Ini Loh Bahan Alami Pengusir Gatal Kulit Kepala yang Ampuh

Posted on

ArenaWanita.com – Masalah kulit bisa terjadi dimana saja tidak terkecuali dibagian kulit kepala. Jika anda mengalami kulit kepala yang kering mengelupas dan gatal, hal ini bisa saja disebabkan karena mengalami dehidrasi atau kesalahan dalam perawatan kulit kepala.

Selain itu, kurangnya nutrisi dan infeksi jamur dikulit kepala bisa juga menjadi penyebabnya. Tak jarang gatalnya kulit kepala yang juga disertai adanya ketombe, disebabkan oleh stress, kutu atau virus pada kulit kepala. Apapun penyebab gangguan rasa dan pengelupasa pada kulit kepala harus dijadikan solusinya.

Dan salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami, bahan-bahan apa sajakah itu? Berikut ArenaWanita.com telah merangkum informasinya untuk anda.

  • Lidah Buaya

lidah buaya atau aloe vera adalah salah satu tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Lidah buaya mengandung 72 zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantara ke 72 zat yang dibutuhkan tubuh itu terdapat 18 macam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon dan zat golongan obat.

Zat golongan obat seperti anti septik, anti bakteri dan anti jamur yang terdapat dalam gel inilah yang berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan juga bisa dimanfaatkan untuk kulit kepala.

Gel yang diperoleh dari lidah buaya bekerja dengan 2 cara, sifat anti bakterinya mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi kulit kepala dan sifat pendinginan yang didalamnya bisa menenangkan serta membantu mencegah rasa gatal dan terbakar pada kulit kepala.

Lidah Buaya

Cara penggunaannya tidaklah sulit, setelah dicuci potonglah daun lidah buaya dan keluarkan gelnya. Kemudian haluskan lalu oleskan dikulit kepala dan biarkan 10 menit. Kemudian bilaslah rambut anda sampai bersih.

  • Lemon

Lemon merupakan buah yang sangat kaya akan kalsium, vitamin C, magnesium dan kalium, yaitu mineral dan antioksidan yang baik untuk merawat serta melindungi rambut dan kulit kepala yang sering terpapar sinar matahari dan debu. Kandungan lemon tersebut akan menjaga kepala anda dari kondisi rambut lepek, kulit kepala gatal, ketombe, rambut rontok dan lainnya.

Lemon

Cara menggunakan lemon untuk menjaga masalah rambut dan kulit kepala pun terbilang mudah. Cukup usapkan 3 sendok air lemon pada rambut dan kulit kepala, kemudian pijat-pijat kepala selama 5 menit. Lalu bilas rambut dengan air dingin sampai bersih. Lakukanlah perawatan ini setiap hari, agar ketombe segera hilang dari kulit kepala anda.

  • Cuka Sari Apel

Cuka sari apel atau apple cider vinegar juga disebut sebagai obat ajaib, karena kandungan nutrisinya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Cuka sari apel dihasilkan dari proses fermentasi buah apel yang kaya akan enzim, mineral dan nutrisi. Dalam cuka sari apel terdapat sifat anti jamur yang kuat, hal inilah yang membuat cuka apel bermanfaat untuk mengobati infeksi seperti sariawan dan gatl dikulit kepala.

Cuka Sari Apel

Cara menggunakan cuka apel dalam mengatasi kulit kepala adalah sebagai berikut. Cucilah rambut anda kemudian campur 2 bagian cuka apel dengan 1 bagian air hangat. Tuang secara langsung campuran cuka apel tersebut keatas rambut yang bersih. Lakukan pemijatan lembut sampai campuran cuka apel pada rambut mengering, diamkan, kemudian bilas hingga bersih. Penggunaan cuka sari apel ini dapat dilakukan rutin seminggu sekali.

  • Minyak Esensial

Karena sifat minyak esensial yang tidak meninggalkan noda dan tidak mengandung asam, maka penggunaan minyak esensial yang dioleskan kekulit kepala juga membantu memelihara dan melembabkan kulit kepala serta mencegah infeksi bakteri serta jamur. Bahkan minyak esensial lavender berguna untuk membunuh kutu dan telurnya.

Minyak Esensial

Cara pemakaiannya anda bisa mengoleskan minyak esensial seperti minyak kelapa, minyak almon, minyak lavender, minyak zaitun dan minyak peppermint dalam bentuk encer, terutama jika kulit kepala anda sensitif. Gunakan ujung jari untuk menggosokan minyak kekulit kepala dengan gerakan melingkar. Setelah itu olesakan pula minyak keseluruh rambut hingga merata dan tunggu selama 15 menit. Terakhir, jangan lupa untuk bersihkan minyak dengan keramas menggunakan shampo lembut.

  • Daun Seledri

Penyebab lain yang bisa memicu rasa gatal dikepala adalah penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebihan. Rata kasus yang paling banyak terjadi adalah penggunaa hedrayer, pewarna rambut, shampo dengan kandungan tertentu dan masih banyak lagi. Untuk mengurangi gatal akibat alergi anda tentu harus mengurangi pemakaian benda-benda tersebut, karena gatal alergi juga pencetus timbulnya ketombe. Anda dapat mencoba menggunakan cara alami lainnya untuk mengatasi masalah ketombe yang susah hilang. Seperti ramuan tradisional yang berbahan dasar daun-daunan yang akrab disekitar kita yaitu daun seledri. Kandungan kalsium, zat besi, natrium, Vitamin A dan B didaun seledri juga bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau.

Daun Seledri

Cara pembuatannya dan penggunaannya pun sama mudah nya. Cuci 7 sampai 10 tangkai daun seledri sampai bersih. Kemudian tumbuk halus dan campurkan dengan sebutir telur. Gosokan hasil tumbukan daun seledri ini kekulit kepala dan juga rambut secara merata sambil dipijat-pijat ringan. Selesai itu bungkuslah rambut menggunakan handuk selama lebih kurang 1 jam. Kemudian bilaslah rambut dengan air yang bersih. Lakukan 1 kali dalam seminggu.

Baca juga:

Nah, itulah beberapa tips untuk menghilangkan gatal dikulit kepala. Namun, ada tips sederhana untuk menghalau rasa gatal yaitu dengan senantiasa menjaga kebersihan kulit kepala. Caranya antara lain dengan keramas secara teratur.

Kata Kunci Halaman Ini:

cara menggunakan sari cuka apel untuk keramas sebagai obat gatal, daun daunan obat gatal ketombe, daun pendingin kepala, pengusiran ini loh

Baca Juga:

loading...