Barang Paling Kotor Dalam Kamar Mandi dan Cara Membersihkannya

Posted on

ArenaWanita.com | Barang Paling Kotor Dalam Kamar Mandi – Kamar mandi merupakan ruangan yang cukup sering kita kunjungi setiap harinya. Kamar mandi sangat rentan kotor dan dihinggapi kuman karena tempatnya yang lembab membuat kuman dapat berkembang secara lebih baik dibandingkan dengan tempat lain.


Ternyata, barang-barang sering kita gunakan di kamar mandi juga menyimpan kuman yang sangat berbahaya. Berikut ini adalah daftar benda-benda paling kotor di dalam kamar mandi sekaligus cara membersihkannya.

  • Tempat sikat gigi

Tempat sikat gigi menjadi barang yang paling kotor dalam kamar mandi karena diletakkan di luar lemari. Tempat sikat gigi ini sangat penuh dengan kuman baik yang berasal dari sikat gigi maupun bakteri dari area lain yang mudah singgah. Cara membersihkan tempat sikat gigi adalah dengan menggunakan mesin pencuci untuk membunuh kuman. Anda juga bisa menggunakan sabun dan air hangat untuk membasuh tempat sikat gigi. Lakukan cara ini minimal satu kali seminggu. Dan untuk menjaga agar tempat sikat gigi tetap bersih, anda bisa menyeka tempat sikat gigi menggunakan tisu disinfektan setiap dua minggu sekali.

  • Toilet

Barang yang jelas paling kotor dalam kamar mandi adalah toilet. Toilet menyimpan banyak sekali kuman dan kotoran yang selanjutnya dapat menyebarkannya ke seluruh ruangan kamar mandi, terutama pada dudukan toilet. Saat anda menyiram, air kemudian mengalir membuat aerosol dan cipratan airnya dapat menjadi media pindah kuman dari toilet ke dudukannya, ke lantai, handuk, dinding, keran, dan bahkan sampai pada tempat sikat gigi. Cara membersihkannya adalah pada saat menyiram, turunkanlah tutup toilet, dengan begini anda dapat mengurangi penyebaran kuman. Bersihkan toilet minimal seminggu sekali, sikat bersih seluruh permukaan toilet.

  • Keset

Jika anda tidak segera menggantung keset yang basah dan mengeringkannya, maka area ini menjadi tempat yang paling nyaman untuk berkembang biak jamur. Keset menjadi barang yang paling kotor di area kamar mandi, oleh karena itu, anda harus membersihkannya dengan baik. Caranya adalah mencuci keset dengan bahan karet menggunakan mesin cuci, atau bisa juga direndam dengan pemutih yang telah dicampur dengan air. Mencuci keset juga bisa dilakukan menggunakan campuran air dan cuka. Keset lainnya harus dicuci sedikitnya satu kali dalam seminggu dan dikeringkan agar tidak menjadi sarang kuman dan jamur untuk berkembang biak.

Cara Membersihkan Tempat Sikatc Gigi

  • Wastafel

Wastafel tentu saja menjadi barang yang paling kotor dalam kamar mandi. Cara membersihkan wastafel adalah menyikat seluruh permukaan wastafel sedikitnya satu minggu sekali.

Cara Membersihkan Toilet

  • Kepala Pancuran

Kepala pancuran seperti yang telah dijelaskan dalam studi yang dilakukan oleh University of Colorado merupakan tempat berkembang biak bakteri biofilm. Bakteri ini dapat mengontaminasikan air yang keluar dari pancuran. Cara membersihkan kepala pancuran adalah dengan rendam kepala pancuran dengan air hasil penyulingan setiap malam dan bilas dengan air dingin.