Beberapa Manfaat Buah Tomat untuk Ibu Hamil

Posted on

ArenaWanita.com | Manfaat Buah Tomat Untuk Ibu Hamil – Setelah dinyatakan positif hamil, langkah yang harus dijalani oleh para calon ibu selanjutnya adalah menjaga dan juga memastikan janin yang ada di dalam perutnya tumbuh dengan sempurna tanpa kekurangan satu apapun.

Dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan si janin, bisa dilakukan dengan salah satunya yaitu memenuhi asupan gizi si janin.

Asupan gizi yang baik dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah. Ya, buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh ibu hamil.

Seperti halnya buah durian, jika dikonsumsi oleh ibu hamil bisa menyebabkan perut terasa panas dan mengganggu janin. Oleh karena itu, para ibu harus memperhatikan benar jenis buah yang bisa mereka konsumsi, misalnya saja buah tomat.

Buah tomat sangat mudah dan sering kita jumpai di sekitar kita. Tomat memang termasuk dalam klasifikasi buah-buahan. Tomat memiliki kandungan vitamin yang sangat kaya. Lalu, apakah ada manfaat buah tomat untuk ibu hamil?

Manfaat Buah Tomat untuk Ibu Hamil

Jawabannya adalah ada. Ya, tomat memiliki manfaat bagi ibu hamil maupun bagi janinnya. Tomat mengandung kalsium, vitamin A, vitamin C, protein, dan karbohidrat. Oleh karena itu tomat sangat baik bagi kesehatan, terutama bagi ibu hamil dan janinnya. Manfaat buah tomat untuk ibu hamil antara lain yaitu:

  • Menjaga daya tahan tubuh ibu hamil: Buah tomat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin A dan vitamin C. Kandungan vitamin A dan vitamin C dapat membantu tubuh si ibu agar selalu terjaga. Bagi si janin pun bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan janin.
  • Mencegah berbagai penyakit: Pada saat hamil, tubuh si calon ibu lebih sensitif terhadap serangan penyakit, oleh karena itu dengan mengonsumsi tomat dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Hal itu dikarenakan pada tomat mengandung senyawa likopen dan antioksidan sebagai penangkal tumbuhnya sel kanker.
  • Mencegah terjadinya pendarahan dan membantu mempercepat penyembuhan luka.
  • Menjaga kesehatan mata: Vitamin A yang terkandung dalam tomat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin A juga berfungsi sebagai meningkatkan tumbuh kembang janin dan meningkatkan reproduksi. Oleh karena itu tomat sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Baca juga:

Buah tomat dapat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit berbagai jenis penyakit bagi ibu hamil seperti menurunkan kolesterol, mencegah kanker dan jantung, dan sebagainya. Itulah beberapa manfaat buah tomat untuk ibu hamil. Cara mengonsumsi buah tomat bisa dengan berbagai cara. Paling mudah dikonsumsi dengan cara dijus. Tomat juga bisa dikonsumsi dalam berbagai macam masakan seperti dalam sup tomat, campuran dalam salad, dan sebagainya.

Kata Kunci Halaman Ini:

################################

Baca Juga: