Beberapa Tips Agar Tetap Fit Selama Ramadhan

Posted on

ArenaWanita.com | Tips Agar Tetap Fit Selama Ramadhan – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dinantikan oleh seluruh umat Islam sebab bulan ini merupakan bulan yang penuh berkah. Di bulan yang penuh berkah ini tentu sudah menjadi kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa meskipun harus tetap menjalankan aktifitas sehari-hari sambil menahan lapar dan juga haus hingga waktu berbuka tiba.

Memang banyak sekali orang yang merasa lemas dan kurang fit saat menjalankan aktifitas pada bulan Ramadhan sebab mereka tidak makan dan juga minum dari subuh hingga maghrib sekitar 13-14 jam.  Meskipun terasa berat tetapi menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tidak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dan hanya digunakan untuk tidur saja sepanjang hari. Berikut ini kami akan berikan beberapa tips agar tetap fit selama Ramadhan sehingga anda tetap dapat beraktifitas dengan baik di bulan Ramadhan.

Untuk tips agar tetap fit selama Ramadhan yang pertama adalah tidak lupa sahur. Fungsi dari sahur ini sangat penting bagi orang yang menjalankan ibadah puasa. Orang yang tidak sahur akan lebih cepat lelah dan juga lemas saat menjalankan aktifitas dibandingkan mereka yang sahur.

Selain mendapatkan pahala, dengan sahur ini maka tubuh akan mendapatkan asupan energi tetapi anda tidak perlu makan dengan porsi banyak saat sahur cukup secukupnya dan dibarengi dengan perbanyak minum air putih.

Setelah sahur usahakan jangan langsung tidur karena jika anda langsung tidur maka anda akan merasakan lapar pada saat anda bangun. Untuk menu sahur dianjurkan memilih menu yang mengandung cukup karbohidrat serta protein dan anda bisa juga mengkonsumsi makanan yang manis pada saat sahur.

Tips Agar Tetap Fit Selama Ramadhan_2

Untuk tips agar tetap fit selama Ramadhan yang berikutnya adalah dengan menghindari makanan yang berminyak pada saat berbuka ataupun sahur. Perlu anda ketahui makanan yang berminyak membuat sel darah menjadi menggumpal sehingga akan menghambat oksigen hingga 20%.

Efek yang ditimbulkan dari menggumpalnya sel darah ini adalah anda menjadi gampang mengantuk pada siang hari. Tips yang ketiga yaitu berbukalah dengan secukupnya. Memang banyak sekali yang balas dendam saat berbuka puasa yaitu makan dengan porsi yang besar.

Baca juga:

Anda harus tahu kebiasaan ini bukan kebiasaan yang baik sebab perut anda menjadi kembung dan anda juga akan susah bergerak. Alangkah baiknya anda memulai berbuka puasa dengan meminum air putih atau air teh beberapa teguk terlebih dahulu baru anda makan-makanan yang manis seperti kurma dan selang satu jam baru anda mulai makan besar. Tujuannya agar organ pencernaan anda tidak kaget dan tidak langsung dipaksa bekerja keras sebab perut anda kosong hampir selama 13-14 jam sehingga membutuhkan waktu untuk bekerja dengan optimal seperti biasa.