Berbagai Jenis Makanan Diet Rendah Lemak yang Kamu Harus Tahu

Posted on

ArenaWanita.com – Berat badan yang terus bertambah atau obesitas biasanya menjadi salah satu alasan kenapa orang mau melakukan diet. Obesitas biasanya akan terjadi pada seseorang karena tubuhnya menyimpan terlalu banyak lemak, akibatnya akan membuat orang tersebut rentan terhadap berbagai penyakit misalnya, tekanan darah tinggi, diabetes, bahkan resiko terkena serangan jantung.

Itulah dasar atau alasan yang membuat seseorang mengambil keputusan untuk melakukan diet. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang berbagai jenis makanan diet rendah lemak, yang bisa Anda jalankan bila saat ini Anda ingin melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Jenis-Jenis Makanan Untuk Diet Rendah Lemak

Walaupun dikatakan diet rendah lemak, bukan berarti lalu Anda tidak boleh makan atau mengkonsumsi semua jenis makanan yang berlemak sama sekali. Kita harus ingat bahwa tubuh yang sehat itu juga memerlukan lemak.

Lamak yang ada didalam tubuh manusia bisa menjadi sumber energi yang akan membuat kita bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Lemak diperlukan karena tubuh biasanya membutuhkan asupan lemak sekitar 30% – 35% dari total kalori yang ada.


Saat Anda mencoba untuk menjalankan program diet rendah lemak ini maka satu hal yang perlu diperhatikan adalah, Anda harus menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh, misalnya goreng-gorengan.

Supaya tetap mendapatkan asupan lemak untuk tubuh maka Anda perlu menggantinya dengan mengkonsumsi jenis makanan lainnya yang mengandung lemak seperti, kacang-kacangan, tempe, tahu, atau berbagai jenis ikan-ikanan, terutama jenis ikan laut.

Dibawah ini saya akan memberikan gambaran tentang berbagai jenis makanan diet rendah lemak, yang sehat dan sangat bermanfaat dalam menjalankan diet rendah lemak, yang tentunya bila dikonsumsi akan baik untuk kesehatan kita, dan makanan-makanan tersebut adalah, Kentang, Tahu, Pasta Gandum.

Manfaat Kentang Untuk Diet Rendah Lemak

Manfaat Kentang Untuk Diet Rendah Lemak

Kentang biasanya juga menjadi salah satu jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai makanan pokok ataupun cemilan. Saat menjalankan program diet rendah lemak maka kentang bisa menjadi pilihan, karena kentang memiliki kandungan gizi yang tinggi yang tentunya akan sangat baik untuk tubuh.

Selain rendah lemak, kentang juga mengandung Vitamin C, yang juga berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kulit, maupun jantung.

Apakah hanya itu yang terkandung dalam kentang?. Tentu tidak, karena kentang juga kaya akan zat-zat gizi yang lainnya seperti:

  • Kalium, yang baik untuk mengatasi tekanan darah tinggi.
  • Vitamin B6 yang juga berguna untuk mencegah, batu ginjal, mencegah penyakit jantung, deprsi mental, dan juga sindrom.
  • Karbohidrat, yang mampu menjadi asupan energi yang diperlukan oleh tubuh.
  • Besi dan tembaga, yang baik untuk mengatasi, anemia, pusing dan sakit kepala.
  • Serat, yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu sistem pencernaan.

Semua zat gizi ini terkandung didalam kentang, jadi kentang bisa menjadi satu pilihan makanan saat menjalankan program diet rendah lemak.

Manfaat Tahu Untuk Diet Rendah Lemak

Manfaat Tahu Untuk Diet Rendah Lemak

Kita tahu bahwa tahu merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Oleh sebab itu tahu sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung nilai gizi yang tinggi untuk tubuh kita.

Tahu mengandung protein nabati yang tinggi, memiliki komposisi asam animo paling lengkap, dan tentu rendah lemak. Tahu juga merupakan makanan yang memiliki daya cerna tinggi dalam tubuh dengan kisaran 85% – 98%. Memang kalu kita bandingkan denngan daging, ikan atau telur, tahu memiliki kandungan gizi yang sedikit lebih rendah, tetapi tahu bisa menjadi menu makanan pengganti protein hewani.

Tahu juga dipercaya dapat mencegah beberapa gangguan kesehatan seperti, osteoporosis, penyakit jantung, diabetes, serta menurunkan berat badan, dan mampu memberikan dan meningkatkan energi dalam tubuh.

Manfaat Pasta Gandum Untuk Diet Rendah Lemak

Manfaat Pasta Gandum Untuk Diet Rendah Lemak

Gandum biasanya dijadikan salah satu jenis makanan pokok yang juga banyak dikonsumsi sehari-hari. Gandum banyak dijadikan berbagai menu makanan, dan salah satu jenis makanan yang terbuat dari gandum adalah pasta.

Gandum memiliki kandungan serat yang tinggi, kaya akan vitamin, rendah lemak, mineral, folat, serta mudah dicerna oleh usus. Biasanya pasta yang terbuat dari gandum memiliki rasa yang manis.

Karena gandum mudah dicerna oleh usus, maka gandum bisa dijadikan sebagai makanan, untuk pengganti makanan berat dan sangat cocok dikonsumsi saat menjalankan program diet.

Kandungan zat besi dan protein didalam gandum juga mampu menjadi antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Ada beberapa jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar gandum juga, bila dikonsumsi sangat baik untuk mencegah penyakit jantung maupun kanker.

Sekian dulu ulasan mengenai berbagai jenis makanan diet rendah lemak yang bisa menjadi alternatif bagi Anda dalam menjalankan program diet rendah lemak. Saya berharap artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca.


Kata Kunci Halaman Ini:

membuat cemilan untuk anak dua tahun, tahu dgn lemak yg rendah