Bagaimana Langkah Tepat Untuk Mendesain Taman Yang Bisa Beradaptasi?

Posted on

ArenaWanita.com | Langkah Tepat Untuk Mendesain Taman Yang Bisa Beradaptasi – Era globalisasi telah mendominasi pada saat ini, dengan memberikan perubahan secara drastis pada berbagai aspek kehidupan manusia, mulai dari ekonomi, politik, sosial, budaya dan aspek keilmuan serta masih banyak lagi. Dengan era globalisasi ini maka manusia pastinya harus mempertahankan hidupnya dengan beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Dilain sisi, makhluk hidup jenis lainnya seperti hewan dan tanaman juga harus melakukan hal serupa supaya bisa bertahan hidup. Jika manusia mungkin telah ditemukan cara yang tepat dan aman, namun bagaimana dengan makhluk hidup dan ekosistem lainnya, seperti ekosistem taman yang ada di rumah atau di tengah kota. Pada artikel kali ini penulis akan membahas tentang bagaimana cara mendesain taman yang baik serta tahan akan berbagai gangguan luar.

Pada artikel ini akan diberikan langkah yang cukup mudah untuk menata taman rumah anda seindah mungkin dan tahan lama menurut metode dari Benjamin Vogt, yaitu yang pertama adalah jumlah rumput di taman anda. Kalau anda menginginkan halaman rumah anda menjadi taman terindah anda maka kurangi jumlah rumput yang ada disana.

Maksudnya ialah rumput – rumput tersebut tentu membutuhkan perawatan seperti penyiraman secara rutin dan pemupukan, sedangkan di era globalisasi ini iklim tentu tidak mendukung untuk hal tersebut baik karena iklim yang cenderung sangat panas atau hujan terus menerus. Yang terpenting adalah anda harus berani untuk mengeluarkan dana yang fantastis demi tercapai keinginan itu.


Cara kedua adalah cara yang cukup mudah, yaitu memakai jenis tanaman yang berasal dari daerah anda sendiri. Misalkan anda tinggal di Afrika maka gunakan lah tanaman yang memang berasal atau asli dari sana. Dengan kata lain tanaman tersebut pasti bisa beradaptasi dengan mudah terhadap lingkungannya.

Bagaimana Langkah Tepat Untuk Mendesain Taman Yang Bisa Beradaptasi

Langkah selanjutnya, ialah menanam tanaman di taman anda dengan berbagai variasi tanaman yang tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan 10 sampai 20 tahun mendatang saja melainkan seterusnya. Cara ke empat adalah variasikan taman anda dengan berbagai isi seperti pohon, tanaman kecil, tanaman berbunga dan lain sebagainya. Maksudnya disini adalah untuk meningkatkan variasinya dan memberikan kesan unik pada taman rumah anda sendiri.

Mendesain Taman Yang Bisa Beradaptasi

Dan langkah terakhir adalah lindungi lingkungan anda dengan cara memanfaatkan berbagai elemen yang ada disana seperti memakai air hujan untuk menyiram tanaman. Selain itu anda harus tetap terus menanam tanaman agar tanaman tersebut lambat laun akan bisa beradaptasi.

Baca juga:

Penggunaan pupuk kompos ( pupuk non kimia ) ini bisa menjadi pilihan utama agar tanaman bisa kuat dan tahan lama. Demikian saja penjelasan dari penulis tentang artikel cara mendesain atau menata taman secara lengkap dan proporsional kepada para pembaca semua agar paham dan bisa menerapkannya.