Berbagai Olahan Kepiting dan Rajungan yang Bisa Kamu Jajal

Posted on

ArenaWanita.com – Kepiting adalah binatang krustasea atau hewan yang memiliki ruas pada tubuhnya. atubuh kepiting umumnya ditutupi dengan kerangka luar yang keras dan dipersenjatai dengan sepasang capit. Tapi taukah anda, selain rasanya yang enak kepiting juga kaya akan kandungan gizi yang sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.


Kandungan protein tinggi pada kepiting bermanfaat untuk memperbaiki sel yang rusak mengatur metabolisme serta membentuk sisitem kekebalan tubuh. Nah, kali ini ArenaWanita.com akan mengulas sajian unik bebahan dasar kepiting yang tentunya ada di Indonesia.

  • Cangkang Capit Rajungan isi

Dibalik kerasnya cangkang kepiting, tersimpan daging berwarna putih yang sangat lembut dan manis. Untuk sebagian orang menjelajah cangkang namun capoit kepiting menjadi sensasi tersendiri, tapi banyak juga yang enggan karena cukup merepotkan. Anda pasti akan berubah pikiran setelah mencoba cangkang dan capit yang satu ini. Bahan utamanya adalah rajungan, jenis kepiting yang hidup didalam laut. Warna cangkang dan capitnya mirip lobster, rajungan sering dimanfaatkan sebagai sumber pangan dengan harga yang cukup mahal.

Didesa Wangunreja Sukabumi rajungan diolah menjadi berbagai makanan lezat. Pertama-tama daging kepiting direbus terlebih dahulu, setelah direbus langsung pisahkan daging dari cangkangnya. Eitss jangan salah selain dagingnya, batok dan capit rajungan juga dimanfaatkan. Daging rajungan langsung dicampur dengan bumbu agar sedap rasanya.

Selama proses membuat adonan beri es batu untuk menjaga adonan tetap kenyal. Jangan lupa tambahkan tepung terigu, wortel cincang serta daun bawang. Tidak perlu waktu lama, adonan yang sudah tercampur siap untuk dibentuk. Untuk wadahnya menggunakan batok rajungan. Lalu lumuri bagian permuakaannya dengan air, supaya adonan tetap menempel dan tidaka tumpah. Selanjutnya rajungan isi siap dikukus, selama mengukusnya hanya 15 menit saja.

Cangkang Capit Rajungan isi

Selain rajungan isi, ada juga olahan capit rajungan kedunaya sama-sama olahan favorit. Bedanya adonan dibentuk bulat lalu lumuri tepung roti, sambil dipadatkan slipkan capit kedalam adonan lalu rebus hingga matang. Setelah rajungan isi dan capit rajungannya sudah matang kemudian ditiriskan dan keringkan sebelum dikemas agar tidak mudah lembab dan rusak. Kalau sudah kering olahan rajungannya siap untuk dikemas. Supaya tetap segar dan awet selama diperjalanan, bekukan dulu selama 6 jam. Setelah dibekukan rajungan ini siap untuk dipasarkan sampai luar Pulau Jawa.

  • Kepiting Asap

Olahan kepiting selanjutnya adalah kepiting asap. Kepiiting asap adalah sajian kuliner sederhana namun mempunyai citarasa yang tinggi. Dengan tehnik pengasapan ini membuat kepiting memiliki rasa yang unik. Selain itu harganya pun tidaklah membuat dompet kita tipis dan bisa dipraktekan dirumah. Cara membuatnya, pertama kita siapkan kepiting berukuran besar, kemudian minyak sayur untuk menumis serta bumbu-bumbu yang akan menambah citarasanya. Kukus kepiting selama 3 menit, lalu angkat dan tiriskan, keringkan menggunakan pisau dapur.

Kepiting Asap

Selanjutnya goreng kepiting didalam minyak selama 1menit. Kemudian kita panaskan 100 ml minyak diatas api besar. Masak bumbu yang telah dihaluskan hingga mengering, kecilkan api lalu timis lalu masak hingga harum. Masukan kepiting dan aduk hingga bumbu meresap, kemudian bungkus kepiting beserta sisa bumbu menggunakan daun pisang. Selanjutnya bakar kepiting diatas bara api sambil dibolak-balik hingga daun layu. Kepiting asap yang lezat siap untuk dihidangkan.

  • Bakso Kepiting

Bakso Kepiting

Bila anda gemar makan seafood dan tidak suka daging sapi, maka anda pasti suka dengan bakso kepiting. Bakso yang cocok disantap saat udara dingin ini akan mamu menghangatkan suasana anda. Pertama kita siapkan bahan-bahannya yaitu kepiting rebus yang sudah diambil isinya saja, tepung maizena, terigu, daun bawang, bawang putih, telur, merica, garam dan minyak goreng.

Campurkan semua bahan yang telah disipakan tadi, lalu aduk hingga menjadi adonan. Buatlah bentuk bulat-bulat bakso dari bahan adonan, lalu masukan kedalam air mendidih dan biarkan hingga bakso mengapung, kemudian angkat dan tiriskan. Untuk penyajiannya bisa dengan kuah kaldu seperti bakso biasanya atau digoreng, semua itu tergantung selera anda.

  • Pindang Kepiting Bacok

Pindang Kepiting Bacok

Hidangan kita selanjutnya adalah pindang kepiting bacok. Pindang kepiting bacok merupakan kuliner khas dari kota Serang Banten. Bila anda lewat ke kota Serang mampirlah ke warung Ciceri. Untuk membuatnya siapkan bahan-bahan seperti kepiting biasa atau dapat diganti dengan kepiting rajungan, lalu bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, cabe merah keriting, daun bawang serta rempah-rempah Nusantara yang akan membuat kaya rasanya.

Baca juga:

Pertama bersihakn dan cuci kepiting dari pasir, janagn lupa belah kepiting dengan cara dibacok. Hal inilah kenapa dinamakan pindang kepiting bacok. Kemudian tumis bumbu hingga tercium aroma harum. Masukan kepiting, kecap manis, kecap asin, garam dan gula, lalu tambahkan air. Kuliner pindang kepiting bacok pun sudah siap anda nikmati. Selamat mencoba.


Kata Kunci Halaman Ini:

aneka olahan daging rajungan, cara mengukus rajungan, cara menjaga ikan rajungan yg di kukus agar tetap enak dan tahan lama, cuci kepiting rempah-rempah kepiting, daging rajungan asap, olahan kepiting yang bisa tahan lama, rajungan itu direbus atau dikukus, supaya rajungan matang