Beberapa Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil – Semua ibu hamil yang ada di dunia pasti berusaha untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh janinnya. Salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk pemenuhan nutrisi tersebut adalah buah-buahan, salah satunya mangga.


Terdapat beraneka jenis buah mangga yang tersedia dan dapat dikonsumsi baik secara langsung maupun diolah terlebih dahulu seperti mangga manalagi, golek, arumanis, madu, kemang, dan masih banyak lagi.

Dalam satu buah mangga terdapat kandungan nutrisi yang terdiri dari serat, kalium, potasium, antioksidan, beta-karoten, vitamin (A & C), sukrosa, karbohidrat, dll. Nah, apa saja manfaat buah mangga untuk ibu hamil dari kandungan tersebut?. Simak jawabannya melalui ulasan menarik di bawah ini:

Salah satu kendala yang harus dihadapi bagi ibu hamil untuk mendapatkan buah mangga adalah sifatnya yang dtermasuk dalam buah musiman. Hal tersebut membuat para ibu hamil harus sedikit bersabar agar bisa menikmati kelezatan dan khasiat dari buah ini. Berikut merupakan beberapa manfaat buah mangga untuk ibu hamil:

Memperlancar Sistem Pencernaan

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sembelit atau sulit untuk buang air besar. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja maka akan berdampak pada penyerapan nutrisi yang tidak sempurna. Oleh karena itu, kandungan serat yang tinggi pada buah mangga sangatlah efektif untuk melancarkan sistem pencernaan. Namun alangkah baiknya jika mengonsumsi buah mangga dalam jumlah yang sedikit namun teratur setiap hari karena apabila langsung dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan membuat gas berlebihan di dalam lambung.

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Mengatasi Rasa Mual

Gejala yang sering timbul ketika wanita masuk dalam masa kehamilannya adalah rasa mual yang tidak mengenakkan dan ingin muntah. Apabila keduanya tidak dihilangkan maka akan membuat si ibu jadi kehilangan nafsu makan serta berdampak pada kondisi kesehatan ibu dan bayi. Meskipun belum terbukti secara ilmiah, namun sudah banyak ibu hamil yang sudah membuktikannya sendiri jika buah mangga muda dapat mengurangi bahkan menghilangkan kondisi tersebut.

Melawan Radikal Bebas

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, kandungan beta-karoten yang terdapat di dalam buah mangga ternyata dapat digunakan sebagai antioksidan. Antioksidan tersebut mampu menangkal risiko penyakit kanker yang berasal dari serangan radikal bebas seperti bahan kimia, radiasi sinar matahi, asap rokok, dan lain-lain.

Sumber Energi

Perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil ternyata berbanding lurus dengan besarnya energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Semakin besar dan berat badan si ibu maka semakin besar energi yang diperlukan Kandungan gula alami berupa sukrosa serta karbohidrat yang terdapat di dalam buah mangga dapat dijadikan untuk alternatif bahan makanan penghasil energi.

Baca juga:

Ketika membeli mangga, pilihlah buah yang tidak telalu matang (lembek) serta bau wangi yang ditimbulkan tidak terlalu menyengat. Demikian informasi mengenai manfaat buah mangga untuk ibu hamil dan semoga bermanfaat bagi proses kehamilan ibu-ibu sekalian.