Bagaimana Desain Interior Rumah Mungil Minimalis dan Sederhana Itu?

Posted on

ArenaWanita.comDesain Interior Rumah Mungil Minimalis dan Sederhana | Siapa yang tidak menginginkan rumah yang besar lengkap dengan kolam renang, taman yang luas, garasi besar, dan sebagainya. Ya, bagi sebagian orang pasti menginginkan memiliki rumah idaman seperti itu.

Namun, semuanya itu harus kita kembalikan pada kemampuan yang kita miliki untuk memiliki atau membangun sebuah rumah. Tentunya jika kita berpenghasilan atau memiliki uang yang pas-pasan kita tidak dapat memiliki rumah yang besar dengan kolam renang dan sebagainya, bukan?

Oleh karena itu meskipun kita hanya bisa membeli sebidang tanah yang tidak luas, kita tetap bisa mendesain rumah dengan cantik dan indah. Lalu, bagaimana caranya? Pertama, kita harus membuang pikiran bahwa rumah yang indah tersebut adalah rumah yang mewah dan besar.

Rumah yang indah tentunya berasal bagaimana kita mendesain rumah itu agar indah dan cantik dilihat oleh orang meskipun hanya berdiri di lahan yang sempit. Mungkin kita bisa mencoba desain interior rumah mungil minimalis dan sederhana.


Sebelum jauh membahas mengenai desain interior rumah mungil minimalis dan sederhana, lebih kita mengenal lebih dalam seperti apa itu desain interior rumah mungil. Rumah mungil atau sebutan rumah kecil, pada dasarnya berdiri di atas lahan yang kecil atau tidak luas.

Desain Interior Rumah Mungil

Untuk itu mempengaruhi ukuran-ukuran setiap ruangan pada rumah tersebut. Di sini rumah mungil agar dapat terlihat luas ada beberapa trik yang dapat digunakan, salah satunya adalah meminimalkan penggunaan sekat pada setiap ruangan.

Ya, jika kita lihat pada umumnya untuk menjaga privasi pemilik rumah tersebut, setiap ruangan akan diberi sekat, bukan? Nah, pada rumah mungil ini, sekat-sekat tersebut diminimalkan penggunaannya. Bukan berarti pada ruang-ruang yang benar-benar privat tidak diberi sekat, melainkan misalnya untuk ruang makan dapat dijadikan satu dengan ruang keluarga atau dapur. Bisa juga pada ruang tamu bisa dijadikan satu dengan ruang keluarga tanpa sekat dinding dan sebagainya.

Interior Rumah Mungil Minimalis dan Sederhana

Selain meminimalkan penggunaan sekat, rumah mungil agar dapat terlihat lebih luas dalamnya juga bisa memanfaatkan penggunaan kaca. Kaca berfungsi dapat memberikan efek sebuah ruangan menjadi luas. Pilihlah kaca yang lebar dan besar atau sesuaikan dengan area yang akan kita buat dengan efek lebih luas. Pemilihan perabotan tentunya juga mempengaruhi luas area dalam rumah kita.

Jika rumah sudah sempit dan masih ditambah dengan perabotan di sana dan di sini tentunya akan membuat rumah mungil kita bertambah sempit, bukan? Bijaklah dalam memilih perabotan, usahakan minimalkan penggunaan perabotan yang besar dan mudah pecah seperti guci. Mungkin kita bisa pasang lukisan, pigura foto, dan sebagainya. Untuk desain interior rumah mungil minimalis tidak jauh berbeda dengan desain pada rumah mungil atau kecil.

Rumah mungil minimalis pada dasarnya seperti desain rumah mungil hanya saja modelnya adalah model minimalis. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa rumah minimalis saja meminimalkan penggunaan perabotan, penggunaan warna yang lebih gelap, dan sebagainya. Nah, selain itu rumah minimalis memang lebih cocok untuk rumah-rumah dengan lahan yang tidak terlalu luas.

Baca juga:

Desain interior rumah mungil sederhana dengan model minimalis bisa dicoba dengan pembagian ruangan yaitu 1 ruang tamu digabung dengan ruang keluarga, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 dapur. Untuk warna pada dinding bisa menggunakan warna krem, cokelat, atau putih. Dan yang perlu diingat adalah tambahkan kaca atau cermin misalnya pada ruang tamu agar memberikan kesan/efek luas.