Beberapa Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan – Mengkudu atau buah paces, sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk mengobati sejumlah penyakit. Konon buah mengkudu sudah ada sejak seratus tahu sebelum masehi. Bangasa polamesia di hawai meyakini, bahwa buah ini ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, dan asma.

Tanaman tropis ini berasal dari Asia Tenggara dan memiliki ketinggian antara 3 hingga 8 meter. Batangnya berbengkok- bengkok, memiliki bunga bongkol berwarna putih serta daunnya tebal mengkilat dan saling berhadapan. Pohon mengkudu berbuah setelah berumur 5 bulan, dan setiap dua minggu sekali bisa di panen.

Buah mengkudu berbentuk bulat dan lonjong, permukaan buah terbagi seperti persegi banyak disertai bintik-bintik seperti kutil. Yang masih muda berwarna hijau mengkilap menjelang matang berubah menjadi kuning atau putih transparan. Buah yang matang akan terasa lunak banyak mengandung air dan beraroma tak sedap.

Nilai gizi didalam buah bau ini cukup tinggi, karena mengandung vitamin A dan sejumlah mineral. Namun bagi yang tidak ingin memakan buah ini karena baunya yang busuk, ada alternatif lain, yakni bisa di jus atau mengkonsumsi obat-obatan herbal hasil ekstraksi dari buah mengkudu.

Skopoletin ialah kandungan dalam mengkudu yang berkhasiat untuk pengobatan. Saat ini diyakini para ahli dapat mengikat serotinin yang merupakan zat kimiawi penting dalam tubuh manusia. Skopoletin efeknya dapat melebarkan pembuluh darah bagi yang mengalami penyempitan, dan juga mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Dapat membunuh bakteri, jamur, serta anti radang juga anti alergi. Buah-buahan pasti mengandung nutrisi, tapi ada satu keunggulan mengkudu yang tidak dipunyai buah lainnya, yaitu kandungan selenium. Selenium ialah sejenis mineral yang dapat di jadikan sebagai anti oksidan.

Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu

Cara mengolah mengkudu untuk obat memang cukup mudah, pertama pilih buahnya yang segar lalu dicuci. Cuci kurang lebih 10 menit, bila airnya jernih tandanya mengkudu sudah bersih dan siap untuk diolah. Proses selanjutnya daging mengkudu di peram hingga matang berwarna kecokelatan. Selanjutnya buah diperas untuk diambil sari buahnya. Nah, agar rasanya enak tambahkan pemanis, lalu masukan ke dalam botol yang tersedia.

Untuk anda yang ingin mencoba jus mengkudu, dosis yang dianjurkan minum 3 kali sehari sebanyak satu sendok teh. Selain itu kandungan gizi yang menonjol dalam buah mengkudu adalah gula, asam organik, dan senyawapenol. Reaksi anti inflamantori buah mengkudu bisa menekan bradikinin atau pembengkakan dalam saluran pernapasan, Sehingga baik untuk penderita asma.

Salad Mengkudu

Salad Mengkudu

Selain diolah menjadi jus mengkudu, buah berkhasiat ini juga bisa di manfaatkan daunnya. Daun mengkudu juga memiliki sejumlah zat mineral yang baik untuk tubuh. Daun mengkudu cukup lezat jika disantap dalam bentuk salad. Siapkan beberapa daun mengkudu, lalu direbus menggunakan air garam. Setelah itu rendam dalam air es agar warna hijaunya tetap pekat, siapkan bumbu pelengkapnya seperti, bawang putih, bawang merah, cabe merah, daun jeruk, kencur, gula jawa, terasi, lalu semua bumbu dihaluskan.

Baca juga:

Siapkan juga kelapa muda yang sudah diparut dan campurkan kedalam bumbu, lalu aduk hingga rata. Kemudian kukus kelapa parut yang sudah diberi bumbu, kurang lebih 20 menit. pastikan bumbu matang dan sudah meresap, rebus udang setelah itu masukan kedalam air es, potong nanas dan ketimun. Siapkan toge, udang dan daun mengkudu, semua bahan dicampur menjadi satu aduk hingga rata. Salad daun mengkudu pun siap untuk disantap.

Selamat mencoba!!!.

Kata Kunci Halaman Ini:

apakah mengkudu di peram supaya masak