Aneka Olahan Roti Khas Indonesia yang Populer di Sekitar Kita

Posted on

ArenaWanita.com | Aneka Olahan Roti Khas Indonesia – Roti memang bukan makanan pokok di Indonesia, tapi olahan yang satu ini sudah di konsumsi sejak lama oleh masyarakat kita. Berikut kami sajikan sejumlah informasi tentang aneka olahan roti, yang telah mendapat sentuhan nusantara.


Kalau ditanya, oleh- oleh apa sih yang paling ditunggu jika berkunjung ke Sumatera Utara? Jawabannya biasannya bolu gulung atau pancake durian. Kedua oleh- oleh tadi memang lezat dan terkenal, sebagai oleh-oleh wajib dari Sumatera Utara.

Tapi ada sajian roti legendaris yang wajib anda kunjungi, ketika berkunjung ke kota Pemantan siantar. Jika anda hendak berwisata ke Danau Toba, biasanya akan melewati kota terbesar kedua di Sumatera Utara ini. Inilah roti ganda, roti legendaris ini sudah ada sejak 4 dekade lalu.

Jangan berharap akan menemukan roti dengan bentuk yang aneh ataupun beragam rasa disini. Yang menjadi sajian utama toko klasik ini adalah roti-roti tawar yang tampak gendut, dan disajikan di rak-rak kaca toko ini. Teksturnya yang lembut dan padat saat di gigit, pasti membuat yang mencobanya untuk pertama kali ketagihan.

Kalau sedang ramai terkadang pelayannya terlihat kewalahan, terkadang para pembeli harus beradu cepat dengan konsumen lain untuk memilih pesanan roti tawar yang mereka inginkan. Ada dua ukuran roti yang ditawarkan yaitu, roti tawar kecil dan besar. Untuk isinya bisa memilih roti kosong atau dengan toping krim dan cokelat meses, cara mengisinya pun sangat unik.

Roti Ganda

Roti Ganda Enak dan Lezat

Begitu anda memesan sebuah roti tawar yang masih hangat akan dibelah, dioleskan wipkrim kemudian ditaburi dengan cokelat meses. Namun yang paling di incar disini adalah selai srikayanya yang dibuat sendiri. Rasanya dijamin sangat menggugah lidah dan nafsu makan anda. Jumlah olesan selai srikayanya di jamin membuat anda tersenyum, sangat banyak sampai meleber kepinggir roti.

Roti yang terlihat biasa ini, menjadi istimewa karena ditawarkan dalam keadaan fres from di open, dengan resep tradisional yang diwariskan secara turun temurun. Adonannya dibuat tanpa pengawet sehingga bertekstur padat namun lembut. Bagaimana siap menambah daftar oleh-oleh dari Sumatera Utara.

Roti Unyil

Roti Unyil Venus Khas Bogor

Yang satu ini datang dari kota hujan Bogor, siapa yang tidak kenal roti unyil. Roti ini memang memiliki rasa dan bentuk yang sama dengan roti pada umumnya, hanya saja yang satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Roti unyil seperti sudah menjadi icon kota bogor , sehingga tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat akhir pekan. Bahkan di musim liburan pengunjung bisa mencapai ribuan orang setiap harinya.

Awalnya pemilik toko mempunyai ide untuk membuat roti bercitra rasa tinggi dengan harga terjangkau, maka sang pemilik roti pun membuat roti berukuran mini, yang kini dikenal dengan nama roti unyil. Seperti pembuatan roti pada umumnya, bahan dasar roti unyil pun berasal dari tepung terigu dan campuran lainnya, lalu dipisah-pisahkan menjadi adonan kecil.

Tak perlu khawatir, setelah di panggang dengan suhu 70 drajat cc, adonan-adonan mungil tadi akan mengembang menjadi roti-roti yang sedap. Tentunya roti-roti ini tidak dijual dalam keadaan polos, berbagai macam toping ditawarkan disini. Mulai dari rasa buah-buahan, hingga daging yang di bandrol dengan harga 1300 setiap rotinya. Hmmm!! Tertarik mencicipi nya.

Roti Buaya

Roti Buaya Lezat dan Gurih Khas Betawi

Roti khas nusantara yang satu ini terkenal di kalangan masyarakat Betawi. Pada setiap acara pernikahan atau lamaran yang mengusung adat betawi, roti yang satu ini justru menjadi salah satu syarat utama. Sesuai namanya roti ini memang berbentuk hewan buaya. Biasanya roti yang memiliki panjang kurang lebih hingga 50cm ini dibawa oleh mempelai pria pada acara seserahan, konon roti buaya ini dahulu dibuat oleh leluhur orang betawi dengan bahan dasar singkong.

Pada saat penjajah Belanda datang ke Batavia, bahan baku pembuatan roti buaya ini kemudian diganti dengan tepung terigu. Bagi masyarakat betawi, roti buya ini bukan sekedar makanan, tapi juga sebagai simbol. Roti buaya di percaya memiliki arti sebagai ungkapan kesetiaan pasangan yang menikah untuk sehidup semati. Sebagaimana sifat buaya yang dikenal sebagai hewan yang yang setia dengan pasangannya.

Selain sebagai sebuah simbol kesetiaan, roti buaya juga memiliki makna khusus dikalangan warga betawi, yaitu sebagai simbol kemampuan ekonomi. Hal ini dimaksudkan bahwa pasangan yang menikah nanti nya memiliki masa depan yang lebih baik dan bisa hidup mapan. Tak seperti roti lain roti buaya tidak mudah dijumpai ditoko-toko roti.

Roti yang satu ini biasanya harus dipesan dahulu dengan harga bervariasi, yakni dari 50ribu hingga ratusan rupiah tergantung ukurannya. Membuat roti buaya hampir sama dengan membuat roti biasa, hanya saja membuat roti yang satu ini harus sabar dalam membentuk bagian-bagian tubuh si buaya. Setelah adonan terbentuk layaknya buaya, lalu didiamkan dulu hingga mengembang, barulah kemudian roti buaya di panggang.

Baca juga:

Gimana gak pengen nyobain Aneka Olahan Roti Khas Indonesia yang disebutkan diatas? Kira-kira roti apa yang menjadi favorit kamu AW’ers?


Kata Kunci Halaman Ini:

Roti khas indonesia, Roti indonesia paling terkenal, toko penjualan roti buaya di bogor