Antara Olahraga Dulu Apa Makan Dulu, Tak Perlu Pusing!

Posted on

ArenaWanita.com | Olahraga Dulu Apa Makan Dulu Olahraga sangat penting bagi kebugaran dan kesehatan. Kadang memang membuat khawatir antara pilihan makan dulu sebelum olahraga supaya kuat, atau makan setelah olahraga sebagai pengganti tenaga. Olahraga dulu apa makan dulu kadang memang membingungkan. Jika olahraga tanpa makan dulu kita takut tidak dapat menyelesaikan proses olahraga.


Namun jika olahraga dulu baru makan yang ditakutkan adalah apa yang telah kita lakukan sia sia. Pasalnya, setelah kita membakar kalori, kita justru kembali menimbun kalori. Sebenarnya masalah Olahraga dulu apa makan dulu tidak perlu dipusingkan karena keduanya sama saja baiknya, asalkan jeda waktu dan asupan makanannya tepat. Berikut beberapa asupan yang tepat untuk 30-60 menit sebelum kita berolahraga.

  • Konsumsilah makanan yang tinggi karbohidrat
  • Konsumsilah makanan yang tinggi protein dalam porsi kecil. Protein berfungsi untuk memperbaiki jaringan otot.
  • Pilihlah makanan rendah lemak dan serat supaya penyerapan nutrisi berlangsung dengan cepat.
  • Beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi 30-60 menit sebelum olahraga antara lain sepotong buah, energy bar, sport bar, protein bar, energy gummy, atau cukuplah air mineral saja.

Baca juga artikel menarik :

Olahraga dulu apa makan dulu baiknya? Jika kita menginginkan untuk berolahraga dulu baru makan, maka ada baiknya berikan jeda waktu 1-2 jam untuk makan makanan yang berat. Hal ini supaya olahraga yang telah kita lakukan tidak sia sia. Jangan sampai setelah kita membaar kalori, justru kita kembali menimbun kalori. Beberapa asupan yang tepat untuk memulihkan tenaga setelah berolahraga adalah sebagai berikut:

  • Minuman elektrolit untuk mengganti cairan tubuh serta elektrolit yang hilang pada saat keringat keluar, dan energy bar.
  • Smoothie yogurt
  • Protein shake
  • Nasi beras merah dengan kacang kacangan
  • Sandwich sayuran san susu rendah lemak
  • Steak daging sapi bebas lemak dengan sayur dan nasi beras merah

Antara Olahraga Dulu Apa Makan Dulu

Seteah tahu bagaimana sebaiknya pola asupan makanan sebelum dan setelah berolahraga serta jeda waktu yang dibutuhkan, tentu sekarang tak perlu bingung lagi antara Olahraga dulu apa makan dulu bukan? keduanya bisa dilakukan asalkan dengan mengikuti patok patok yang telah ditetapkan demi hasil olahraga yang optimal. Jika saja kita makan berat 30 menit sebelum olahraga, tentu saja perut kita akan sakit.

Pasalnya otot perut masih harus mencerna makanan, namun oksigen dalam darah terbagi pada otot lengan dan kaki yang terus bergerak (berolahraga). Jika terjadi demikian, maka diamlah dulu selama 30 menit. Jika masih sakit diam lagi sampai 1 jam, dan seterusnya. Apabila 30 menit setelah berolahraga kita langsung kalap dengan makanan, percuma saja kita capek capek membakar kalori dan lemak. Santailah dulu sambil merilekskan otot.


Kata Kunci Halaman Ini:

sebaiknya kalo abis aerobic harus makan apa gak, manfaat olhraga sebelum makan, makan dulu baru olah raga atau olahraga dulu baru makan?, makan atau olahraga dulu, jeda waktu makan setelah aerobic atau olah raga berapa jam, sebelum olahraga makan dulu atau tidak, makan sblm senam ap senam trus makan, olah raga dulu apa makan dulu, konsumsi telur sebelum olah raga atau sebaliknya, lebi baik makan dulu apa lari dulu