Apa Saja Penyebab Rambut Rontok? Mari Kita Kenali

Posted on

ArenaWanita.com | Apa Saja Penyebab Rambut Rontok – Sebelum melangkah pada cara atau solusi yang bisa menghilangkan masalah rambut rontok, anda harus terlebih dulu mengetahui apa penyebab rambut rontok yang menimpa anda tersebut. Hal ini penting, agar anda tidak salah mengaplikasikan solusi pada rambut anda, yang jangan-jangan malah akan membawa pada kerusakan yang lebih parah.

1. Kenali dulu kronologi rontoknya rambut

Mengetahui asal asul rontoknya rambut anda adalah hal pertama yang bisa anda lakukan sebagai cara mendiagnosis apa penyebab rambut rontok. Misalnya, sebelum anda menggunakan shampo merk A, anda tidak pernah mengalami kerontokan. Namun sesudah menggunakannya, rambut anda mulai rontok meskipun dalam hal lain rambut anda terlihat lebih lembut dan berkilau (misalnya). Untuk menanggulanginya, anda bisa melakukan percobaan untuk berhenti sejenak menggunakan shampo merk A tersebut dan beralih kembali pada shampo yang sebelumnya. Jika kondisinya lebih baik, artinya memang anda tidak cocok menggunakan shampo tersebut.

2. Faktor umur

Saat menginjak usia tua, jangan bingung bertanya mengenai apa penyebab rambut rontok, karena rambut rontok merupakan salah satu gen bawaan yang dominan pada laki-laki. Walaupun pada perempuan sifat ini resesif, namun pada kenyataannya banyak juga wanita yang mengalami kerontokan rambut, meskipun rentan waktunya lebih lambat dari pada pria. Oleh karena itu, saat usia anda mulai menginjak tua, jangan kaget jika satu demi satu helai rambut anda mulai terlepas dari kulit kepala.

3. Faktor keturunan

Jika gen rambut rontok dimiliki oleh para penduhulu anda, bisa jadi gen tersebut akan menurun pada keturunan selanjutnya, termasuk anda. Untuk mengetahuinya, anda bisa memeriksakan DNA anda untuk kemudian dibaca gen apa saja yang ada di dalam tubuh anda. Namun, proses ini akan memakan waktu lama, sehingga sebaiknya anda menelusurinya sendiri dengan bertanya pada generasi-generasi yang lebih tua mengenai riwayat pendahulu-pendahulu anda.


4. Konsumsi obat

Pada beberapa obat tertentu, kandungannya bisa jadi merupakan jawaban dari apa penyebab rambut rontok yang menimpa anda. Jika demikian, anda tak perlu begitu khawatir karena biasanya hal ini tidak terjadi dalam kurun waktu yang lama. Tunggulah beberapa hari setelah terakhir kali anda mengkonsumsi obat, dan lihatlah rambut anda pasti sudah tidak rontok lagi.

Penyebab Rambut Rontok

5. Gaya Rambut

Jika anda sering mengikat rambut anda secara kencang, rambut akan sering tertarik dan otomatis tercabut dari akarnya. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, kulit kepala akan menjadi tidak sehat dan akan menimbulkan permaslahan lain selain rambut rontok. Oleh karena itu, sering-seringlah mengurai rambut dan memanaskannya di atas matahari di bawah pukul 8 pagi. Sinar matahari pagi akan menutrisi kulit kepala sehingga akar-akarnya lebih kuat menancap.