Bagaimana Cara Merawat Wajah Berjerawat dan Berminyak dengan Cepat

Posted on

ArenaWanita.com | Bagaimana Cara Merawat Wajah Berjerawat dan Berminyak – Bagaimana cara merawat wajah berjerawat? Mungkin pertanyaan tersebut sering menghinggapi sebagian dari kita. Wajah berjerawat biasanya berawal dari wajah yang berminyak.

Hal ini dapat disebabkan karena masing-masing orang pasti memiliki kelenjar minyak yang berbeda-beda. Kelenjar minyak yang ada di bawah kulit ini akan mengeluarkan minyak di kulit.

Kulit yang berminyak tersebut apabila terkena polusi, debu, maupun kotoran lainnya akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan muncullah komedo. Komedo pada wajah merupakan cikal bakal timbulnya jerawat.

Komedo biasanya terlihat cukup jelas pada wajah seperti adanya bintik hitam maupun kotoran berwarna putih yang muncul di pori-pori. Untuk itu, usahakan pori-pori wajah terbebas dari sumbatan kotoran agar menhindari munculnya jerawat.


Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk dapat menghindarkan wajah dari jerawat seperti rajin mencuci muka dengan sabun permbersih, mengurangi makanan yang berlemak, serta banyak olah raga. Namun, apabila kita sudah terlanjur memiliki wajah yang ditumbuhi oleh jerawat sebaiknya jangan panik terlebih dahulu.

Cara Merawat Wajah Berjerawat dan Berminyak

Ada cara-cara jitu untuk dapat mengusir jerawat tersebut. Nah, bagaimana cara merawat wajah berjerawat yang muncul? Berikut langkah-langkah untuk merawat wajah yang berjerawat tersebut:

  1. Langkah awal yakni membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih wajah yang mengandung sedikit deterjen minimal dua kali sehari. Hal ini ditujukan agar wajah bebas dari minyak serta kotoran maupun debu yang dapat menyumbat pori-pori di wajah.
  2. Langkah kedua ialah menggunakan produk kecantikan yang mengandung oil control guna mengurangi kadar minyak dalam wajah. Kelebihan kadar minyak pada wajah sangat berpotensi untuk menimbulkan jerawat.
  3. Selanjutnya perbanyaklah konsumsi air putih. Usahakan minum air putih sebanyak dua liter sehari atau delapan gelas karena dapat menghindarkan kulit dari kusam dan kering. Air putih juga mampu mempertahankan kelembaban pada kulit terutama pada wajah.
  4. Jagalah pola makan sehari-hari. Selalu perbanyaklah makan buah dan sayur agar kulit mendapatkan nutrisi yang tepat. Hindarilah makan makanan yang berlemak karena semakin menyebabkan kulit mudah berjerawat.
  5. Untuk merawat kulit yang berjerawat dapat juga mengatur jadwal olah raga. Olah raga yang teratur dapat menghindarkan wajah dari jerawat karena olah raga termasuk ke dalam salah satu gaya hidup sehat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tentu saja jerawat pada wajah dapat mengganggu penampilan, sehingga dapat menurunkan kadar rasa percaya diri. Bagaimana cara merawat wajah berjerawat yang baik dan benar tanpa efek samping memang perlu kita ketahui agar jerawat dapat dengan mudah kita singkirkan. Sebaiknya tahap demi tahap diperhatikan dengan baik agar wajah mulus berseri dapat dengan mudah kita dapatkan.

Baca juga:

Ada tambahan lagi untuk mengatasi jerawat tersebut yakni dengan tidur secara teratur dan usahakan untuk tidak begadang demi menjaga keremajaan kulit kita. Untuk itu kita sudah tidak perlu pusing lagi dengan bagaimana cara merawat wajah berjerawat dengan praktis dan terbukti ampuh tersebut.


Kata Kunci Halaman Ini:

jadwal keseharian untuk orang yang merawat wajah berjerawat