Kamu Perlu Tahu, Apa Saja Bahan – Bahan Alami Pencegah Asam Urat?

Posted on

ArenaWanita.com – Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak berbagai penyakit yang menjangkit manusia salah satunya adalah penyakit asam urat. Ya, penyakit yang dikenal dengan istilah Medis Sgot ini merupakan penyaikt yang diakibatkan adanya penumpukan asam urat dalam tubuh yang berlebihan.

Hal ini disebabkan akibat produksi yang meningkat ataupun dari makanan yang purin berlebihan. Purine sendiri adalah zat-zat alami yang terdapat dalam semua sel-sel tubuh dan juga didalam makanan. Sebenarnya asam urat sudah ada didalam tubuh, tapi ini akan menjadi gangguan jika jumlahnya meningkat.

Jika kadar asam urat ini meningkat, maka akan keluar dari pembuluh darah kemudian masuk ke organ-organ seperti persendian, ginjal, jantung dan organ-organ lainnya. Hal ini akan membuat tubuh merasakan sakit.

Nah, sebelum terlanjur tubuh dijangkiti penyakit ini ternyata ada bahan-bahan alami yang dapat mencegah terjadinya asam urat. Berikut ini beberapa diantaranya.

  • Susu

Bahan alami pencegah asam urat yang pertama adalah susu. Susu yang baik digunakan untuk mencegah peningkatan asam urat didalam tubuh adalah susu sapi. Susu ini mengandung lemak, mineral dan vitamin seperti vitami D, protein, vitamin B, potasium, yodium dan merupakan makanan yang baik untuk mengganti omega 3. Oleh karena mengandung nurisi yang baik tersebut, susu sangat baik untuk mencegah peningkatan asam urat dalam tubuh.

Susu - Bahan Alami Pencegah Asam Urat

Menurut beberapa reset, jika anda berpotensi menderita asam urat, resikonya dapat diturunkan meminum segelas susu sapi setiap hari. Dengan 1 gelas susu dapat menurunkan asam urat hingga 0,25 ml gram desiliter. Dan bagi yang sudah terjangkit asam urat, yoghurt atau susu fermentasi dapat membantu mengurangi asam urat. Bagi anda yang tidak suka rasa asam yoghurt, susu rendah lemak juga dapat mengurangi kadar asam urat yang tinggi ditubuh.

  • Buah Berry

Tak hanya susu, buah berry ternyata juga dipercaya dapat mencegah asam urat. Ada 4 buah berry yang disarankan untuk mencegah terjadinya peningkatan asam urat yaitu elderberi, strawberry, cerry, blueberry dan bilberry. Semua jenis buah-buah berry tersebut dapat mencegah asam urat, karena kaya akan anti oksidan, berpurine rendah dan tidak terlalu asam.

Buah Berry - Bahan Alami Pencegah Asam Urat

Cara mengkonsumsi buah berry yang baik sebagai pencegahan meningkatnya asam urat adalah dengan menyantap langsung buahnya atau dengan meminum jusnya. Selain dapat mencegah asam urat, kandungan-kandungan nutrisi yang ada didalam buah berry ini akan dapat memerangi penyakit asam urat itu sendiri.

  • Hindari Makanan Yang Mengandung Purine

Seperti diungkapkan sebelumnya, penyakit asam urat dapat terjadi karena meningkatnya produksi asam urat yang disebabkan karena mengkonsumsi makanan dengan kadar purine yang tinggi. Purine adalah salah satu zat organik yang merupakan salah satu unsur pembentuk protein. Karena itu untuk mencegah terjadinya peningkatan asam urat didalam tubuh, sebaiknya hindari makanan yang mengandung purine berlebih.

Makanan Yang Mengandung Purine

Makanan-makanan yang harus dihindari karena memiliki kadar purine yang tinggi adalah ikan sarden, ikan teri, hati dari semua jenis hewan, kaldu, daging jeroan, ikan tuna, lobster, udang, kerang dan minuman beralkohol. Sementara makanan yang rendah akan kadar purine adalah telur, buah-buahan, susu, mentega, keju, yoghurt, kentang, kacang-kacangan, minyak sayur, cokelat, biskuit dan lain-lain. Nah, anda mulai sekarang bisa memilah-milah makanannya agar terhindar dari penyakit asam urat ya!

  • Vitamin C

Penyakit yang membuat persendian nyeri ini sebenarnya bisa dicegah dengan cukup mengkonsumsi vitamin C. Dalam laporan yang dimuat dalam Archives of Internal Medicine ini menyatakan, bahwa dengan mengkonsumsi vitamin C minimal 1500 ml gram setiap hari akan menurunkan resiko terkena asam urat sampai 45%, jika dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi vitamin C 250 ml gram setiap harinya. Memang sebenarnya asupan harian vitamin C yang disarankan hanya sekitar 500 ml gram, namun dosis vitamin masih dianggap aman sampai pada 2000 ml gram setiap harinya.

Vitamin C

Meskipun begitu, pada kenyatannya tidak semua orang bisa tahan dengan vitamin C dosis tinggi yang dapat membuat iritasi dalam lambung. Berdasarkan reset yang dilakukan Dr Yonkecoy dari University British Columbia, jika kadar vitamin C ditambah maka resiko terkena asam urat pun menjadi turun. Untuk setiap peningkatan dosis vitamin C harian 500 ml gram, resiko penderita asam urat akan turun sampai 17%.

Baca Juga: