Berikut Ini Adalah Ragam Olahan Udang yang Harus AW’ers Coba

Posted on

ArenaWanita.com | Olahan Udang – Udang merupakan binatang yang hidupnya di perairan. Seperti, di laut, danau, hingga sungai. Udang kita kenal sebagai bahan makanan yang nikmat, ia bisa diolah menjadi beraneka macam hidangan yang menggugah selera.

Ada berbagai jenis udang diantaranya, udang hias ataupun udang konsumsi. Sajian yang terbuat dari udang memang selalu berhasil membangkitkan selera makan kita, karena dari aromanya saja sudah bisa terbayang dengan rasa lezat, manis dan gurihnya daging udang.

Hmmm, olahan udang memang selalu bisa menjadi penyelamat saat kita di hinggapi rasa lapar. Dan bila tidak punya cukup waktu untuk memasak dan hanya bermodalkan bahan pelengkap, anda bisa mengikuti beberapa resep berikut ini.

  • Udang Galah Telur Asin

Tips olahan udang akan kami berikan khusus untuk anda, pertama adalah udang galah telur asin. Udang galah atau Macrobrachium rosenbergii adalah udang yang banyak disukai karena berukuran sedikit besar dan berdaging tebal. Dengan menyiapkan semua bahannya seperti paprika, telur asin matang, garam, bawang bombay, mentega, gula, cabe merah besar, udang galah, dan kecap asin.

Pertama belah udang galah pada bagian punggungnya, fungsinya agar daging lebih lebar dan saat digoreng udang akan lebih cepat matang. Kemudian potong cabe merah, lalu keluarkan biji-bijinya. Bila anda kurang menyukai rasa pedas, sisihkan saja biji-biji cabe ini, Karena didalamnya terdapat kafsein yaitu zat yang mengeluarkan rasa pedas. Berikutnya panaskan minyak, lalu goreng udang galah hingga matang dan sisihkan.

Udang Galah Telur Asin

Setelah udang matang saatnya sayat paprika. Nah, didalam paprika juga mengandung selenium yang bisa menambah kekebalan pada tubuh anda. Selanjutnya iris bawang bombay, belah telur asin menjadi dua, tetapi ambil kuning saja. Didalam kuning telur asin terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk otak dan kalsium yang tinggi, bahkan ternyata lebih tinggi dari itik segar. Kemudian cincang kuning telur asin hingga halus.

Sekarang saatnya tumis bumbu hingga harum, kemudian panaskan mentega, masukan semua bumbu-bumbu yang ada. Mulai dari bawang bombai, paprika, dan cabe merah. Lalu lengkapi dengan menambahkan kuning telur asin. Lanjut membumbui garam, gula, dan kecap asin. Aduk sebentar saja, sampai bumbu benar-benar tercampur rata. Siram bumbu diatas udang galah yang sudah digoreng tadi. Sajikan dalam keadaan masih hangat.

Udang sangat baik bagi tubuh kembang buah hati anda, karena udang mengandung vitamin D, dan B12 , juga asam lemak omega 3, Sehingga udang bisa membantu meningkatkan kecerdasan, serta berperan penting dan pertumbuhan anak-anak. Selain mempunyai protein dan asam amino yang mudah diserap oleh tubuh, udang juga bisa buat pencernaan supaya menjadi lancar. Udang dapat menjaga kesehatan kardiopaskular, karena kandungan asam lemak esensialnya akan menurunkan kolestrol jahat, dan tentunya dapat mencegah penggumpalan kepingan darah sehingga bisa terhidar dari penyakit jantung.

  • Udang Nestum

Udang Nestum

Berpindah ke resep lainnya adalah udang nestum. Untuk olahan yang satu ini, anda harus mempersiapkan bahan-bahanya terlebih dahulu. Pastikan semua bahan telah siap diolah menjadi masakan yang bercita rasa tinggi. Udang yang telah dicuci bersih, dilumuri kecap asin atau juga bisa menggunakan kecap ikan. Lanjut dengan mengkocok telur, dan segera lumuri pada daging udang. Kemudian gulingkan udang pada tepung terigu, dan goreng dengan api yang sedang. Selanjutnya lelehkan mentega, masukan telur yang telah dikocok lepas bersama irisan bawang bombai dan daun bawang.

Baca juga:

Aduk terus supaya menjadi telur orak-arik. Campurkan juga dengan selai kacang, gula dan daging udangnya. Tahapan terakhir yang harus dilakukan adalah dengan menaburkan outmilk diatas hidangan. Tidak menghabiskan banyak waktu untuk memasak udang nestum, bahan-bahanya juga mudah dicari, tetapi hasil dari taburan bumbunya benar-benar membuat yahud, lezat, dan juga gurih. Udang nestum bisa dimakan disaat sedang santai, atau juga dapat disantap ketika sedang menonton bareng orang-orang tercinta anda.

Selamat mencoba.!!

Kata Kunci Halaman Ini:

hiasan nasigoreng pakai udang galah, resep olahan nestum, Udang ala Aw resep

Baca Juga: