Apa Itu Senam Hamil Yophytta? Simak Berikut Ini

Posted on

ArenaWanita.com beberapa waktu yang lalu membaca sedikit agenda menarik di Tabloid Mom&Kiddy tentang suatu perusahaan susu yang menyelenggarakan senam ibu hamil Yophitta Materna, atau bisa disebut senam hamil yophytta saja. Apakah bunda masih asing dengan senam Yophitta ini?

Jangan khawatir Bunda, ArenaWanita berusaha mencari lebih lanjut seperti apa senam hamil Yophitta itu. Senam Yophitta Matterna ini dapat menjadi alternatif senam hamil lain bagi bunda yang sedang hamil. Yang sudah biasa ada kan senam yoga, pilates, atau yang lainnya. Nah, senam yophitta ini merupakan senam hamil yang menggabungkan beberapa senam ibu hamil yaitu yoga, pilates, hypnotheraphy, dan Tai Chi. Senam yophytta ini dapat mulai dilakukan oleh bunda yang hamil minimal 5 bulan dan dinyatakan sehat secara medis.

Menurut penemu yang sekaligus instruktur senam Yophytta, Putu Arsaningsih, senam ini menggabungkan latihan fisik, mental dan spiritual sekaligus dalam satu sesi senam hamil yaitu sekitar satu hingga satu setengah jam.

Dengan dilakukan secara teratur diharapkan gerakan gerakan dalam senam yophytta ini dapat menghilangkan stress pada ibu hamil akibat adanya kekhawatiran saat melahirkan dan menjadikan ibu hamil merasa bugar, tenang, nyaman, dan relaks. Jika ibu dalam kondisi emosi yang stabil dan bahagia, maka sang janin juga akan dapat berkembang dengan optimal sehingga kelak akan lahir dengan sehat dan tumbuh dengan cerdas.


Gerakan gerakan fisik pada senam hamil Yophitta dapat memperkuat elastisitas otot dasar panggul dan dinding perut yang sangat berperan pada proses kehamilan dan persalinan. Sehingga diharapkan pada saat melahirkan dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, gerakan fisik pada senam ini dapat juga mengurangi keluhan yang biasa terjadi pada ibu hamil seperti nyeri sendi dan sakit pinggang.

Apa Itu Senam Hamil Yophytta

Secara spiritual, senam Yophytta dapat meningkatkan hubungan yang lebih erat antara ibu dan janin dan memberikan pikiran yang positif dalam menghadapi persalinan, emosi lebih stabil, dan menghilangkan stress. Kondisi spiritual seperti ini diharapkan dapat mengurangi rasa sakit saat proses melahirkan nanti.

Senam hamil Yophytta Materna mempunyai tiga tahapan:

Relaksasi olah pernafasan. Tahap pertama ini intinya seperti yoga, menyerap energi positif yang terhirup kemudian menyimpannya. Dan mengeluarkan energi begatif melalui pembuangan nafas.

Afirmasi atau membangun pikiran positif. Pada tahap ini, instruktur senam memberikan kata kata positif dan menanamkan bahwa proses kehamilan dan persalinan merupakan proses alami wanita yang harus disyukuri dan dinikmati.

Tahap ketiga ini, sang instruktur baru memberikan latihan fisik yang sebenarnya. Mulai dari gerakan peregangan, gerakan kupu kupu yang melatih daerah di antara kedua paha dan relaksasi daerah panggul, gerakan kucing yang berfungsi sebagai latihan mengejan saat melahirkan, sampai pada cara duduk dan berdiri yang benar agar tidak timbul nyeri sendi dan pinggul. Terakhir, tahapan ini ditutup dengan gerakan relaksasi selama 10 menit yang berfungsi untuk mengurangi gejala sulit tidur.

Bagaimana bunda? menarik bukan? Ingin mencoba senam hamil Yophytta ini?

Jika ingin mencoba, sebaiknya bunda konsultasi dulu ke dokter, dan segera hubungi pihak pihak yang biasa menyelenggarakan senam hamil.

Semoga selalu sehat Bunda^^


Kata Kunci Halaman Ini:

aneka resep gurita, Buah apel, model rambut cewe untuk pesta, Apel Fuji, Tutorial Hijab Pashmina Untuk Hang Out