Beberapa Manfaat Buah Apel Bagi Ibu Hamil

Posted on

ArenaWanita.com | Beberapa Manfaat Buah Apel Bagi Ibu Hamil – Apel merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin khususnya vitamin A yaitu sebesar 50%, tetapi ada juga vitamin C dan B. Saking banyaknya vitamin yang terkandung di dalam apel membuat banyak orang yang mengkonsumsinya.

Vitamin-vitamin tersebut berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh,menjaga kesehatan sistem saraf,  menjaga mata agar tetap sehat dan mencegah kebutaan.

Selain itu, ternyata ada manfaat buah apel bagi ibu hamil yaitu mencegah adanya kelainan bawaan dan berbagai macam penyakit yang akan dialami bayi saat dilahirkan, selain itu buah apel ini juga membantu pembentukan gigi dan tulang pada bayi. Beberapa penjelasan tentang manfaat buah apel akan dibahas di artikel ini.

Buah apel sangat dianjurkan bagi ibu hamil, mengapa begitu? Ada banyak manfaat buah apel bagi ibu hamil yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di rahim. Apalagi didalam buah apel terdapat banyak vitamin dan nutrisi seperti tanin, malat dan serat-serat lainnya.

Pada saat hamil, ibu hamil biasanya akan mengalami sembelit atau diare, dengan mengkonsumsi buah apel sembelit atau diare tersebut dapat diatasi. Ketika hamil, ibu hamil akan membutuhkan nutrisi yang cukup dan ternyata di dalam buah apel terkandung unsur besi atau Fe yang dapat membantu penyerapan kalsium yang dapat membantu sistem pencernaan.

Beberapa Manfaat Buah Apel Bagi Ibu Hamil

Dengan mengkonsumsi buah apel ternyata juga akan mengurangi resiko penyakit asma pada janin. Pernyataan ini berdasarkan jurnal kesehatan Thorax yang terbit pada tanggal 5 april 2007 yang dikeluarkan oleh beberapa ahli di bidangnya. Manfaat buah apel bagi ibu hamil lainnya adalah mengurangi resiko penyakit pernapasan yang bisa saja terjadi pada bayi sebesar 53%. Buah apel bisa menghindarkan bayi agar tidak terkena penyakit pernapasan karena adanya zat fitokimia yang terkandung didalam buah apel. Buah apel juga dapat menjaga kadar gula darah karena adanya zat pemanis yang terdapat didalamnya, zat pemanis ini dapat menstabilkan hormon insulin dan membantu kadar gula darah sehingga ibu hamil tidak akan mudah lemas pada masa kehamilan.

Manfaat buah apel bagi ibu hamil selanjutnya adalah mengikis kolestrol, adanya zat pektin dan polifenol didalamnya menyebabkan hadar kolestrol didalam darah menjadi berkurang dan mencegah terjadinya oksidasi kolesterol jahat yaitu LDL atau Low Density Lipoprotein. Adanya oksidasi ini dapat menyebabkan penyumbatan arteri sehingga akan mengakibatkan naiknya tekanan darah yang bisa membahayakan ibu hamil dan bayi yang dirahimnya itu sendiri.

Baca juga

Beberapa penjelasan tentang manfaat buah apel tersebut semoga bermanfaat bagi anda yang sedang hamil, semoga dengan mengkonsumsi buah apel setiap hari akan menjaga kesehatan janin yang ada dirahim anda dan mengurangi resiko terjadinya kelainan atau penyakit yang sering terjadi pada janin.

Kata Kunci Halaman Ini:

manfaat buah apel buat ibu hamil, buah yang mencegah hamil, manfaat apel untuk ibu hamil dan janin, manfaat buah apel untuk ibu hamil dan janin, manfaat buah apel untuk kesehatan rahim, vitamin buat apel ibu hamil

Baca Juga: