Bagaimana Cara Atau Tips Membeli Rumah di Perumahan?

Posted on

ArenaWanita.com | Tips Membeli Rumah di Perumahan – Jika saat ini anda ingin membeli rumah di perumahan, maka ada beberapa hal atau tips membeli rumah di perumahan yang penting untuk anda ketahui. Yang pertama, anda harus melakukan survey dengan mendetail tentang perumahan yang telah menarik perhatian anda.

Survey bisa anda lakukan melalui internet atau langsung ke lapangan. Kemudian yang ke dua, pilih lah posisi di dalam cluster. Untuk anda yang merupakan keluarga muda memiliki anak kecil, rumah dalam cluster lebih memudahkan untuk memanajemen anak.

umah di dalam cluster juga lebih aman karena aka nada satpan untuk menjaga keluar masuknya kendaraan. Yang ke tiga, sesuaikan arah rumah. Ingat lah bahwa matahari terbit dari sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat. Sesuaikan terlebih dahulu anda ingin mendapatkan sinar matahari di pagi atau sore hari.

Yang ke empat yaitu, datangi marketing atau pemasaran perumahan dan minta lah informasi lebih detail tentang rumah yang akan anda beli.


Minta lah kepada pihak pemasaran perumahan untuk mengantarkan anda ke lokasi yang anda pilih. Interview satpam atau tetangga jika anda informasi yang masih kita butuhkan. Tips membeli rumah di perumahan yang ke lima yaitu, ihat lah status rumah. Status rumah itu ada dua, yaitu siap huni dan indent. Status rumah yang siap huni biasanya anda bisa langsung melihat isi rumah yang akan anda beli. Namun beberapa perumahan itu menggunakan indent.

Tips Membeli Rumah

Jadi anda hanya bisa melihat lokasi melalui gambar site map, anda harus menunggu selama 8 hingga 24 bulan dari akad kredit dalam proses pembangunan rumah. Yang ke enam yaitu tentang harga rumah. Biasanya harga rumah itu sudah termasuk dengan PPN 10%, kemudian biaya Akta Jual Beli serta biaya Sertifikat Hak Guna Bangunan. Namun harga tidak termasuk bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan dan biaya KPR.

Tips Membeli Rumah di Perumahan

Apabila KPR lancar, maka sekitar 10 hingga 30 hari setelah anda membayar DP sudah bisa akad kredit. Akad kredit merupakan sebuah titik awal di mulainya KPR anda. Pada bulan berikutnya sudah mulai membayar angsuran per bulan anda. Saat akad kredit, pihak bank dan notaris akan menawarkan mengajukan peningkatan hak yang semula dari Hak Guna Bangunan menjadi Hak Milik.

Baca juga:

Dalam mengurus hak milik ini biasanya akan memerlukan biaya kurang lebihnya 5 hingga 6 juta, dan dapat di ajukan pada awal kredit atau setelah anda menyelesaikan angsuran. Untuk rumah siap huni, akan memerlukan waktu 1 hingga 2 bulan dari akad kredit. Proses 1 hingga 2 bulan tersebut di pergunakan untuk melakukan pengecatan ulang, pembersihan rumah dan lain sebagainya. Itu lah beberapa tips membeli rumah di perumahan yang perlu anda ketahui.