Awas, Sering Makan Ikan Asin Dapat Memicu Kanker!

Posted on

ArenaWanita.com – Apakah ikan asin jadi satu diantara lauk favorite Anda? Apabila iya, tunggulah dahulu. Bukanlah punya maksud menakut-nakuti, namun sekedar hanya mengingatkan ; kalau konsumsi ikan asin terus-terusan bisa menyebabkan munculnya kanker nasofaring dengan kata lain kanker pangkal tenggorokan.

Satu riset menyampaikan bila orang yang mempunyai rutinitas makan ikan laut yang diawetkan, seperti ikan asin atau ikan asap, lebih memiliki resiko untuk memperoleh penyakit ini. Substansi nitrosamin yang diketemukan pada ikan yang diawetkan, apabila diberi terus-terusan pada tikus, dapat dibuktikan bisa menyebabkan kelainan sejenis kanker nasofaring.

Awas, Sering Makan Ikan Asin Dapat Memicu Kanker

Ikan asin ini memiliki kandungan nitrosamin yang bisa aktifkan virus Epstein-Barr. Virus berikut ini sebagai sebab paling utama kanker nasofaring (kanker kanker tenggorokan atau THT). Menurut riset, penyakit ini semakin banyak menyerang pria dibanding wanita. Perbandingannya sekitaran 2 : 1.

Nah, usut miliki usut, kanker ini bisa diketemukan di beberapa negara didunia.

Namun, paling banyak ada di Tiongkok seletan. Bahkan juga, keturunan Tionghoa yang tinggal di Amerika Serikat, tidak sedikit yang menanggung derita penyakit ini.

Selidik miliki selidik, banyak daerah di Tiongkok miliki kebiasaan memberi ikan asin pada anak mereka mulai sejak bayi. Jadi makanan penambahan maksudnya.

Jadi, apakah kita tidak bisa konsumsi ikan asin? Sesungguhnya, bila sesekali makan ikan asin tidak problem.

Namun, janganlah terus-terusan. Diluar itu, menu makan kita mesti divariasikan dengan makanan fresh yang lain. Ingat juga, janganlah terus-terusan konsumsi makanan kalengan atau awetan.

Baca Juga: