Apakah Kurang Tidur Menyebabkan Gemuk?

Posted on

ArenaWanita.com | Apakah Kurang Tidur Menyebabkan Gemuk? – Pernah mendengar pertanyaan semacam ini, “apakah kurang tidur menyebabkan gemuk?”. Bagaimana setelah Anda ditanya hal demikian? Pasti ada banyak ekspresi jawaban yang ditunjukkan.

Ada yang menjawab, “ah, masa sich? Bukannya yang bikin gemuk itu karena kebanyakan tidur ya?” atau barangkali “iya kali.” atau mungkin juga “hah! Emang iya?”. Tapi ada juga yang hanya tertawa mendengarnya seolah ini sebuah lelucon.

Bagi orang awam, mungkin akan tertawa ketika mendengar pertanyaan tersebut. Karena mereka terpaku pada pernyataan yang bunyinya, “Awas loh jangan kebanyakan tidur, ntar malah jadi gemuk loh!”. Biasanya kalimat seperti tu dikatakan orang tua untuk memotivasi anaknya agar mau bertivitas, tidak hanya diam di dalam rumah.

Menurut penelitian kesehatan, ketika seseorang kurang tidur, hormon yang memicu nafsu makan justru akan meningkat drastis. Sehingga secara otomatis pola makan pun akan bertambah porsinya menjadi semakin banyak. Jika hal ini terjadi terus-menerus dan dalam waktu yang lama, maka bisa dipastikan tubuh Anda akan bertambah gemuk dalam waktu yang relatif singkat.

Bahkan yang lebih parahnya lagi, Anda bisa terserang obesitas atau berat badan yang berlebihan sehingga membuat Anda merasa berat untuk beraktivitas. Jadi, apakah kurang tidur menyebabkan gemuk? Jawabannya, tentu iya.

Apakah Kurang Tidur Menyebabkan Gemuk

Bertumbuh gemuk apalagi sampai obesitas, tentu bukan tujuan hidup Anda. Selain efek berat ketika akan melakukan aktivitas. Orang bertubuh gemuk berpotensi tinggi terkena penyakit-penyakit berbahaya lainnya, seperti diabetes. Menyeramkan, bukan? Oleh sebab itu, mulai dari sekarang kurangilah jam begadang Anda setiap malam.

Tidulah di waktu yang baik yaitu sekitar pukul 21.00-05.00. Penelitian mengatakan bahwa waktu tidur yang baik adalah 7-8 jam per hari. Tidak kurang dan tidak pula lebih. Lakukan mulai saat ini, karena kurang tidur menyebabkan gemuk.

Anda sudah mencoba untuk tidur, tetapi tetap tidak bisa karena beberapa hal. Antara lain pekerjaan yang masih menumpuk, film bagus atau insomnia. Jika salah satu dari tiga hal tersebut adalah masalah Anda. Maka Anda perlu mencari solusinya.

Yang pertama jika pekerjaan Anda yang masih menumpuk, lebih baik menyelesaikannya di siang hari atau di pagi hari sekitar pukul 03.00-04.30. Di waktu tersebut, suasana masih sangat tenang, sejuk dan damai. Anda bisa dengan tenang menyelesaikan pekerjaan Anda. Jika masih belum bisa juga, belajarlah sedikit demi sedikit agar Anda terbiasa. Yang kedua adalah masalah film.

Baca juga:

Untuk yang satu ini, lebih baik Anda tinggalkan saja karena menjaga kesehatan jauh lebih penting dari pada menonton film. Sehat itu mahal harganya. Selanjutnya adalah insomnia, ini adalah penyakit sulit tidur. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk penanganannya. Itulah beberapa uraian mengenai ‘Apakah Kurang Tidur Menyebabkan Gemuk?’.

Kata Kunci Halaman Ini:

Apakah kurang tidur dapat membuat badan gemuk apa solusinya?, insomnia bi, insomnia gemuk, insomnia menyebabkan gemuk, syair tidula jangan bergadang

Baca Juga: