6 Aneka Wajik Manis yang Dapat Menggelitik Lidah AW’ers

Posted on

ArenaWanita.com – Sambil mempersiapkan diri anda beraktivitas, bagaimana jika kita mencicipi manis dan legitnya olahan wajik. Hmmm, pasti anda sudah mendengar kuliner yang satu ini kan. Wajik adalah sejenis olahan kuliner khas Melayu dan Jawa.


Dibuat sedemikian rupa dengan mencampurkan sejumlah bahan dasar hingga membentuk tekstur adonan wajik yang mirip dengan dodol. Jika dahulu pembuatan wajik identik dengan gula merah dan beras ketan, namun saat ini banyak wajik yang dibuat dengan gula putih dan mencampurkan sejumlah bahan lain sebagai penambah citarasa.

Wajik Durian

Wajik Durian Legit

Wajik durian adalah kuliner kreasi yang mencampurkan daging buah durian yang telah matang dengan beberapa bahan dasar wajik. Karena rasa dan aroma buah durian yang khas, membuat wajik durian semakin banyak dinikmati. Nah, jika anda ingin mencoba membuat wajik durian sendiri dirumah tidak terlalu sulit ko. Anda hanya butuh menyiapkan daging durian yang telah dipisahkan dari bijinya, gula pasir dan parutan kelapa. kemudian cara membuatnya, campurkan semua bahan hingga rata.

Kemudian siapakan panci dan masak wajik durian, dilakukan dengan mengaduk-aduk hingga kental. Suhu api harus diperhatikan agar wajik tidak cepat hangus. Jika tekstur wajik sudah kental dan sedikit lengket, berarti wajik durian siap untuk di angkat. Terakhir bungkus wajik durian dengan kertas minyak. Wajik durian memiliki citarasa yang khas bagi para pecinta buah durian dan tentu saja ini menjadi makanan wajib. Saat ingin merasakan sensasi buah durian kapan saja.

Wajik Salak

Tidak hanya buah durian, ternyata buah salak juga bisa dibuat wajik loh. Untuk membuat wajik salak sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan proses pembuatan wajik-wajik lainnya. Hanya saja membutuhkan beberapa bahan dan tahap yang sedikit berbeda. Untuk wajik salak sendiri proses dimulai dengan memisahkan salak dengan bijinya. Nah, tips bagi anda yang ingin membuat wajik salak ada baiknya salak yang digunakan yaitu jenis salak pondoh. Hal ini dikarenakan rasa salak pondoh lebih manis dibandingkan jenis salak lainnya. Setelah buah salak siap, proses dilanjutkan dengan merebus buah salak.

Wajik Salak Manis

Proses perebusan ini dilakukan kurang lebih satu jam, hingga tekstur daging buah salak menjadi lebih lembut. Masukan rebusan salak kedalam blender dan haluskan. Setelah halus tuangkan adonan salak kedalam wadah. Siapkan tungku dan panaskan panci serta masukan adonan salak. Campur parutan kelapa, gula dan sedikit garam. aduk adonan wajik hingga kental dan setelah warna wajik berubah menjadi coklat tua lalu angkat dan dinginkan. Selanjutnya masuk ke tahap pembungkusan. Ambil satu sendok wajik salak dan kemudian bungkus menggunakan kertas minyak. Kemas wajik kedalam keranjang kecil dan wajik salak pun siap anda nikmati. Hmmm, cukup mudah kan pembuatannya.

Wajik Nanas

Berikutnya olahan wajik yang terbuat dari buah nanas. Nah, buah nanas juga tergolong memiliki rasa campuran asam manis dan sangat menyegarkan. Namun, dengan kreasi tinggi nanas disulap menjadi panganan yang manis dan menggugah selera. wajik nanas sama halnya dengan salak. Anda hanya butuh menyiapkan beberapa buah nanas. Tahap pembuatan dimulai dengan membersihkan buah nanas dari kulitnya. Setelah bersih larut buah nanas hingga halus dan masukan kedalam panci, serta tambahkan gula pasir, parutan kelapa dan masak wajik hingga matang. untuk proses masak wajik tangan sendiri membutuhkan waktu cukup lama.

Hal ini karena kandungan air pada buah nanas sangat tinggi. Setelah wajik nanas matang, kemudian bungkus wajik nanas dan kemas. Rasa wajik nanas cukup unik, sensasi bulir-bulir kelapa, manisnya gula dan buah nanas yang sdikit asam dijamin mampu menggoyang lidah anda. nah, selain itu kandungan buah nanas bermanfaat antioksidan yang mengandung kalsium, fosfor, magnesium dan senyawa lainnya yang sangat baik bagi tubuh kita.

Wajik Nanas Legit

Wajik Tomat

Jika Biasanya tomat dijadikan sebagai bahan dasar dalam membuat sambal, nah di pulau Jawa tomat bisa diolah sebagai bahan dasar dalam membuat wajik. Tomat mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Seperti antioksidan, energi, karbohidrat dan bahkan serat yang baik untuk pencernaan anda. Anda penasaran bagaimana cara membuat wajik tomat? Kita simak berikut ini.

Wajik Tomat

Wajik tomat adalah olahan kreasi yang mengubah citarasa tomat bercampur satu dengan manisnya gula. Untuk membuat wajik tomat, jenis tomat yang digunakan adalah tomat granola yang telah berwarna merah. Tomat jenis ini memiliki bentuk bulat dan pangkal buah mendatar. Tomat granola sering di golongkan sebagai tomat buah, karena buahnya bisa di konsumsi secara langsung.

Proses pembuatannya cukup mudah. Potong sejumlah tomat, tambahkan parutan kelapa dan gula merah. Masak diatas api sedang dan aduk hingga kental. Setelah wajik tomat matang, angkat dan tunangkan kedalam nampan. Diamkan beberapa saat hingga wajik dingin dan sedikit mengeras. Selanjutnya wajik tomat siap dipotong dan di kemas.

Wajik Kletik

Lain lagi dengan yang satu ini. Masyarat Blitar Jawa Timur memiliki wajik yang berbeda, yaitu wajik kletik. Wajik kletik sangat terkenal di daerah Blitar. Pada saat dikunyah menjadi alasan wajik ini bernama wajik kletik. Cara pembuatan wajik kletik tidak berbeda dengan cara pembuatan wajik di daerah lainnya. Bahan dasarnya adalah beras ketan, gula jawa dan parutan kelapa. semua bahan wajik dicampur dan direbus serta diaduk hingga matang. adonan wajik yang telah matang di dinginkan lalu dipotong dan dibungkus.

Wajik kletik menjadi cemilan yang khas, karena dibalut dengan khasnya bungkus yang menggunakan klopot jagung. Klopot adalah pelepah bonggol jagung yang telah dibersihkan dan ditata serta dirapihkan sedemikian rupa. Tiap wajik dibungkus dengan ukuran yang cukup besar. Setelah dibungkus wajik dijait dan direnteng dengan bungkusan lainnya. Anda penasaran dengan rasa wajik kletik khas Blitar Jawa Timur ini.

Wajik Kletik Khas Blitas

Wajik Kenari

Olahan wajik terakhir yaitu wajik kenari. Kacang kenari merupakan kacang konsumsi yang banyak digunakan sebagai penghias kue. Selain karena rasanya yang gurih, kacang kenari juga memiliki banyak manfaat. Kandungan senyawa kacang kenari bisa melindungi tubuh dari penyakit larah. Selain itu, kacang kenari juga mengandung omega3 dan alpalinolikesit yang sangat berfungsi dalam meningkatkan fungsi dan kinerja arteri yakni pembuluh darah ke jantung. Untuk membuat wajik kenari sipakan santan, kacang kenari, gula merah cair, parutan kelapa dan tentu saja daun kelapa. kita masuk ketahap pertama.

Wajik Kenari

Bersihkan kacang kenari kulit dari kulitnya, kemudian rebus air gula dan masukan kacang kenari. Campurkan semua bahan dan aduk adonan hingga kental. Setelah kental angkat wajik dan siapkan daun kelapa. bungus wajik dengan mengikat kedua sisi bagian ujung daun kelapa dan biarkan hingga wajik dingin dan mengeras. Wajik kenari memiliki citarasa yang unik. Manisnya gula dipadu dengan kacang kenari yang gurih serta menjadikan olahan yang satu ini cocok sekali bagi anda sebagai kudapan saat beraktivitas.


Kata Kunci Halaman Ini:

wajik tomat, jenis jenis wajit, macam macam wajit, dibuat kreasi apa ya wajiknya, Cara membuat wajit tomat, cara membuat wajik tomat, cara membuat aneka wajit buah, cara buat wajik rasa buah, Cara bikin aneka wajit dari buah, apa saja aneka jenis wajit