Penyet Pari

Racik sambal dengan potongan cabe merah, tomat, terasi dan lengkapi dengan sedikit garam dan haluskan semua bahan itu. Kombinasi ini dijamin dapat membuat lidah penikmat penyet pari semakin ketagihan. Nah, saatnya mencampur sambal dengan pari goreng. Caranya, sambal dan daging diulek hingga sedikit hancur. Proses menghancurkan daging inilah yang disebut penyet. Proses ini juga bertujuan agar sambal lebih cepat meresap kedalam daging. Setelah selesai, penyet pari siap dihidangkan. Ini dia penyet pari ala Tuban Jawa Timur.

  • Steak Pari

Belum puas menikmati olahan ikan pari dari Jawa Timur, saatnya lanjutkan petualagan lidah dengan menikmati steak. Namun, kali ini bukan steak daging sapi pada umumnya, melainkan sebuah steak yang dibuat dari daging ikan pari. Sebelum diolah menjadi steak, ikan pari dibelah dengan disayat-sayat bagian sayapnya, agar bumbu lebih cepat meresap kedalam daging. Ikan pari yang dipakai untuk steak adalah jenis kembang. Meski belum dewasa, tapi ukurannya lebih besar dari ikan pari jenis lainnya.

Steak Pari

Siapkan semua bumbu seperti kunyit, sereh, bawang putih dan potongan jeruk nipis, lalu direbus, Setelah itu pindahkan air rebusan bersama bumbu kedalam wadah. Barulah rendam ikan pari kedalam air rebusan bumbu selama 5 menit. Cara ini yang membedakan steak pari dengan steak lainnya. Setelah direndam daging pari tidak dipanggang, tetapi digoreng. Khusus untuk menggoreng ikan pari tidak boleh dibolak-balik, karena daging ikan pari lembut bahkan bisa hancur jika sering dibolak-balik.

Baca juga:

Setelah matang steak ikan pari siap disajikan diatas hot plate. Sebelumnya, terlebih dahulu olesi hot plate dengan margarin agar tak lengket. Tambhakan dengan potongan kentang, wortel dan buncis. Selamat mencoba ya sahabat AW’ers!


Kata Kunci Halaman Ini:

resep ikan pari khas jawa timur, aneka olahan ikan pari, aneka olahan ikan pari asap, ikan asap sambal penyet, ikan mangut pari, kata kata lapar ikan belum masak, mangut pari, mengolah ikan pari supaya lembek