Awas Jangan Asal Isi Pertalite ke Motor Kamu, Jika Salah Fatal Akibatnya. Berikut ini Daftar Motor yang Cocok dengan BBM Ini

Posted on

ArenaWanita.com – Seperti kita ketahui, Pertalite resmi menukar tempat premium jadi bahan bakar kendaraan bermotor. Banyak yang telah berpindah ke bahan bakar paling baru dari pertamina ini.

Perlu untuk diketahui nilai oktannya berada di angka 90, dibawah Pertamax (92) serta diatas Premium (88). Lantas motor seperti apa yang pas dengan bahan bakar begini?

Awas Jangan Asal Isi Pertalite ke Motor Kamu, Jika Salah Fatal Akibatnya. Berikut ini Daftar Motor yang Cocok dengan BBM Ini

Diterangkan oleh pakar System Pembangkit Daya-Perawatan Mesin dari Institut Tehnologi Bandung (ITB), Dr. Ir. Tri Yuswidjajanto yang menolong pengetesan Pertalite, RON 90 pas untuk mesin dengan kompresi pada 9 hingga 10 banding 1.

Tengah di atas itu, baiknya telah gunakan RON 92.

” Di Indonesia sendiri, rentang kompresi mesin sepeda motor ada pada 7 hingga 11, 5, ” tuturnya. Meskipun demikian, pria ramah ini menyatakan bila kendaraan dengan mesin berkompresi 9 hingga 10 banding 1, populasinya paling banyak di Indonesia.

” Itu penyebabnya akan banyak customer yang kendaraannya pas dengan spesifikasi bensin Pertalite, ” katanya. Oktan jadi perlu karna semakin tinggi oktan jadi bensin tidak gampang terbakar sebelumnya saatnya. Kompresi tinggi serta suhu tinggi dapat membuat bensin terbakar lebih dahulu sebelumnya dipantik busi. Dampaknya, tenaga loyo serta boros BBM.

Pihak produsen juga menyongsong senang, dengan harga lebih terjangkau serta kwalitas yang baik dipercaya dapat membuat komponen ruangan bakar jadi lebih awet.

” Hadirnya Pertalite 90 adalah kewajiban waktunya motor telah menjangkau standarisasi emisi Euro 3. Pertalite 90 buat motor Yamaha semakin hemat serta awet, ” ungkap M Abidin, GM Service serta Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Indonesia (YIMM).

Baca Juga: