Beragam Olahan Jagung di Nusantara Ini Harus AW’ers Coba

Posted on

ArenaWanita.com – Jagung merupakan salah satu bahan makanan pokok yang memiliki kedudukan penting setelah beras bagi masyarakat Indonesia. Kandungan gizi penting pada jagung adalah karbohidrat dan lemak. Salah satu wilayah penghasil jagung terbesar di nusantara adalah propinsi Gorontalo.

Jagung adalah tanaman semusim dari siklus hidup antara 80 hingga 150 hari. Jagung memang bukan tanaman khas Indonesia, tanaman monokotil ini berasal dari Amerika Tengah tepatnya Mexico bagian tengah. Jagung memiliki nama latin james dan pohonnya memiliki ketinggian 2 hingga 6 meter.

Dalam satu batang pohon jagung terdapat sekitar 1 hingga 2 bonggol jagung. Didalam bonggol jagung terdapat biji jagung menyatu dalam sebuah batang dan dibagian ujungnya terdapat rambut. Rambut ini merupakan bunga jantan yang nantinya akan membuahi bunga betinanya yang terdapat didalam bonggol.

Banyak sekali nih varian jagung yang ada, mulai dari jagung manis, jagung putih , jagung ketan dan jagung hibrida. Karena kandungan karbohidrat yang cukup banyak, jagung bisa diolah beragam makanan yang enak dan nikmat.

Susu Jagung

Yang pertama ada susu jagung. Hmmm, dari mendengar namanya saja sudah kebayang manisnya susu jagung ini ya. Susu nabati seperti susu jagung memang dibutuhkan bagi orang-orang yang alergi terhadap susu sapi. Sebagai minuman, susu jagung diharapkan dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh kita karena tidak mengandung kolestrol. Cara membuat susu jagung juga tak terlalu rumit ko, kita bisa membuatnya sendiri dirumah.

Susu Jagung

Langkah pertama kita pilih jagung manis yang belum terlalu tua ya, kita kupas kulitnya dan direbus setengah matang, untuk menonaktipkan enjim yang terdapat pada jagung. Tapi prosesnya harus dijaga agar saripati jagung tidak keluar. Setelah itu, biji jagung dipisahkan dari bonggol lalu diblender. Setelah diblender segera saring, susu jagung telah disantap.

Namun, bagi anda yang menyukai rasa manis susu jagung ini bisa ditambah gulas atau madu. Rasanya nikmat kalau diminum dalam keadaan dingin. Kelebihan susu jagung dibandingkan dengan susu sapi atau kedelai adalah bahan bakunya mudah didapat dengan harga yang tidak terlalu yang biasanya membuat susu tinggi. Jagung tidak mengandung laktate inteloren bau amis. Susu jagung mengandung serat lebih banyak, sehingga cocok buat mereka yang sedang diet.

Mie Jagung

Mie Jagung

Selanjutnya ada mie jagung. Mie jagung merupakan prodak mie berbahan dasar tepung jagung 100%. Mie jagung berwarna kuning karena kandungan vitamin A nya lebih tinggi, dibandingkan mie berbahan dasar terigu. Rasanya juga tidak jauh berbeda dengan mie yang terbuat dari terigu, namun tidak terlalu kenyal. Pembuatan mie jagung terdiri dari proses pencampuran, pengukusan, pencetakan, pemotongan dan kemudian pengeringan. Sedangkan bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung jagung, tepung terigu, garam ,soda abu, pengental dan air bersih.

Cara membuatnya cukup sederhana, tepung jagung dan tepung terigu dicampurkan dengan garam, soda abu, pengental dan air selama 10 menit. kemudian dibentuk lembaran adonan dengan proses penggilingan 10 hingga 12 kali. Setelah itu barulah pembentukan untaian mie, untaian mie kemudian dikukus dan dipotong-potong sehingga menjadi prodak mie basah. Untuk menjadikannya mie kering, mie basah harus di open dengan suhu 60 drajat celcius selama 80 menit.

Mie jagung memiliki citarasa yang tidak berbeda dengan mie terigu yang sudah ada dipasaran. Selain itu prodak ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan mie terigu, antara lain tanpa bahan pewarna, bahan baku lokal, tinggi karbohidrat, tinggi serat, rendah lemak mengandung karotin. Mie jagung dapat dikonsumsi para penderita otisme dan juga pada orang-orang yang memiliki hipersensitif pada protein terigu.

Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar

Ada lagi hidangan nusantara yang menggunakan bahan jagung yaitu asinan jagung bakar. Nah jika anda berkunjung ke kota Bogor jangan lewatkan penganan yang satu ini ya. Asinan jagung Bogor akan membuat anda ketagihan. Rasa jagung yang manis akan berpadu dengan kuah asam manis, hmmm, pokonya enak deh. Asinan jagung bakar merupakan makanan yang terbuat dari jagung manis yang dibakar. Kemudian disisir dan ditambahkan saus dari campuran cuka dan cabe merah. Setelah itu dipadu dengan potongan mentimun dan krupuk mie yang menyempurnakan asinan jagung bakar.

Berbeda dengan asina buah atau sayur, asinan jagung bakar ini memiliki citarasa yang cukup unik dengan perpaduan rasa manis, asin, asam dan pedas. bumbu asinan jagung bakar yang khas akan membuat anda terengak-engak dan akan kembali untuk menukmati kesegaran jajanan ini. bila anda tidak memiliki masalah pencernaan, menyantap asinan jagung bakar ini pasti sangat menyegarkan. Hmmm, mau tau sensasi rasa asinan jagung manis ini? silahkan datang ke kota Bogor. Asinan ini banyak dijual disudut kota Bogor.

Marning Jagung

Marning Jagung

Salah satu jenis makanan tradisional dengan rasa gurih dan renyah adalah jagung goreng atau dikenal dengan nama marning. Jagung marning adalah salah satu cara penyajian jagung pipil dengan proses perebusan, pengeringan dan penggorengan. Proses ini dapat dibuat pada berbagai tingkatan kerenyahan. Biasanya konsumen lebih menyukai jagung marning yang kerenyahannya seperti kerupuk. Saat ini dipasaran tersedia varian jagung marning, mulai dari marning asli, marning presto, marning pedas dan berbagai rasa marning yang lain. Kualitas marning yang bagus adalah warna jagung cerah, renyah dan rasa perpaduannya antara manis dan gurih.

Baca juga:

Wah ternyata banyak juga ya aneka varian jagung, mulai dari minuman sampai ke makanan ringan. Semuanya menyimpan manfaat jagung. Anda bisa memilih yang paling anda sukai. Selamat mencoba.

Kata Kunci Halaman Ini:

olahan jagung hibrida, proses kerenyahan pada marning, Nama makanan dengan cara perebusan, resep olahan jagung hibrida, cara dan macam membuT kue dari jagung hibrida, aneka varian maaakan dari jagub, cara mengolah jagung hibrida menjadi makanan, gambar olahan pangan setengah jadi marning jagung, makanan olahan jagung thailand, makanan varianjagung

Baca Juga: