Apa Saja Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil – Kehamilan adalah sebuah anugerah bagi seorang perempuan. Para calon ibu tentunya akan memberikan yang terbaik bagi janin yang ada di dalam kandungannya.


Memberikan yang terbaik bagi janin berhubungan dengan salah satunya yaitu memberikan asupan gizi yang baik bagi perkembangan si janin. Asupan gizi yang baik bagi calon ibu bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi.

Makanan-makanan tersebut bisa diperoleh dari mengonsumsi buah. Tetapi apakah semua buah yang ada, bisa cocok dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Seperti halnya buah melon, buah ini menjadi favorit kebanyakan orang karena rasanya yang manis dan harumnya yang khas menarik untuk dimakan.

Apalagi buah melon memiliki kandungan air yang lumayan tinggi. Menurut beberapa ahli mengatakan bahwa melon ternyata sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu, apa saja manfaat buah melon untuk ibu hamil dan untuk si janin?

Buah melon mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat tinggi. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kandungan vitamin dan nutrisi buah melon ini sangat baik untuk ibu hamil sendiri maupun bagi perkembangan janin. Nah, manfaat buah melon untuk ibu hamil antara lain yaitu:

Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil

  • Mencegah dehidrasi: Melon pada dasarnya mengandung air yang cukup banyak, sehingga dapat menyegarkan. Nah, hal itu sejalan dengan keadaan ibu hamil yang memerlukan air yang cukup besar guna mendukung perubahan metabolisme pada tubuh. Seperti yang diketahui pada trisemester pertama ibu hamil biasanya akan mengalami mual dan muntah, sehingga menyebabkan dirinya bisa terkena dehidrasi. Oleh karena itu dengan mengonsumsi melon dapat mengganti air mineral dan membuat perut terasa nyaman.
  • Dapat mengatasi rasa mual yang berlebihan: Melon dapat memberikan efek nyaman dan menyegarkan di perut ibu hamil. Jika para ibu hamil susah untuk makan khususnya di trisemester pertama, para ibu bisa mengonsumsi buah melon yang dipotong kecil-kecil.
  • Menormalkan tekanan darah: Kandungan kalium yang tinggi pada melon dapat berfungsi mengatur tekanan darah. Nah, oleh karena itu bagi ibu hamil yang mengonsumsi melon dapat terjaga tekanan darahnya, dan terhindari dari tekanan darah tinggi ataupun tekanan darah rendah.

Baca juga:

Manfaat buah melon untuk ibu hamil lainnya antara lain yaitu:

  • Membantu pembentukan jaringan organ pada janin: Ibu hamil dan janin yang ada di kandungannya membutuhkan fosfor dalam rangka mempersiapkan ibu hamil saat proses kelahiran. Fosfor juga berfungsi menjaga sistem pembekuan darah, memperbaiki fungsi ginjal dan juga jantung.
  • Mendukung pembentukan gigi dan tulang: Kalsium yang terkandung dalam melon dapat berfungsi untuk membantu perkembangan janin, yaitu membantu pembentukan tulang gigi. Kalsium pun berguna untuk pembentukan struktur kerangka si janin.