Mengenal Bagaimana Cara Merawat Rambut Kering dan Kusam

Posted on

ArenaWanita.com | Bagaimana Cara Merawat Rambut Kering dan Kusam – Mempunyai rambut yang kering dan kusam sangatlah membuat kita tidak nyaman. Akibat dari rambut yang kering dan kusam menjadikan penampilan kita menjadi kurang menarik.


Rambut yang kering dan kusam juga rentan dengan gatal dan rontok, bahkan jika sudah sangat parah dapat menyebabkan rambut anda bercabang. Apabila anda sedang mengalami masalah ini maka anda dianjurkan membaca bagaimana cara merawat rambut kering dan kusam ini.

Rambut yang kering dan kusam disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari terlalu sering keramas, terlalu banyak terkena terik siang hari, dan polusi. Bahkan jika anda terlalu sering merawat rambut anda dengan produk berbahan kimia juga malah menambah kemungkinan rambut anda menjadi kering dan kusam.

Jika anda bertanya-tanya masalah tentang bagaimana cara merawat rambut kering dan kusam, anda berada pada artikel yang tepat untuk masalah itu. Yuk kita simak beberapa tipsnya.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun memang sudah dikenal dengan khasiatnya akan berbagai hal. Minyak zaitun mengandung berbagai vitamin, protein dan mineral yang diteliti berguna untuk kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Bagaimana cara merawat rambut kering dan kusam dengan minyak zaitun? Caranya adalah dengan memijatkannya pada kulit kepada secara merata 30 menit sebelum berkeramas. Cara ini dilakukan agar pori-pori pada kulit kepala terbuka dan merangsang minyak alami rambut anda keluar dengan lancar.

cara-merawat-rambut-kering-dan-kusam

  • Kondisioner

Penggunaan kondisioner setelah keramas dapat melembabkan rambut kering anda dan membuatnya menjadi lebih berkilau serta mudah untuk diatur. Jangan lupa untuk memakai kondisioner yang cocok dengan rambut anda dan berbahan alami.

  • Ramuan alami

Ramuan alami ini dapat anda buat dengan bahan jeruk lemon segar, madu dan sandalwood oil. Cara membuatnya gampang, pertama peras jeruk lemon segar. Tambahkan sedikit air, madu dan sandalwood oil pada perasan jeruk segar dan aduk hingga merata. Cara pemakaiannya sangat mudah. Oleskan ramuan tadi pada rambut sembari melakukan pemijatan hingga merata. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air hangat.

  • Hindari menyisir rambut saat rambut kering

Menyisir pada saat rambut kering akan mengakibatkan kerontokan rambut.

  • Hindari pemakaian cat rambut

Pemakaian cat rambut berakibat pada rambut yang kusam dan susah diatur. Karena penyerapan minyak alami rambut akan terhambat.

  • Kurangi pemakaian hair dyer

Pemakaian hair dryer yang terlalu sering akan membuat rambut anda kering dan kusut.

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara merawat rambut kering dan kusam. Untuk terapi-terapi seperti minyak zaitun dan ramuan alami dapat anda lakukan secara rutin agar mendapat hasil yang optimal. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin juga dapat membantu anda dalam merawat rambut kering dan kusam. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.